Taman Santap Rumah Kayu: Nikmatnya Ayam Kalasan Dicocol 3 Sambal

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 27 Okt 2015 12:03 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Ikan bakar dabu-dabu dan ayam kalasan bisa disantap siang ini. Apalagi tempatnya yang rindang bisa jadi tempat nyaman untuk makan bersama teman kantor.

Berada di kawasan Gading Serpong, Anda bisa menemukan tempat santap makanan Indonesia enak dan nyaman. Tempatnya cukup besar dan sangat cocok jadi tempat makan sambil kumpul bersama teman-teman.

Foto: detikFood

Bertuliskan 'Taman Santap Rumah Kayu', tempat ini didesain seperti taman yang nyaman. Anda dapat menyantap makanan di meja dan kursi kayu yang tertata rapih atau lesehan. Kali ini, kami lebih memilih duduk di area lesehan.

Nama area lesehan ini adalah Meranti. Dalam satu ruang lesahan terdapat dua meja panjang dengan tatakan bantal berkulit cokelat dengan partisi kayu. Bagian bawahnya terdapat kolam yang berisi beragam ikan dengan ukuran besar.

Menu yang ditawarkan resto ini sangat banyak, ada aneka ikan, seafood, ayam hingga tumisan sayuran. Kami tertarik untuk memesan ayam goreng kalasan, ikan kuwe saus dabu-dabu, pare cah polos dan aneka sambal.

Sambil menunggu pesanan datang, Anda bisa membeli pelet untuk makanan ikan di kasir dengan harga Rp 5.000. Tempatnya benar-benar 'homey' dan sangat pas dijadikan tempat bersantai sambil refreshing.

Foto: detikFood

Ikan kuwe dengan ukuran sedang (Rp 85.000). Ikan bakarnya disiram dabu-dabu yang terdiri dari tomat hijau, irisan bawang merah, irisan cabai rawit dan irisan daun bawang.

Disajikan dengan alas daun pisang. Terdapat sedikit air yang bercampur dengan jejak minyak yang menggenangi bagian bawahnya.

Daging ikan kuwenya padat tetapi lembut. Ada rasa gurih, segar dan sedikit asam. Ikan bakar ini bagian luarnya kering dan tidak ada aroma amis yang tertinggal.

Selain ikan, ada pilihan lauk lain yang tak kalah enak yaitu ayam kalasan (Rp 80.000). Ayam goreng gaya desa Kalasan kremesan beelimpah. Aromanya gurih menggelitik.

Ayamnya empuk dengan bumbu meresap. Disajikan dengan sambal terasi merah pedas plus tambahan lalapan segar seperti tomat, timun dan selada. Kami menyantap ayam kalasan dengan nasi pulen plus kremesan yang renyah gurih. Makin mantap dengan cocolan sambal.

Untuk pelengkap pare cah polos (Rp 27.500) jadi pilihan pas. Terdiri dari potongan pare berwarna hijau cerah dan potongan wortel dengan bumbu cincangan bawang putih.

Foto: detikFood

Ditumis dengan api besar karenanya teksturnya terasa renyah. Rasa pahit renyah dan gurih bawang putih justru bikin kami makin semangat menghabiskan tumisan ini.

Jika sambalnya kurang, tersedia tiga jenis sambal (Rp 15.000). Ada sambal mentah, mangga dan terasi. Ketiga sambal ini menjadi favorit kami, sambal mentahnya terasa sangat segar dan pedas dengan campuran tomat, pas saat disuap dengan nasi hangat. Sedangkan sambal mangga yang segar asam dan pedas lebih cocok disantap dengan sajian ikan Sambal terasi yang pedas paling cocok dinikmati bersama dengan ayam goreng.

Walaupun memiliki banyak hidangan rumahan, restoran ini juga terkenal dengan sajian seafood yang enak seperti udang, kepiting asap hingga kerang saus Padang.


Foto: Detikfood


Nah, untuk Anda yang memesan makanan minimal Rp 500.000 Anda akan mendapatkan gratis satu porsi cumi-cumi. Sedangkan untuk Anda yang makan minimal Rp 750.000 bisa mendapatkan gratis kepiting. Cumi atau kepitingnya bisa Anda pesan dengan saus yang dapat Anda pilih sendiri. Dijamin puas dan menyengangkan. Yuk, mampir!

Taman Santap Rumah Kayu
Jl. Ki Hajar Dewantara SKL002
Gading Serpong, Tangerang
Telp: (021) 54212011 / 54212012
Buka: 10.00 – 22.00

(lus/odi)