Pastificio-K: Di Sini Bisa Pesan Pasta Segar dengan Racikan Sesuai Selera

Maya Safira - detikFood Selasa, 05 Jan 2016 11:04 WIB
Foto: detikFood
Jakarta -

Biasanya menu pasta sudah ditentukan restoran. Tapi di sini Anda bisa memilih jenis, topping hingga saus pasta sesuai selera. Belum lagi rasanya pun asli Italia.
 
Berlokasi dekat dengan KOI Kemang, ada sebuah resto mungil yang mengusung olahan pasta segar. Restoran bernama ‘Pastificio K’ ini kabarnya merupakan kolaborasi seorang Italia yang ahli membuat pasta dengan pemilik restoran KOI. Pastificio K pun sudah menjadi buah bibir karena rasa otentiknya.
 
Tiba di restoran dua lantai ini, nuansa simple dan homey sangat terasa​. Warna putih mendominasi dinding restoran dengan lukisan monokrom yang memenuhi beberapa sudut. Bangku berwarna hitam atau putih pun dipadukan dengan meja kayu cokelat untuk menegaskan sentuhan monokrom.

Foto: detikFood

Di lantai bawah restoran ada etalase kaca yang diisi berbagai pasta segar, saus dan topping. Memang ini menjadi andalan Pastificio K yang membuat homemade pasta dengan mesin impor Italia untuk menu utama​nya.
 
Pastificio K menyediakan Spaghettini, Plain tagliatelle, Pipe rigate, Gnocchi, Maccheroni, Whole Wheat Tagliatelle, Conchiglie dan Gigli. Sedangkan untuk Ravioli terdapat isian beef, spinach, salmon atau ricotta cheese.
 
Pengunjung bisa pula membeli pasta segar itu untuk meracik hidangan sendiri di rumah. Tersedia juga pilihan saus homemade seperti Bolognese, Pesto, Pomodoro dan Beef Prosciutto.
 
Untuk makan di restoran, pengunjung bisa memilih jenis pasta, saus dan topping sesuai selera. Harga total pesanan nanti akan diakumulasi dari seluruh pilihan tersebut. Namun meski makanannya otentik, harganya tidak terlampau tinggi untuk standar restoran Italia.

Foto: detikFood

Menu pertama yang kami coba adalah paduan Gnocchi Pasta (Rp 15.000) dengan Pesto Sauce (Rp 15.000) dan Salmon Gravlax (Rp 18.000). Semua kami pilih untuk ukuran kecil.
 
Saat pesanan tiba di meja, kami bersyukur tidak memilih ukuran besar. Sebab ukuran kecil saja sudah cukup​ banyak.
 
Pada menu gnocchi ini, aroma pesto dari basil ​tercium segar wangi​. Terlihat pasta gnocchi yang berbentuk lonjong padat diberi saus pesto dengan gerusan basil jelas dan genangan minyak hijau pekat. Di permukaannya ada cincangan peterseli dan irisan salmon gravlax.
 
Gnocchi terasa empuk lembut dengan kematangan al dente yang sempurna. Rasa gnocchi segar cocok berpadu dengan saus pesto paduan basil, pine nut,
​keju ​parmesan, bawang putih dan minyak zaitun.

Biasanya kami kurang menggemari saus pesto, tapi saus ini begitu cocok di lidah. Semburat jejak asam segar yang kami duga dari air jeruk lemon​ menambah nikmat​ pesto​ ini​.
 
Apalagi ada pemakaian cured salmon yang bercitarasa asin ​lembut ​untuk memberi ​sentuhan gurih enak​. Secara keseluruhan menu pasta ini enak​, segar dan​ ringan.
 
Selanjtnya kami mencari rasa yang lebih creamy. Pilihan pun jatuh pada campuran Beef Ravioli (Rp 25.000), Blue Cheese Sauce (Rp 30.000) dan topping jamur (Rp 12.000).

Foto: detikFood

Terlihat sederhana, ravioli diberi saus blue cheese putih kental, taburan lada hitam bubuk dan peterseli. Irisan ​​j​amur champignon memenuhi bagian tengah hidangan.
 
Beef Ravioli diisi cincangan daging sapi, oregano, lada hitam, sedikit cabai dan telur. Dimasak dengan kematangan al dente, teksturnya mungkin agak sedikit keras bagi lidah lokal. Adapun isian daging ini terasa ​gurih ​dan raviolinya juga ​lembut segar saat dikunyah.​
 
Lagi-lagi kami tak salah pilih racikan. Beef ravioli berpadu sempurna dengan blue cheese yang gurih creamy dan tumisan jamur empuk. Aroma
​gurih tajam blue cheese pun tercium sangat ​ kuat.
 
Restoran ini tahu bagaimana mengolah saus blue cheese enak. Sehingga tak ada jejak rasa krim berlebih atau aroma keju kurang sedap dari sausnya. Ini jadi saus favorit kami!
 
Jika mencari pembilas mulut yang manis, Pastificio K punya Tiramisu, Pannacotta, Chocolate Tart dan Flan Tart. Tersedia juga minuman seperti Espresso Malongo, Black Coffee, Cappuccino dan Caffe Latte.
 
Jika belum ada tujuan makan siang, mampir saja ke Pastificio K. Delizioso!

Pastificio K
Jl. Kemang Raya No. 72
(dekat KOI Kemang)
Jakarta Selatan
Telp: 021-7195704

(lus/odi)