Bakso Malang Citra: Hangat Gurih Bakso Malang dengan Isian Komplet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 18 Mei 2016 11:27 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Seporsi bakso Malang dengan kuah hangat gurih tersaji di sini. Isiannya komplet, mulai dari bakso, tahu putih, dan bakwan Malang yang renyah! Kalau belum puas, bisa cicip kwetiau goreng pedas!

Kawasan Kober menjadi salah satu akses utama dari dan menuju Universitas Indonesia. Karenanya ragam makanan jajanan bisa didapat di sini. Mulai dari dim sum, cilok, siomay, hingga kue cubit. Semuanya dijual dengan harga relatif murah karena menyesuaikan kantung mahasiswa.

Selain jajanan, di ruko-ruko depan gang Kober juga ada tempat makan yang biasa jadi tujuan mahasiswa untuk mengisi perut. Bakso Malang Citra adalah salah satunya. Meski tempat bersantapnya tak terlalu besar, warung makan ini selalu ramai pembeli sejak pagi hingga malam hari.



Di bagian depan ada etalase kaca yang memajang isian bakso Malang. Panci kuah besar di dekatnya sesekali dibuka sehingga mengeluarkan uap yang harum enak. Hmmm... Menggoda siapapun yang lewat untuk melipir!

Melihat daftar menunya, Bakso Malang Citra menyediakan bakso Malang dalam pilihan biasa, spesial, dan komplet. Ada juga pilihan makanan lain seperti mie ayam, nasi goreng, dan kwetiau goreng.

Kamipun tertarik mencicip Bakso Malang Komplet (Rp 18.000) dan Kwetiau Goreng (Rp 12.000). Khusus untuk kwetiau, kami ditanyai tingkat kepedasan yang diinginkan. Karena tak ingin perut panas, kami akhirnya memilih sedang.

Seporsi Bakso Malang Komplet berisi 3 butir bakso, 1 bakwan, 1 siomay, dan 1 tahu putih. Terlihat daun bawang dan bawang goreng berendam dalam kuah kecokelatan yang menebar aroma gurih.

Agaknya kuah dibuat dengan bawang putih yang banyak. Ini tercium dari aroma dan rasa gurih yang lumayan kuat. Terlihat pula dari jejak keruh di kuahnya.

Baksonya berukuran kecil dengan warna kecokelatan. Teksturnya empuk sehingga mudah dibelah dengan sendok dan garpu. Kami mencecap rasa merica yang khas dari bakso ini.

Bakwan Malangnya tentu tak kami lewatkan. Karena ditaruh dalam mangkuk, sebagian permukaan bakso gorengnya menjadi lembek. Namun tak mengurangi cita rasanya yang lezat. Sementara bagian pangsitnya tetap renyah. Kress!



Seperti umumnya tahu putih di bakso Malang, bagian tengah tahu berisi siomay yang gurih lembut. Sedangkan tahu putihnya begitu empuk. Enak jadi penyeling isian bakso yang rata-rata gurih.

Siomay buatan Bakso Malang Citra terlihat unik. Berupa kulit pangsit tebal yang membungkus isian daging cincang didalamya. Begitu siomay dibelah, isian daging terlihat berhamburan keluar. Soal rasa, kulit pangsit yang lembut ternyata berpadu enak dengan daging cincang gurih.

Puas menyantap bakso Malang, kami mencicip kwetiau goreng di sini. Dalam piring makan kecil nampak isian kwetiau berupa telur, kol, dan sawi.



Kwetiaunya terasa lembut gurih dengan tingkat kekenyalan pas. Sayangnya jejak rasa gurih kurang terlacak pada sajian ini. Mengenai kepedasan, kami masih bisa mentolerir sengatan cabai karena memesan tingkat kepedasan sedang.

Sang pegawai menginformasikan setiap hari warung makan ini menghabiskan 2000 isian bakso Malang. Bakso dibuat tiap jam 3 pagi sebelum warung dibuka pukul 9 pagi. Oia. warung ini menerapkan sistem tutup yang cukup ketat. Tepat pukul 9 malam, habis tidak habis, Bakso Malang Citra akan mengakhiri penjualan di hari itu. Karenanya jangan sampai kemalaman kalau ke sini!

Bakso Malang Citra

Jl. Margonda Raya No. 515, Beji, Depok

Telepon: 021 92835030

Jam Buka: 09.00-21.00 WIB (lus/odi)