Mr. Dub Bap: Nyam! Sedapnya Bulgogi Bibimbap dan Ayam Goreng Korea

Maya Safira - detikFood Rabu, 02 Des 2015 11:48 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Makanan Korea bisa jadi alternatif menu makan siang. Seperti bibimbap berlauk bulgogi di restoran ini. Ada juga ayam goreng renyah berbalut bumbu pedas manis.

Tak jauh dari Lotte Mart Gandaria City, ada restoran Korea yang sudah sering kami lewati. Tergelitik rasa penasaran, kami pun mampir ke "Mr. Dub Bap".

Restoran yang tak terlalu luas ini didominasi interior berwarna cokelat dan pencahayaan temaram yang berkesan hangat. Dapat dilihat juga dari bangku kayu dan wallpaper dinding yang digunakan.



Di tiap meja terdapat laci yang bisa ditarik. Ini berfungsi sebagai tempat tisu dan tusuk gigi.

Sementara itu, di salah satu sudut restoran ada tempat pramusaji mengambil makanan yang tersambung ke area dapur. Bagian atasnya dipenuhi gambar-gambar menu andalan.

Untuk menunya sendiri, Mr. Dub Bap banyak menyajikan hidangan berbasis nasi. Misalnya bibimbap, dub bap, kare rice, omurice hingga kimbap. Ada juga menu kuah seperti manduguk, samgyetang, ramyeon, doenjang chigae, dan yukgaejang. Penyuka tteokpokki bisa menikmati sajian kaki lima Korea ini atau cheese rappokki yang diberi tambahan mie dan keju.

Karena sedang ingin makan komplet, kami memesan Bulgogi Dolsot Bibimbap (Rp 72.000). Telur pelengkap bibimbap bisa dibuat setengah matang atau matang sepenuhnya.



Sambil menunggu makanan datang, pramusaji menyuguhkan 6 jenis banchan (hidangan pendamping). Ada salad, kimchi, dan gorengan. Rasanya lumayan enak, terutama kimchinya. Sayang gorengan yang mirip bakwan tersaji tidak hangat.

Tak begitu lama, Bulgogi Bibimbap hadir di meja kami. Nampak bibimbap dengan topping sayuran, bulgogi dan telur tersaji dalam mangkuk hitam tahan panas (dolsot). Ini membuat bibimbap tetap hangat hingga suapan terakhir.

Menelisik isinya, permukaan bibimbap ditutupi irisan wortel, lobak, labu siam, tauge dan bayam. Disamping itu ada bulgogi dan telur mata sapi matang sesuai permintaan kami.




Bulgogi pada bibimbap rasanya manis dengan potongan daging yang empuk lembut. Citarasa minyak wijen, soy sauce, dan irisan daun bawang melengkapi sajian bulgogi.

Sedangkan sayuran pendamping bibimbap mempunyai teksturnya renyah menandakan diblansir dengan pas. Aroma minyak wijen dan soy sauce nya wangi semerbak. Rasa gurihnya pun pas.

Tidak lengkap menyantap bibimbap tanpa mencampur seluruh isiannya. Kami mengaduk topping dan nasi bersamaan. Lalu diberi saus merah gelap yang jadi khas bibimbap. Wah, rasanya jadi makin enak. Ada semburat rasa manis bulgogi dan pedas gurih gochujang dari saus. Tampaknya menu ini akan disukai penyuka bibimbap.

Selain bibimbap, kami juga mencicipi Yangnyum Chicken (Rp 65.000). Sebanyak 7 potong ayam goreng tepung diberi saus merah kecokelatan yang kental agak lengket. Menempel pada kulit ayam khas Korea ini. Terakhir, ayam diberi taburan wijen.



Permukaan ayam goreng tepungnya terasa begitu renyah dan gurih. Sedangkan sausnya agak pedas dengan cecapan manis. Seperti ada paduan gochujang, soy sauce, bawang putih, bubuk cabai dan madu. Cocok di lidah kami.

Bagi yang ingin menyegarkan mulut selepas makan utama, bisa mencoba pat bingsu, fruit bingsu, atau honey citron tea. Untuk pilihan minuman refill, ada Ocha (Rp 10.000) yang sepertinya memakai teh jagung (oksusucha) dari Korea.

Nah, belum ada tujuan makan siang? Coba saja ke Mr. Dub Bap. Jal meokkesseumnida!

Mr. Dub Bap
Gandaria City Mall Lt. Lower Ground
(Dekat Lotte Mart)
Jl. Sultan Iskandar Muda
Gandaria
Jakarta Selatan
Telp: 021-29053311

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com