Samudra Pasee: Pedas Berempah Mie Goreng Seafood Khas Aceh

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 13 Mei 2015 11:27 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Menyantap seporsi mie Aceh goreng pasti bikin keringat bercucuran. Apalagi porsinya yang royal diracik dengan bumbu kari pedas plus seafood ​yang gurih​. Jangan lupa, akhiri dengan seruputan jus terong belanda yang asam segar. S​edap​!

Sajian mie asal ​s​erambi Mekah, kini sudah sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Di Jakarta dan Tangerang juga sudah banyak sekali rumah makan yang menyajikan mie Aceh. Salah satunya adalah Samudra Pasee di Daerah Gintung, Tangerang Selatan.

Dengan kapasitas sekitar 30 kursi, rumah makan ini di dominasi dengan meja dan kursi kayu. Rumah makan ini memang terlihat ramai saat kami kunjungi. Ada yang menyantap sajian mie serta nasi goreng di tempat, tapi banyak pula yang menunggu untuk dibungkus.

Melihat deretan menunya, rumah makan ini menyajikan beragam aneka mie, nasi goreng hingga roti cane. Untuk mienya juga beragam, ada mie tumis, mie rebus, mie goreng dan mie goreng basah. Ternyata ini menunjukkan empat tingkat 'banyaknya kuah' yang Anda inginkan dalam sajian mie Aceh.

Di bagian depan, terdapat tiga karyawan yang sedang meracik pesanan mie hingga roti cane. Hmm, aroma rempahnya tercium hangat dan membuat perut semakin lapar!

Sambil menunggu mie dan nasi gorengnya jadi, kami mencicip kue timpan dan pulut panggang khas Aceh. Kedua kue ini dibalut dengan daun pisang​ muda. ​​T​Sedangkan kue pulut panggangnya terasa lembut gurih dengan aroma ketan dengan rasa manis yang ringan.

​S​eporsi mie goreng seafood (Rp 28.000) men​guarkan aroma gurih enak karena disajikan panas mengepul​. Tampak mie Hokkian berwarna kuning tebal yang diselimuti dengan bumbu halus berwarna agak cokelat.​ ​Mie goreng ditambahkan dengan bumbu kari yang ​tak terlalu pekat. Rasanya gurih pedas dengan selingan kenyal tekstur mie. ​

​Di dalam mie ini a​da potongan cumi, udang dan daging sapi yang empuk. Untuk menyeimbangkan rasa, bumbu karinya ditambahkan dengan potongan tomat dan disajikan lengkap dengan irisan kol dan emping ​goreng​.

Kami juga memesan nasi goreng udang (Rp 17.000). Aroma gurih rempahnya tercium harum​.​Berwarna cokelat, tercampur rata dengan setiap buliran nasi yang agak pulen.

Nasi gorengnya dipadukan dengan udang dan ditambah dengan telur dadar ​berisi​ irisan daun bawang. Rasanya mantap dengan semburat r​empah ​dan kemiri yang ​gurih enak​. ​Disuap dengan potongan​ ​men​timun dan emping​ yang renyah, rasanya jadi segar.​

Santap siang kali ini semakin mantap dengan menikmati jus terong belanda berwarna ungu muda (7.000). ​Rasanya ​segar dengan aksen asam dan manis​ yang enak​. Cocok untuk membilas rasa ​gurih​ dari mie goreng dan nasi goreng kaya rempah. ​Selain hangat rempahnya terasa juga mengenyangkan​​.​

Samudra Pasee
Jl. Pahlawan No. 93
Gintung, Ciputat
Telp: 0853 1083 0934
Buka: 11.00 - 24.00 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com