Dapur Nyai: Gurih Wangi Sate Maranggi Dinikmati Bersama Milkshake Susu Kambing

Maya Safira - detikFood Kamis, 07 Mei 2015 11:40 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Jika ingin menyantap sate maranggi, mampir saja ke restoran ini. Selain sate maranggi yang gurih berempah, di sini juga ada soto tangkar. Pendampingnya berupa milkshake susu kambing yang segar.

Persis di seberang Cinere Bellevue ada restoran gaya rumahan yang sering kami lewati. Tampak spanduk dengan nama menu-menu favorit di bagian depan 'Resto Dapur Nyai'. ​Diantaranya​ sate maranggi dan susu kambing. Kami pun penasaran untuk mencobanya.

Masuk ke dalam restoran, kami disambut suasana rumah​ yang nyaman​. Terlihat tempat ini memang rumah yang diubah jadi restoran. Interiornya pun tampak sederhana. Meja dan kursi kayu berpelitur cokelat tua memenuhi ruangan. Karena berlokasi tepat di pinggir jalan, terdengar suara lalu lalang kendaraan dari dalam restoran.

Ada beragam menu disajikan restoran ini. Seperti gurame mercon, mie rebus Jawa, sop iga sapi, nasi goreng kambing, ayam kremes, udang pancet telor asin dan lainnya. Kami pun memesan Sate Maranggi (Rp 30.000) dan Soto Tangkar Nyai (Rp 30.000).

Sebanyak tujuh tusuk sate maranggi tersaji di meja kami. Sate khas Jawa Barat ini diberi taburan bawang goreng. Tak ada saus pendamping untuk menyantapnya. Sebab sate maranggi sudah direndam bumbu sebelum proses pembakaran.

Aroma ​wangi bakaran membuat kami tak sabar mencicipinya. Sate berbumbu agak kecokelatan ini terdiri dari tiga potong daging dan selipan lemak dalam satu tusuknya. Tekstur daging lumayan empuk dengan bumbu cukup berempah. Ada jejak ketumbar, kecap manis dan gula merah. Rasanya paduan manis dan gurih. Beberapa serabut kasar yang berasal dari lengkuas terasa melapisi daging.

Menurut kami, bagian lemaknya menjadi juara sate maranggi. Teksturnya kenyal namun begitu juicy dan 'meledak' di mulut. Sate ini makin nikmat disantap dengan nasi hangat. Mantap!

Soto tangkar racikan Dapur Nyai jadi menu kami selanjutnya. Soto berkuah kuning terang ini tampak berminyak. Di dalamnya ada irisan daun bawang, kacang panjang, tomat, kentang goreng, bawang goreng dan potongan daging kotak-kotak. Soto tangkar disajikan bersama irisan jeruk nipis dan kecap manis.

Daging dalam soto sendiri cukup empuk dan jumlahnya royal. Ketika kuahnya dicoba, soto terasa gurih santan. Terdapat juga citarasa cabai merah, bawang putih, merica, dan kunyit. Karena sedikit asin, soto cocok dimakan bersama nasi. Tambahan perasan jeruk nipis membuat kuah lebih segar.

Sebagai pembilas lidah, kami memesan milkshake dari susu kambing. Ada pilihan rasa vanilla, strawberry, lychee, coklat dan melon. Kami pun mencoba Milkshake Lychee (Rp 18.000). Warnanya putih susu dengan dominasi rasa leci. Sepertinya susu dicampur dengan sirup leci.

Minuman unik ini terasa creamy dan menyegarkan. Saat diminum tak tercecap adanya aroma khas susu kambing. Namun after taste susu kambing agak sedikit muncul setelah meneguknya.

Jika tak sempat mampir, Dapur Nyai menyediakan layanan pesan antar untuk wilayah sekitar. Resto ini juga menerima pemesanan kambing guling. Yuk coba!

Resto Dapur Nyai
Jl. Merawan No. 14
(seberang Cinere Bellevue)
Cinere
Depok
Delivery: 021-94779090, 7537250
Jam Buka: 10.00 - 21.00

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com