Ayam Penyet Jakarta: Nasi Ayam Penyet Plus Urap yang Mantap

Maya Safira - detikFood Rabu, 17 Feb 2016 12:40 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Ingin makan siang ayam penyet komplet? Mampir saja ke sini. Ada ayam penyet empuk dengan sambal beraroma daun jeruk. Lengkap dengan urap.

Di kawasan Cilandak, ada rumah makan yang mengusung sajian ayam penyet berharga terjangkau. Namanya "Ayam Penyet Jakarta." Meski membawa nama ibukota, rumah makan ini justru punya sekitar 8 cabang di Medan.

Masuk ke rumah makan, pengunjung akan disambut dengan etalase kaca berisi bahan makanan. Bagian depan rumah makan sekaligus jadi tempat masak. Sehingga bisa tercium aroma masakan saat tiba di sana.

Untuk menunya, Ayam Penyet Jakarta menawarkan berbagai nasi komplet berlaku ayam penyet. Pelengkapnya ada urap, pecal, capcay maupun gado-gado. Disamping itu terdapat menu seperti mie ayam, ifu mie, dan bihun goreng.

Kami pun memesan Nasi Urap Ayam Penyet (Rp 22.000) yang jadi favorit. Dalam sajian ini, nasi dilengkapi ayam goreng kremes, urap, sayur tumis, keripik kentang dan sambal. Melihatnya saja sudah membuat perut keroncongan.



Potongan paha ayam empuk dengan bumbu kuning di sini rasanya gurih. Bumbu meresap hingga ke dalam daging ayam. Tampak permukaan ayam goreng sedikit dibaluri tepung sehingga agak garing. Semakin enak disuap bersama kremesan yang cukup banyak dan renyah.

Sambal merah tua untuk ayam penyet juga sedap. Rasanya pedas dengan jejak terasi, cabai, dan tomat. Tambahan daun jeruk membuat sambal makin spesial karena beraroma segar.

Urapnya sendiri berisi rebusan kacang panjang, kangkung, dan tauge. Diberi taburan kelapa parut berwarna jingga. Kelapa terasa sedikit pedas dan bercitarasa kencur yang cukup pekat.

Sementara itu, di bawah ayam goreng ternyata ada tumisan buncis gurih. Terdapat pemakaian tauco dalam sayur ini.

Satu hal yang kami sayangkan dari nasi komplet adalah keripik kentangnya sudah tidak garing lagi. Meski rasa manis pedasnya pas, namun jadi kurang nikmat dimakan.

Disamping nasi komplet, Gado-Gado (Rp 12.000) termasuk andalan restoran. Dari tampilannya, tidak berbeda dengan gado-gado kebanyakan. Ada daun selada, tahu goreng, timun, tauge, dan kol. Pelengkapnya berupa setengah potong telur rebus, bawang goreng dan kerupuk.



Bumbu gado-gado yang cokelat muda sudah diaduk bersama sayuran. Rasanya gurih agak pedas dengan tekstur halus kental. Seperti ada cecapan sedikit rasa kencur dan bawang putih dalam bumbu ini. Secara keseluruhan gado-gadonya lumayan enak.

Oya, Ayam Penyet Jakarta juga menerima pesanan nasi kotak untuk berbagai acara. Misalnya pesta, ulang tahun, rapat, seminar dan lainnya.

Nah, jika belum ada tujuan makan siang mampir saja ke sini. Bisa makan komplet sekaligus hemat!

Ayam Penyet Jakarta
Jl. Raya Cilandak KKO No. 9
Jakarta Selatan
Telp: 021-7825641

(msa/odi)