Chikugo Udon: Gurih Harum Racikan Niku Udon Khas Fukuoka

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Jul 2016 12:49 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Restoran berkonsep self service ini menyediakan pilihan aneka udon dan nasi dengan topping khas Jepang. Disajikan hangat dan dijamin kenyang!

Chikugo Udon ini berasal dari daerah Kurume, Fukuoka, Jepang. Fukuoka merupakan salah satu daerah yang banyak ditanami gandum dan daerah ini juga dikenal sebagai daerah asal udon. Udon Chikugo menjadi salah satu dari 3 udon terbaik, bersama dengan udon Inaniwa dan Sanuki.

Di Jepang, udon disajikan dengan dua cara yaitu udon dingin yang dicelupkan ke dalam saus dan udon hangat dengan kuah kaldu. Untuk menikmati udon, masyarakat Jepang menggunakan sumpit dan menyeruputnya.

Seruputan ini dilakukan untuk meningkatkan rasa serta bantu mendinginkan mie yang panas saat masuk ke mulut. Udon yang disajikan dengan kuah kaldu harus diminum langsung dari mangkuk untuk menghargai si pembuat udon.

Tak hanya ramen, kini udon dan soba merupakan jenis mie asal Jepang yang digemari warga Jakarta. Ada banyak restoran Jepang yang sajikan udon di Jakarta. Kali ini kami mencoba outlet udon asal Jepang di AEON Mall.

Tepat berada di arena Food Culture, Chikugo Udon tidak hanya sajikan aneka udon, tapi juga donburi, nasi dengan aneka topping lauk.

Dengan konsep self service, pertama-tama pengunjung bisa udon ataupun donburi. Ada sekitar 20 menu udon dan donburi yang bisa dipilih. Seperti Kake Udon, Kitsune Udon, Ebi Ten Udon, Chicken Katsu Curry serta aneka donburi seperti Kakiage Don, Tori Ten Don dan Niku Don.

Beragam condiment disediakan di meja terpisah. Ada cabai bubuk, irisan cabai merah, saus cabai, irisan daun bawang, remahan tempura dan peralatan makan.

Semua udonnya disajikan hangat dengan pelengkap kuah bening ataupun kuah kental dengan rasa kari. Semangkuk Niku-niku Udon (Rp 64.545) akhirnya jadi pilihan menu utama kami.

Udon merupakan mie yang dibuat dari tepung terigu, air dan garam. Berbeda dengan ramen dan soba yang berbentuk ramping, udon memiliki warna yang putih dan lebih tebal. Biasanya mienya dipotong sebesar 0,5 cm sehingga terasa kenyal saat dikunyah.

Sesaat setelah kami memesan, salah satu karyawan dengan sigap merebus udon segar dalam wadah berisi air mendidih yang bergolak. Disajikan dalam mangkuk besar, udon berwarna putih tampak terendam dalam kuah bening berwarna kecokelatan.

Slurp! Kuahnya hangat mengepul dengan sensasi aroma gurih shoyu dan dashi yang agak manis. Udonnya sendiri terasa lembut lentur, tapi tak telalu kenyal. Enak disantap dengan gyuniku atau irisan tipis daging sapi yang juicy dan irisan bawang bombay. Sayangnya daging yang disajikan sedikit.

Ebi Ten (Rp 17.272) dan Kakiage (Rp 10.000) bisa jadi pelengkap makan udon hangat. Tempura udang dan sayuran ini renyah gurih mengiringi hangatnya udon. Sengaja kami tak merendam tempura ke dalam kuah karena ingin menikmati tekstur renyahnya.

Chicken Katsu Curry Don atau kari ayam dengan nasi (Rp 50.909) menebar aroma kari yang semerbak enak. Bumbu kari Jepangnya memiliki warna cokelat keemasan yang kental. Saus gurih dengan bumbu kari yang tidak terlalu pekat.

Chicken katsunya renyah garing. Pas disuap dengan saus kari yang kental gurih dan nasi yang pulen hangat. Sehingga dijamin Anda lahap dan perutpun kenyang. Kedua sajian ini cocok menjadi santap makan siang ataupun makan malam. Gochisoisama deshita!

Chikugo Udon
Jl. BSD Raya Utama
Serpong, Tangerang Selatan
AEON Mall Lantai Ground (Food Culture)
Telp: 081314177150 (lus/odi)