Bakso Gajah Mungkur: Yuk, Jajan Bakso Urat Jumbo yang Gurih Hangat!

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Kamis, 11 Feb 2016 11:30 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Hawa dingin pasti membuat Anda ​ingin ​menikmati ​makanan hangat. Dan bakso pun jadi incaran utama. Apalagi, jika baksonya mengepul-ngepul dan gurih ​kenyal!​

Bakso di tempat ini sudah lama terkenal karena​ selalu ramai. Selain karena lokasinya yang padat, warung sederhana bakso ini punya banyak pilihan menu. Selain bakso yang jadi menu andalan, ada ayam bakar, ayam penyet, dan ikan bakar sebagai menu tambahannya.

Masuk ke dalamnya, kami disambut dengan dua etalase kaca. Sebelah kiri untuk meracik bakso, dan sebelah kanan untuk meracik ayam dan minuman.



Kami datang saat malam sudah mulai larut. Walau begitu, tetap agak susah menemukan tempat duduk karena semuanya hampir terisi. Karena sudah kedinginan, tanpa pikir panjang kami memesan Bakso Urat (Rp 19.000) dan Ayam Penyet (Rp 18.000).

Terlihat oleh kami sang pegawai langsung meracik bakso dari panci besar di depan toko. Saat panci dibuka, kepulan asap langsung menyeruak, hingga kacamata sang pegawai ikut berembun.



Menurutnya, dalam sehari ia bisa membuat bakso dari 10 kilogram daging sapi. Bakso urat diambil dengan sendok besar, kuah, kemudian ia meracik mie, sayuran, dan bumbu.

Di etalase yang lain, pegawai yang lain meracik ayam penyet. Ayam yang sudah digoreng dibalurkan sambal hijau yang royal. Keduanya pun sampai di meja kami di waktu yang hampir bersamaan.

Kepulan asap tebal dari mangkuk bakso kami semakin membuat kami menggugah. Di dalam mangkuk, ada sebutir​ bakso urat berukuran besar, sawi, tauge, bihun, mie kuning, seledri, dan dua tetelan.

Kuah bakso terasa gurih dengan sedikit seledri dan bawang goreng. Karena baksonya berukuran jumbo, kami memotongnya dengan sendok. Rasa baksonya tentu gurih dengan tekstur daging yang lembut, namun ada sedikit rasa kenyal ​karena ada cacahan tetelannya.

Setelah bakso kami tandas, ayam penyet kami langsung jadi sasaran. Daging ayamnya empuk dan mudah dikoyak garpu, dengan lumuran sambal hijau kasar di atasnya.

Dagingnya gurih dan sambalnya tak begitu pedas dengan citarasa agak asin. Tapi rasa asinnya tidak begitu kuat ​terasa ketika dicampur nasi.



Tak butuh waktu lama, dua menu yang kami pesan tersebut tandas dalam sekejap. Untuk membilas lidah, kami menyesap teh hangat yang menghangatkan perut.

Bakso Gajah Mungkur buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Bahkan di akhir pekan jika pengunjung masih ramai, tempat ini buka hingga pukul 23.00. Anda berada di sekitar Depok? Tempat ini patut dicoba untuk makan siang hari ini!



Bakso Gajah Mungkur

Jl. Akses UI, Kelapa Dua,

Cimanggis, Depok

Telpon: 0853 1331 5888



(tan/odi)
Load Komentar ...