D Chicken Rice: Chicken Rice Pulen Berlauk Ayam Combrang yang Pedas Semerbak

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Jumat, 31 Jul 2015 15:11 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Kalau sedang lapar berat rasanya nasi plus lauk jadi santapan paling nyaman. Sekali ini nasi pulen berbumbu dengan lauk ayam yang ditumis dengan kecombrang. Wah, sedapnya!

Mampir di Food Court D' Hara 24 pilihan ternyata banyak. Dari makanan berat hingga ringan. Food court di kawasan Salihara ini juga tak pernah sepi. Apalagi jika banyak kegiatan seni atau pameran di kawasan ini.

Tertarik menu ayam, kami mampir ke D'Chicken Rice. Di gerai sederhana ini, ada menu Chicken Rice, Ayam Rujak, Ayam Lada Hitam, Ayam Combrang, Ayam Chili Api, Tom Yum Ayam, hingga Roti Bakar.

Kami pun memesan seporsi Chicken Rice (Rp 20.000) dan seporsi Ayam Combrang (20.000). Chicken Rice mengingatkan kami akan nasi ayam hainan.

Hanya saja ayamnya dipotong kecil-kecil dengan kulit tipis yang merekah kering. Ayam combrang kami pun tak kalah menggiurkan. Aroma combrang yang asam harum terhirup semerbak!

Chicken Rice nya berwarna cokleat muda demgan aroma rempah yang wangi. Irisan daging ayamnya empuk juicy. Apalagi ada irisan mentimun, daun selada dan tomat yang segar.

Wah, rasa Nasinya pulen dan gurih. Ayam tumisnya dilengkapi dengan irisan kecil jahe, cabe merah dan daun bawang melengkapi kelezatannya.

Rupanya ayamnya dimasak bersama bumbu bawang hingga terasa empuk meresap.Di atasnya pun ditaburi irisan jahe tipis-tipis sehingga ada tekstur renyah di mulut dan sedikit pedas.

Di bagian tengah tumisan ayam ini ada tauge yang tak terlalu terlihat. Taugenya renyah dan gurih pula karena berendam saus.

Ayam Combrang kami juga tak kalah menggoda. Potongan dagingnya juga kecil-kecil dengan bumbu yang sudah meresap. Bumbu yang meresap sempurna itu kelihatan dari kulitnya yang basah.

Sausnya agak kental, dengan butiran cabai yang berwarna hitam. Bunga kecombrang atau honje atau rias merupakan rempah rimpang yang banyak dipakai di Jawa Barat dan Sumatra. Rasa asam segar mirip lemon dan serai jadi ciri khasnya. Kali ini terasa sangat kuat dalam masakan ayam ini. Apalagi kecombrangnya digerus halus dan dipadu dengan cabai kering.

Olahan ayam dengan bumbu gaya Sumatra ini makin enak dimakan dengan nasi putih. Bumbunya gurih pekat dan pedas plus wangi kecombrang yang segar. Porsi yang disajikan cukup untuk satu orang dan harganya tidak terlalu mahal. Semua menu olahan ayam hanya sekitar Rp 20.000 kecuali seafood. Kalau sedang ada di kawasan Salihara boleh mampir mengisi perut di sini!





D' Chicken Rice

(D' Hara 24 Food Court)

Jalan Salihara No. 16

Buka: 11.00 - 22.00

(tan/odi)