Kedai Nyonya Rumah: Mencicipi Java Steak dan Nasi Campur Racikan Nyonya Rumah

Maya Safira - detikFood Jumat, 23 Okt 2015 13:14 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Bandung terkenal dengan aneka restoran dan kafe. Namun jika ingin mencicipi makanan rumahan yang klasik, mampir saja ke sini. Ada steak gaya Jawa maupun nasi campur yang komplet.

Kedai Nyonya Rumah menjadi tujuan kami saat sedang berada di Jalan Trunojoyo, Bandung. Kebetulan kami memang sedang mencari makanan khas Indonesia.

Restoran ini punya Julie Stardjana yang dikenal dengan nama pena Nyonya Rumah. Dulunya ia menulis rubrik masak di harian berita dan mempunyai banyak buku resep makanan. Julie juga merupakan Penulis Resep Tertua dan beberapa kali dinobatkan oleh MURI. Setelah buka sejak tahun 1999, Kedai Nyonya Rumah memiliki cabang di Jalan Naripan dan Jalan Trunojoyo.

Dari luar, cabang restoran di Jalan Trunojoyo tampak seperti rumah dengan pohon-pohon menutupi bagian depannya. Kesan nyaman langsung muncul saat masuk ke dalamnya. Banyak bangku-bangku kayu berpelitur cokelat tua. Di area tengah, ada taman penuh tanaman hijau dengan kolam kecil. Membuat betah berlama-lama di sini.



Kedai Nyonya Rumah menyajikan makanan dengan ciri khas Jawa-Eropa. Di sini ada aneka paket nasi dan steak. Seperti Nasi Garang Asam Iga, Nasi Iga Sapi Bakar, Nasi Ulam Ayam, Nasi Berkat Gepuk, Nasi Pecel, Kakap Steak, Sirloin Steak, Chicken Steak dan lainnya.

Kami pun memilih Java Steak with French Fries (Rp 66.000) yang masuk dalam menu spesial KNR. Menurut deskripsinya, hidangan ini berupa irisan sapi has yang dimasak dengan saus khas Nyonya Rumah.

Java steak atau bistik Jawa tampak diberi guyuran saus cokelat pekat. Saus kental ini bercitarasa manis gurih mirip semur. Jejak lada hitam, pala dan kecap manis tercecap pada sausnya.



Tekstur dagingnya sendiri lumayan empuk. Cocok disantap bersama saus. Makin lengkap menikmatinya dengan kentang goreng, sayuran tumis renyah, telur rebus, mayonnaise, dan acar segar.

Nasi Campur KNR (Rp 41.000) tak kalah enak. Nasi campur khas Nyonya Rumah ini terdiri dari beragam lauk. Nasi putih dilengkapi ayam goreng kemiri, telur pindang lembut, daging bumbu pedas, sambal goreng waluh, buncis saus tiram, kerupuk udang, dan sambal.

Ayam gorengnya gurih dengan bumbu kering renyah. Bumbu untuk ungkepan terasa jejak ketumbar, kemiri, kunyit, bawang dan lengkuas. Cocok dicocol ke sambal pedas menyengat dengan cecapan tomat.

Sedangkan daging bumbu pedas memiliki tekstur empuk. Irisan bawang bombay, cabai dan bawang putih tampak pada daging gurih pedas ini. Daging dan bumbu pedasnya terasa saling melengkapi



Adapun buncis saus tiram bertekstur renyah saat dikunyah. Bumbunya pun punya rasa manis karena pemakaian saus tiram. Ada sedikit muncul rasa ebi pada olahan buncis.

Pelengkap lainnya, sambal goreng waluh, terdiri dari tahu dan labu siam. Kuahnya terasa pedas gurih dengan pemakaian santan. Kuah ini agak mengingatkan kami akan lodeh.

Secara keseluruhan nasi campur komplet di Kedai Nyonya Rumah cukup enak dan mengenyangkan.

Bagi penyuka kue-kue tradisional, Kedai Nyonya Rumah juga punya cake shop. Ada lemper lapis, kroket, risoles, peuyeum cake, pannekoek, bitterballen hingga tahu berontak. Kami mencicipi Moorkoppen (Rp 3.500) yang mirip sus.



Bentuknya serupa sus dengan sedikit pemakaian cokelat beku di permukaannya. Adonan moorkoppen bertekstur empuk dengan isian vla manis lembut. Aroma rum begitu pekat pada vla ini. Mungkin bagi penyuka rum akan menikmati moorkoppen di sini.

Tertarik mencoba makanan rumahan dengan suasana nyaman saat berada di Bandung? Yuk, mampir saja ke restoran ini.

Kedai Nyonya Rumah
Jl. Trunojoyo No. 29
Bandung
Telp: 022-4204750

Jl. Naripan No. 92C
Bandung

(msa/odi)