Ekspedisi Langit Nusantara

Warung Sate Pak Meyet: Di Sini Bisa Sarapan Lelung dan Sate Kambing yang Miroso

Bagus Kurniawan - detikFood Selasa, 03 Mei 2016 11:27 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Ngidam sate kambing atau tengkleng di pagi hari? Langsung saja ke warung yang buka sejak jam 07.00 pagi ini. Semua menu disajikan hangat mengepul. Ayo sarapan!

Saat ada di Yogyakarta dan pengin jajan sate kambing, Anda tak perlu menunggu sampai siang. Mampir saja ke Warung Pak Meyet yang ada di kawasan Jetis ini. Warung ini sudah buka sejak jam 07.00 pagi!

Mencari lokasi warung ini susah-susah gampang. Tapi untungnya ada jaringan internet kuat di kawasan Yogya. Berkat Google Map kamipun bisa langsung sampai ke tempat ini.

Warung Pak Meyet ada di jalan raya Barongan, Sanggrahan, Canden, Jetis, Bantul. Dari Kota Yogyakarta bisa di jangkau melalui arah Karangkajen ke arah selatan melalui jalan Imogiri Barat hingga Pasar Barongan Jetis Bantul. Sekitar 200-an meter arah barat Pasar Barongan.

Tetapi bisa lewat Jl Parangtritis menuju ke arah selatan hingga perempatan Bakulan, Patalan, Jetis belok kiri. Selanjutnya ke arah timur sekitar 2 km, di kiri jalan akan terlihat papan nama "Sate Kambing Pak Meyet".

Dari Jalan Raya Barongan, warung Pak Meyet berada di sebelah utara jalan. Letaknya di tepi sawah atau jalan masuk menuju dusun. Warung tempat berjualan juga tidak terlalu luas. Bersama istri dan tiga anaknya ia sudah berjualan lebih dari 25 tahun.


Bagian depan rumah ini difungsikan sebagai warung. Hanya tersedia dua deret meja dan bangku kayu. Pembeli pun rela antri bila makan di tempat itu. Bagi yang pesan untuk dibawa pulang harus menunggu di luar warung.

Menu yang tersedia di warung tak jauh beda dengan warung sate kambing lainnya. Ada sate, tongseng, gule dan tengkleng. Untuk tongseng ada pilihan tongseng daging dan kepala, lidah atau otak yang jadi favorit pelanggan.

Sedangakan gule tersedia gule biasa berisi daging dan jeroan. Namun juga ada gule balungan yang biasa di sebut Lelung. Balungan adalah sebutan untuk potongan tulang-tulang dengan sedikit daging yang melekat.

Khusus untuk lelung dan tongseng kepala maupun otak harus pesan atau datang lebih pagi. Sebab hampir dipastikan pada pukul 09.00, dua menu itu sudah habis.


"Kalau mau lelung ataupun tengkleng harus pagi. Kalau di atas jam 09.00 sudah habis," kata Pak Meyet sambil membolak-balik tusukan sate kambing yang sedang dibakar.

Seporsi sate kambing yang kami pesan disajikan di piring tanpa tusukan sate. Ya inilah keunikan sate kambing pak Meyet. Sate ini tak hanya disajikan dengan kecap dan irisan bawang merah saja. Tetapi diberi campuran gerusan kacang tanah yang halus dan cabai.

Sate tak dibakar langsung tetapi dicelupkan dalam kuah gule yang disediakan dekat tungku. Hmm..aroma wangi rempah bumbu gule menguap saat sate kambing dibakar. Wanginya bikin perut makin lapar!

Khusus untuk membakar sate Pak Meyet masih memakai anglo dan api arang. Arangnya juga khusus dibuat sendiri. Makanya daging kambingnya bisa kering matang merata dan wangi aroamnya.

Ketika akan disajikan sate ini dilepaskan dari tusukannya. Jadi tak bikin repot makannya. Disajikan berikut irisan mentimun dan kol juga cabai rawit merah di piring terpisah.

Sekali kunyah daging kambing terasa empuk juicy dengan balutan bumbu gule yang samar-samar. Irisan tomat, kol dan mentimun bikin sate makin asyik disuap. Jangan kaget kalau nasi hangat sepiring bisa tuntas sekejap.


Lelung atau gule balung nya juga tak kalah menggiurkan. Berisi potongan tulang paha dan iga dengan balutan daging tipis serta kuah gule yang kekuningan.

Gule Jawa bukan gulai Sumatra, racikan rempahnya lebih sedikit dengan tambahan cabe Jawa. Karenanya kuahnya santan encer dengan bumbu yang wangi. Menelusuri daging di sela-sela tulang justru bikin makan jadi makin asyik.

Satu porsi berkisar Rp 18 ribu-20 ribu, sudah termasuk nasi dan minuman. Bila mau sarapan di sini dan takut kehabisan tongseng kepala dan lelung, kontak saja pak Meyet. Jaringan kuat hingga ke kawasan Jetis dijamin komunikasi lancar. Pesan menu favorit Anda supaya saat tiba, sarapan enak bisa langsung tersedia.

Agar tidak kesasar, dari arah manapun Anda datang, perhatikan peta lokasi Pak Meyet ini:



Warung Sate Pak Meyet

Jl. Raya Barongan, Sanggrahan, Canden
Jetis, Bantul
Yogyakarta
Telepon: 081931755511

(adr/odi)