RM. Ayam Ancuur: Sedapnya Ayam Goreng Ancur dan Tengkleng Masak Khas Solo

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 04 Mar 2016 12:42 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta -

Selain terkenal dengan nasi liwet, timlo dan tengkleng masak, rumah makan ini juga punya sajian ayam goreng enak. Bernama ayam ancur, sajian ini jadi salah satu menu unggulannya.

Berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 58, Jakarta Pusat Anda bisa menemukan rumah makan Solo enak. Walaupun tempatnya sederhana, tapi citarasanya ​yang sedap ​bisa ​menumpas kangen masakan khas Solo.

Di​ ​bagian depan rumah makan, para karyawan sedang sibuk meracik ayam goreng dan juga tengkleng. Untuk menyantap makanan, Anda bebas memilih meja dan kursi yang ada di​ ​bagian dalam yang dapat menampung sekitar 40 orang.

Deretan menu RM. Ayam Ancuur antara lain timlo ayam Solo, bakmi godog komplet, selat Solo, ayam goreng ungkep, ayam goreng ancur hingga aneka tengkleng sapi, ayam dan juga kambing.

Kami memilih Timlo Ayam Solo (Rp 17.000), Tengkleng Masak (Rp 32.000) dan Ayam Goreng Ancur (Rp 22.000).

Menu utamanya ayam goreng ancur. Tekstur dagingnya empuk tapi rasanya gurih, hal ini dikarenakan ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung.



Berbeda dengan ayam goreng biasa, di sini ayamnya digeprek atau dihancurkan setengah. Kunyahan pertama langsung terasa jejak rasa kunyit, bawang putih dan juga ketumbar. Dagingnya sangat mudah dikoyak karena sudah diungkep lama.

Semakin mantap dimakan dengan sambal ijo yang pedas, lalapan ​men​timun, kol dan nasi. Jangan lupa, makan ayam goreng kampung ini langsung dengan tangan. Hmm, dijamin sensasinya berbeda!

Tak sama dengan tengkleng biasa, tengkleng masak memiliki kuah yang lebih kental. Kuahnya berwarna cokelat pekat dengan jejak minyak dan rasa manis gurih yang mendominasi.



Bagi Anda yang tak terlalu suka manis, sajian tengkleng ini masih bisa diterima lidah. Pasalnya, tengkleng dimasak dengan campuran cabai rawit hijau yang super pedas jika te​r​​kunyah​.

Aroma gurihnya tercium sedap, terdapat potongan tomat, bawang bombay yang cocok berpadu dengan lembutnya daging sapi.

Timlo Solo bisa jadi pilihan Anda yang ingin menyantap makanan hangat berkuah segar. Kuahnya yang bening terjejak rasa bawang putih ​dan kaldu​. Kuah kaldu ayam disajikan dengan suun, ati ampela, telur pindang, suwiran ayam negeri yang lembut. Sluurp! Kuahnya segar gurih mirip seperti soto.



​P​enataan ruang rumah makan ini ​memang ​kurang rapih tapi hampir semua rasa makan yang kami cicip patut diacungi jempol. Selain di kawasan Juanda, Ayam Ancuur juga menjual sajian ayam goreng di beberapa kawasan seperti Pasar Baru.

Nah, bagi Anda yang sedang berada di kawasan Gambir atau Juanda, bisa mampir ke rumah makan ini. Dijamin kenyang!

RM. Ayam Ancuur Khas Solo
Jl. Ir. H. Juanda No. 58
Jakarta Pusat
Buka: 09.00 – 21.00 WIB

(msa/odi)