Maison Tatsuya: Satu Set Teppanyaki yang Komplet Isinya dan Memuaskan Rasanya

Maya Safira - detikFood Kamis, 17 Mar 2016 12:57 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Jika ingin menikmati santap komplet dengan menu teppanyaki, mampir saja ke sini. Terdapat set menu teppanyaki berisi sayuran, daging gurih, hingga nasi goreng a la Jepang.

Di Gandaria City ada restoran yang mempunyai menu andalan teppanyaki. Mengusung nama Maison Tatsuya, restoran berada di bawah naungan Arena Corp. Sama seperti Seribu Rasa, Penang Bistro, Hong Kong Cafe, Miyagi, Sari Bagindo dan La Hoya.

Dari luar, tampilan Maison Tatsuya terlihat mewah. Desain interiornya modern dengan sentuhan ornamen Jepang.

​Ada ​dua area makan ​yang ditandai ​dengan arah panah petunjuk "Teppan" dan "Grill". ​Kami memilih duduk di area Teppan.​ Sebab di sini bisa melihat langsung atraksi chef m​eracik​ teppanyaki.



Meski nampak mewah, sebenarnya resto yang hadir sejak 2014 ini punya pilihan makanan yang cukup terjangkau​ harganya.​ Apalagi jika sesekali ingin memanjakan diri. Misalnya saja 6 jenis teppanyaki set menu yang begitu komplet.

Teppanyaki set sudah termasuk tofu, sayuran, salmon, udang, yakimeshi (nasi goreng Jepang), moyashi (tauge) dan miso soup. Perbedaan tiap set menu terletak pada menu utama. Diantaranya pilihan ayam, AUS Premium Sirloin, Cuttlefish, dan US Rib Eye.

Disamping itu, restoran punya juga teppanyaki a la carte dan menu yoshoku (makanan gaya Barat di Jepang). Seperti aneka jenis spaghetti dan steak. Ada Shrimp Pesto Truffle, Scallop Uni Sauce hingga Jyu Jyu Steak.

Semua menu dapat langsung dipesan dari iPad yang tersedia di tiap meja. Dari alat ini, kami juga bisa melihat harga dan keterangan tiap makanan. Setelah menimbang-nimbang, Teppanyaki Set Menu Ume (Rp 175.000) dengan hidangan utama AUS Premium Sirloin jadi ​pesanan pertama​.

Sebelum mulai memasak, terlihat chef di hadapan kami mulai menyiapkan berbagai bahan untuk membuat teppanyaki. Dengan ​cekatan​ ia menuangkan minyak, menempatkan bahan dan menambahkan bumbu-bumbu. Aroma panggangan ​wangi terasa ​menerbitkan selera.​

 

 

Supaya rasa tetap segar dan enak, tiap makanan dalam set menu akan​ dibuat dan disajikan​ satu per satu. Kami mengawalinya dengan tofu teppan dan sayuran yang terdiri dari jamur shimeji, brokoli serta kentang. Pelengkapnya berupa saus gomadare berwarna cokelat muda buatan resto.

Dimasak ​tak terlalu lama, ​citarasa brokoli masih renyah. Sedangkan kentang dan jamur terasa empuk. Semuanya terasa gurih, paduan citarasa mentega dan shoyu. Makin enak dicocol saus gomadare yang terbuat dari wijen dan kacang mete. Terasa creamy gurih dengan jejak gerusan kacang halus.



Juara menu pembuka tersebut adalah egg tofu yang creamy lembut dengan pinggiran renyah sisa teppan. Begitu gurih nikmat dan terasa lumer di mulut. Apalagi ada tambahan katsuboshi yang menari-nari diatas tofu. Ternyata Maison Tatsuya membuat sendiri tofu itu. Karena tanpa pengawet, tofu hanya tahan satu hari. Ini jadi kunci kenikmatannya.

​U​dang dan salmon​ yang disajikan panas juga enak​. ​Dikucuri air ​ jeruk lemon ​sehingga​ segar dan mengurangi amis. Salah satu yang unik adalah kepala udang ikut dimasak. Ditekan sampai garing di atas teppan. Sebab biasanya orang Jepang suka dengan bagian kepala itu.



Udangnya terasa gurih renyah. Dapat dicelupkan pada saus seafood kemerahan yang tersedia. Saus terasa agak asam segar karena ada paduan saus tomat, shoyu dan mirin. Sementara salmon yang lembut terasa makin enak karena diberi guyuran saus teriyaki di atasnya. Tidak ada jejak amis tertinggal pada kedua seafood.

Daging sirloin jadi menu utama dalam teppanyaki set Ume. Proses pemasakannya tidak lama karena memakai api besar. Nampak api sempat membumbung tinggi di hadapan kami.

Dengan pilihan kematangan medium, daging premium sirloin Australia yang sudah dipotong kotak kecil itu terasa empuk juicy. Mengunyahnya tanpa perlawanan. Bumbu minimalis saja sudah membuatnya gurih.



Agar makin kaya rasa, resto menyediakan steak sauce warna cokelat gelap. Rasanya gurih shoyu dengan jejak herba. Chef menyebutkan ada pemakaian apel, madu, mirin, bay leaf dan oregano dalam saus. Jadi ada paduan Jepang dan barat.

Setelah menu utama, masih ada moyashi, miso soup dan yakimeshi. Moyashi ​atau ​tauge ​besar ​dan irisan pokchoy yang dimasak teppan. Teksturnya renyah dengan rasa gurih. Dapat dinikmati dengan irisan bawang putih yang digoreng garing.



Untuk melengkapi santapan, ada nasi goreng Jepang dengan paduan jamur dan daun bawang. Rasa yakimeshi gurih dengan aroma bawang putih​ terasa renyah​ enak. Miso soup juga terasa segar gurih. Isinya ada jamur shimeji, potongan tofu dan rumput laut.

Selepas teppanyaki set menu, kami masih berusaha mencari menu lainnya. Rasa penasaran timbul untuk mencoba Jyu Jyu Steak yang jadi andalan Maison Tatsuya. Berupa steak yang disajikan di atas batu-batu dalam sebuah hot plate. Hot stone berwarna hitam itu membuat steak panas lebih lama. Bisa lebih dari 10 menit.

Terdapat pilihan daging sapi, ayam dan seafood. Kami pun tertarik dengan Jyu Jyu Chicken Steak (Rp 52.000). Tiba di meja, terlihat hot stone ditumpuk dengan sehelai sawi besar kemudian moyashi campuran tauge, wortel dan jagung. Baru di permukaan paling atas ada irisan daging ayam panggang.



Sajian dilengkapi dengan nasi putih, miso soup, saus gomadare dan saus steak. Seperti sebelumnya, moyashi juga renyah gurih. Untuk steak ayam, terasa cecapan agak manis dari saus spesial untuk panggangan. Jejak lada hitam juga terasa pada ayam.

Setelah puas dengan santapan lengkap, kami kembali meraih iPad yang tersedia. Di sini bisa terlihat jumlah pembayaran dalam My Bill. Sesudah menekan tanda bayar, seorang staff datang menghampiri untuk mengambil pembayaran.

Tertarik memuaskan perut dengan teppanyaki atau steak komplet gaya Jepang? Yuk, coba saja datangi Maison Tatsuya siang ini.

Maison Tatsuya
Gandaria City Lt. Ground
Jl. Sultan Iskandar Muda
Gandaria
Jakarta Selatan
Telp: 021-29236781

Kota Kasablanka Lt. Ground, Food Society
Jl. Casablanca Raya
Jakarta Selatan
Telp: 021-29475151

AEON Mall Lt. Ground
Jl. BSD Raya Utama
BSD City
Serpong
Tangerang Selatan
Telp: 021-29168228

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com