Eatalia: Uniknya Spaghetti Lada Hitam dan Pizza Sambal Matah dengan Rasa Indonesia

Maya Safira - detikFood Jumat, 29 Mei 2015 12:55 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Tempat ini terkenal dengan sajian Italia otentik. Namun Anda juga bisa menikmati hidangan Italia yang diberi pengaruh Indonesia. Seperti spaghetti lada hitam yang gurih dan pizza sambal matah pedas. Nyam!

Mampir ke Cilandak Town Square, kami menemukan Eatalia yang menyempil diantara deretan restoran lantai 1. Tempatnya cukup kecil, namun suasana intim terasa kuat di restoran Italia ini.

Eatalia menawarkan konsep mini fine dining karena kapasitasnya hanya 36 bangku. Interiornya sendiri bernuansa klasik mirip dengan restoran di Italia.

Dinding berwarna kuning melengkapi suasana temaram. Tampak gambar besar artis Italia di salah satu sisi restoran. Sentuhan feminim terlihat dari pemasangan bunga mawar merah dan putih di bagian langit restoran. Bantal bersarung motif bunga juga menghiasi sofa.

Untuk menu Eatalia, tak jauh dari kebanyakan restoran Italia lainnya. Ada Insalata Caprese, Caesar Salad, Spaghetti Aglio Olio E Peperoncino, Ravioli Di Pollo, Pizza Eatalian, dan Calzone Al Bolognesse yang jadi favorit.

Disebut-sebut Eatalia memiliki citarasa otentik. Dapat dilihat juga dari kehadiran banyak ekspatriat di restoran ini. Meski begitu, Eatalia tidak memakai daging babi dalam menunya. Bacon pun diganti dengan beef bacon.

Sebagai pembuka, kami mencicipi Insalata Caprese (Rp 69.000). Salad ini hanya terdiri dari irisan tomat yang diberi mozzarella segar warna putih. Tampak campuran daun selada dan serutan tipis wortel menumpuk di bagian tengah mozzarella. Siraman vinaigrette, minyak zaitun, basil, bubuk lada hitam, dan rock salt melengkapi sajian ini.

Saat dicicipi, salad bercitarasa segar dengan jejak asam dari vinaigrette dan sapuan minyak zaitun. Tomatnya terasa renyah, berpadu sempurna dengan mozzarella yang empuk beraroma susu.

Karena ingin menarik lebih banyak pengunjung Indonesia, Eatalia punya menu yang sesuai lidah Indonesia. Kami pun mencoba Spaghetti Lada Hitam (Rp 75.000) buatan restoran ini. Spaghetti diberi potongan daging, irisan cabai merah kering, bawang bombay dan paprika hijau. Saus kecokelatan dengan lada hitam kasar terlihat di permukaan spaghetti.

Saus lada hitam yang sedikit berminyak ini memiliki sentakan pedas dari cabai dan lada hitam. Namun sentuhan manis masih tercecap karena pemakaian saus tomat dan saus tiram.

Spaghetti dimasak al dente sehingga teksturnya agak sedikit keras. Daging tenderloin pada spaghetti terasa empuk saat dikunyah. Spaghetti bersaus lada hitam ini memang cocok untuk orang Indonesia.

Kreasi lainnya yang kami coba adalah Pizza Sambal Matah (Rp 79.000). Tentu paduan sambal khas Bali membuat kami penasaran dengan pizzanya.

Tersaji panas dengan 8 potongan, pizza tipis berpinggiran renyah ini tampak seperti umumnya pizza. Di permukaannya terlihat lelehan keju, irisan black olive dan irisan cabai hijau. Garnish daun selada melengkapi bagian tengah pizza.

Ternyata saat digigit, barulah terasa sambal matahnya. Pizza diberi campuran saus tomat dan sambal matah. Secara keseluruhan rasanya pedas lezat. Ada sengatan cabai rawit pada saus pizza.

Terasa juga paduan serai, kerenyahan bawang merah, dan bawang putih. Tambahan paprika panggang dan ikan tuna membuat pizza makin enak. Wah, kami jadi tak bisa berhenti menyantapnya!

Pannacota (Rp 49.000) kami jadikan penutup santap siang. Lembut creamy pannacota terasa bermain di lidah. Saus raspberry manis segar dengan campuran strawberry, jadi penyeimbang pannacota. Enak!

Bagi yang suka minuman soda, Eatalia juga menyediakan Italian Soda dengan pilihan melon atau strawberry. Selain itu ada pula Italian Cream Soda yang tak kalah segar. Tertarik mencoba? Mampir saja ke Eatalia.

Eatalia
Cilandak Town Square Lt. 1
Jl. TB Simatupang
Cilandak
Jakarta Selatan
Telp: 021-75920256

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com