Maranggi H. Aman: Empuk Manis Sate Maranggi Berpadu dengan Sambal Oncom

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 29 Sep 2015 11:32 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Sate maranggi di warung makan ini memuaskan selera. Sate yang masih mengepul hangat disajikan dengan sambal oncom yang pedas menggigit. Sedapnya!

Persis di depan BCA Jalan Nusantara terdapat warung makan sederhana bernama Maranggi H. Aman (Khas Cianjur). Terlihat dari spanduknya, warung makan ini menawarkan sate maranggi, sop iga, dan soto Bogor. Karena tertarik dengan daftar menunya, kamipun mampir di jam makan siang.

Di depan warung makan terlihat seorang pegawai sibuk mengipas sate, sementara tak jauh di sebelahnya pegawai lain asyik meracik sop iga dan soto Bogor pesanan pengunjung. Jejeran bangku kayu sederhana dan meja bertaplak kotak-kotak disediakan sebagai tempat bersantap di sini.



Sate maranggi rupanya dijual per tusuk bukan per porsi. Harga satu tusuk sate maranggi campur daging dan lemak ialah Rp 3.000, sedangkan sate maranggi daging Rp 3.500. Kami memesan 5 tusuk sate maranggi campur (Rp 15.000), sop iga (Rp 25.000), dan soto Bogor (Rp 15.000).

Sate maranggi disajikan di atas piring putih mungil dengan pelengkap saus oncom. Potongan dagingnya lumayan besar dengan beberapa sisian terlihat gosong karena proses pembakaran. Aroma khas sate membuat kami makin tak sabar mencicipnya.

Hmmm.. tekstur daging terasa empuk di mulut dengan jejak rasa manis rempah yang kuat. Tercecap rasa ketumbar dan gula merah yang menjadi bumbu utama sate maranggi. Sementara potongan lemaknya kenyal juicy sehingga memberi sensasi unik ketika lumer di mulut.

Saat kami berkunjung kebetulan sang pemilik warung sedang ada di tempat. Ia menjelaskan bahwa sate maranggi yang dijual adalah versi Cianjur. “Selama ini orang mengenal sate maranggi dari Cianjur atau Purwakarta. Namun yang saya buat ini versi Cianjur. Daging sapi direndam dengan bumbu selama minimal 6 jam hingga empuk, bukan diungkep seperti versi Purwakarta,” tutur H. Aman.

Ia menambahkan, “Makan sate maranggi enaknya pakai ketan bakar dan sambal oncom. Itu udah khas dari sana.”

Sambal oncom yang dimaksud sang pemilik segera kami coba. Warna sambal ini kuning cerah dengan irisan cabai dan jejak minyak masih terlihat. Sambal oncom dibuat dari oncom kuning yang ditumis bersama cabai rawit merah, salam, sereh, dan laos.

Aroma pedas menggelitik hidung kami. Ketika dicicip, pedasnya sambal lumayan 'nyetrum' di lidah. Ada jejak rasa gurih enak dari sambal ini. Membuatnya pas menjadi pendamping sate maranggi yang empuk manis. Sayang ketan bakar yang diceritakan H. Aman sedang habis ketika kami berkunjung.



Puas dengan sate maranggi, kami beralih pada semangkuk sop iga. Wangi rempah begitu tercium ketika sop diantar ke meja. Terlihat tiga potong iga ukuran besar 'berendam' dalam kuah bening sop. Ada wortel, seledri, daun bawang, dan tomat sebagai pelengkap.

Rasa cengkeh dan pala dalam kuah sop begitu terasa ketika disesap. Cocok untuk menghangatkan perut saat makan siang. Dagingnya pun empuk karena proses perebusan yang lama. Sementara itu, potongan wortel yang renyah manis melengkapi kenikmatan sop.

Soto Bogor tak ketinggalan kami cicip. Disajikan mengepul hangat dalam mangkuk putih. Kami memilih daging, kikil, usus, dan babat sapi sebagai isian soto. Ciri khas soto Bogor yang berwarna kuning terlihat dalam soto ini.

Kami menyukai kuah soto yang tidak terlalu pekat meski dibuat menggunakan santan. Rasa gurihnya ringan dengan selipan daging dan jeroan sapi yang empuk. Nyam! Makin enak disantap dengan nasi hangat.

Untuk pilihan minuman, warung makan ini sediakan es teh manis (Rp 3.000), teh manis hangat, dan kopi susu.

H. Aman menuturkan dalam sehari ia bisa menghabiskan 3 kg daging untuk sate maranggi dan 2 kg iga. Daging yang digunakan adalah has dalam dan sandung lamur yang empuk. Meski baru 3 bulan dibuka, warung ini ramai dikunjungi pembeli terutama saat makan siang.

Nah tunggu apalagi, yuk mampir!
Warung Makan Maranggi H. Aman (Khas Cianjur)
Jl. Wijaya Kusuma 5 No. 203 (Seberang BCA Nusantara)
Buka mulai: 09.00 pagi – 10 malam
Depok
Telepon: 081282176898

(lus/odi)