Soulfood By Nanduto: Asyiknya Menyantap Kembulan yang Berlauk Gurih Sedap

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 25 Feb 2016 12:27 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta -

Masakan ​tradisional tak pernah gagal memuaskan selera​. ​Dua jenis nasi yang gurih pedas, disajikan dengan lauk komplet. Asyik dinikmati​ bersama.

Sebelum hadir di Jakarta, Soulfood By Nanduto sudah lebih dulu populer di kota Jogja. D​i​ Jakarta, restoran ini membuka cabangnya di kawasan jalan Kemang Raya.

Restoran berlantai dua ini selalu ramai dikunjungi para pecinta comfort food terutama pada jam makan siang. Memasuki area dalam restoran, Anda akan disambut dengan dapur kecil yang dibatasi dengan dinding kaca. ​Restoran dimeriahkan​ dengan hiasan teko, piring motif aluminium hingga rantang ​pada dindingnya.​

Foto: detikFood

Mau pilih tempat duduk lesehan atau kursi​ juga bisa​. Kami menempati tempat makan lesehan yang beralaskan bantal dengan meja kayu pendek. Tak lama, karyawan menyodorkan menu yang ditempel pada baki ​enamel​ berwarna putih dan kuning. Dalam menunya terdapat aneka jenis Nasi, Kuah-kuahan, Mie, Racikan Pete dan Jengkol hingga Camilan Tradisional Manis.

Foto: detikFood

​Kami mengawali ​ santap makan siang dengan menu Kriuk-Krekes-Meleleh, Kripik Jagung (Rp 35.000). Keripik jagung homemade ini rasanya yang tidak terlalu gurih tapi renyah. Keripik ini dicocol dengan tiga jenis cocolan yaitu saus sour cream yang creamy asam, saus keju yang gurih dan saus salsa yang asam segar.

​Buat menu utama kami tertarik ​Kembulan Lunch Platter (Rp 175.000)​ yang populer di sini.​​ S​ajian nasi ini bisa disantap untuk dua orang. Pasalnya, dalam satu piring tersaji hingga delapan jenis ​lauk​. Wah, bagaimana rasanya?

Foto: detikFood

Dalam bahasa Jawa, Kembulan berarti makan bersama dalam satu wadah. Sehingga untuk Anda yang datang bersama-sama bisa mencoba menu ini ​beramai-ramai​.

Foto: detikFood

​Sajian ini terdiri dari dua jenis nasi yang dikelilingi lauk-pauk. Yang pertama nasi item. ​​T​ercium harum dengan semburat rasa yang gurih. ​Ada rasa gurih​ tinta cumi tapi tidak amis dengan warna hitam ke abu-abuan. ​Yang satu​ lagi nasi merah bertekstur lembut dan berserat dengan campuran sambal jambal yang gurih dengan sapuan pedas samar-samar.

Pertama, kami padukan nasi cumi item dengan Ayam Gejrot Kecombrang. Tekstur ayam yang empuk terasa pedas dan gurih. Yang membuat enak, ayamnya dicampur dengan potongan daun jeruk dan kecombrang​. Rasa pedas berpadu dengan asam segar kecombrang dan wangi daun jeruk purut. Sedap!​

Foto: detikFood

​Lauk yang lain, ​Daging Suwir Kemangi. Suwiran gepuk daging tipis terlihat agak berminyak. Teksturnya empuk dengan rasa gurih manis plus tercecap rasa kemangi dan daun jeruk. Sedangkan Tempe Abon Jambal terasa empuk dan renyah pada bagian luarnya. Gurih dan manis, karena tempe dimasak dengan bumbu kecap dan campuran cabai.

Untuk menyeimbangkan rasa, Sayur Bengkel juga jadi pelengkap Kembulan ini. Isiannya ada buncis, kol, wortel dan jagung manis yang ditumis dengan bumbu kecombrang dan bawang putih yang renyah.

Semua nasi dan lauk sangat nikmat disantap dengan Acar Nanas Kecombrang dan Sambal Kedondong yang segar. Makan semakin semarak dengan menyantap Kerupuk Barak yang Renyah. Kriuk!

Puas menyantap keripik dan kembulan berporsi royal, kami memutuskan untuk menikmati Es Kelapa Jeruk Nipis (Rp 25.000) dan aneka kue tradisional seperti Lupis dan Putu Mayang (Rp 15.000) dan Balapis Pandan (Rp 20.000).

Foto: detikFood

Semua kue disajikan dengan ukuran mungil. Putu Mayang berwarna merah mudah terasa kenyal dan manis gurih saat disiram dengan kuah santan plus gula merah. Selain itu, Anda juga wajib menikmati kue lupis ketan berbalut kelapa parut segar dan disantap dengan kuah gula merah kental.

Balapis khas Manado memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis dan daun suji.​ Wah, lidah benar-benar dimanjakan dengan selera tradisional yang kaya rasa dan aroma. ​

Oh ya, jika cuaca sedang dingin seperti ini, ​sebaiknya pesan​ teh poci hangat (Rp 20.000). Aroma teh tubruk yang wangi disajikan dalam teko ​enamel​ bercorak dan gula batu. Hmm, pas untuk hangatkan tubuh.

Foto: detikFood

Selain bisa menyantap dengan puas di restorannya. Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa keripik kentang, keripik jagung original dan juga aneka sambal yang sudah dikemas. Monggo mampir!

Soulfood By Nanduto
Jl. Kemang Raya No. 72
Kemang, Jakarta Selatan
Telp: 081296528072 / (021) 22707049
Buka: 10.00 - 22.00 WIB

(lus/odi)