Rica Rica Karang Tengah: Sedap Menyengat Tude Bakar Rica dan Ayam Goreng Siram Dabu Dabu

Maya Safira - detikFood Kamis, 27 Agu 2015 12:58 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Jika ingin menikmati hidangan Manado sedap yang komplit, mampir saja ke tempat ini. Ada paket nasi Tude lengkap dengan bakwan jagung dan garo bunga pepaya. Sedap mengenyangkan.

Di daerah Karang Tengah, Lebak Bulus ada rumah makan Manado yang sudah cukup lama berdiri. Letak restoran 'Rica Rica Karang Tengah' persis di tepi jalan yang ramai.

Tempat ini memiliki suasana yang cukup nyaman karena ada banyak tanaman dan pepohonan di sekitar restoran. Terasa nuansa kebun yang sejuk dengan semilir angin saat duduk di dalamnya.

Interiornya sendiri didominasi kayu berwarna cokelat tua yang menguatkan suasana alam. Senada juga dengan warna meja dan bangku restoran.

Melihat daftar menunya, beragam makanan khas Manado tersedia. Ada ikan bakar rica, ikan kuah asam, ayam garo, ayam woku, bubur tinutuan, brenebon cakalang, mie cakalang dan lainnya. Di sini juga tersedia nasi paket.

Karena ingin makan komplet, kami pun memesan Nasi Paket Tude (Rp 35.000). Hidangan ini berisi lauk ikan tude bakar rica, cah kangkung dan perkedel jagung. Namun kami meminta cah kangkung diganti dengan garo bunga paya.

Saat tiba di meja, tampak nasi dikelilingi satu ekor ikan tude bakar, tumis bunga paya dan perkedel jagung yang tampak menggiurkan. Pelengkap sambal rica disajikan terpisah, sesuai permintaan kami.

Ikan bakar wangi ini memiliki citarasa gurih dengan daging lembut. Meski hanya berbumbu garam terasa sampai ke daging ikan. Sedangkan sambal rica kemerahan punya rasa pedas menyengat.

Garo bunga pepaya cocok bagi penyuka sayuran pahit. Teksturnya renyah berpadu dengan sedikit jejak pahit dari sayuran. Terdapat pula rasa cabai, bawang dan daun jeruk dalam sayuran ini.

Kami paling menyukai perkedel jagung buatan Rica Rica Karang Tengah. Ukurannya cukup besar dengan tekstur sangat renyah. Pipilan jagungnya pun terasa manis. Dimakan begitu saja juga sudah enak.

Secara keseluruhan, Nasi Paket Tude cukup sesuai dengan selera kami. Porsinya juga mengenyangkan.

Kami juga sempat mencoba Ayam Goreng Siram Dabu Dabu (Rp 24.000). Saat disajikan, sepotong paha ayam disiram dengan sambal dabu-dabu. Aroma segar pedas dabu-dabu cukup menggelitik hidung.

Ketika dicicip, ayam gorengnya memiliki permukaan garing dengan daging yang lembut. Namun bagian yang ditutupi dabu-dabu jadi lebih lembab. Rasa bumbunya begitu gurih hingga ke serat daging.

Ayam goreng semakin enak disuap dengan sambal dabu-dabu pedas. Rasa campuran rasa tomat, cabai rawit, bawang merah dan jeruk nipis benar-benar bermain di mulut. Gerusan cabai rawit dalam sambalnya tak terasa membuat kami mengucurkan keringat.

Untuk menetralisir rasa pedas, Anda bisa mencoba aneka kue khas Manado di sini. Seperti Klaapertart Kecil (Rp 15.000) berisi cincangan kacang kenari, kismis dan bubuk kayu manis. Klaapertart berisi kelapa muda ini punya rasa manis yang pas. Teksturnya lembut creamy dengan cecapan rasa rum. Nikmat disantap dingin-dingin.

Selain makan di tempat, Rica Rica Karang Tengah menerima pesanan nasi kotak, katering dan delivery. Yuk coba!

Rica Rica Karang Tengah
Jl. Karang Tengah Raya No. 7
Lebak Bulus
Jakarta Selatan
Telp: 021-7655771, 021-92322685

(msa/odi)