Sen Ju Ramen: Sedapnya Gyoza Ramen dan Okonomiyaki yang Renyah Gurih

Maya Safira - detikFood Kamis, 12 Mar 2015 11:40 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Sedang bosan makan nasi? Coba saja ramen gurih hangat di tempat ini untuk santap siang. Ramennya komplit dengan pelengkap gyoza. Selain itu, ada juga okonomiyaki lembut gurih bertopping mayonnaise. Itadakimasu!

Sedang berada di Mal Pejaten Village, kami mencari tempat makan yang menyajikan menu berkuah. Akhirnya pilihan pun jatuh pada 'Sen Ju Ramen' yang sudah berdiri sejak tahun 2010. Ramen dengan kuah hangat nampaknya mampu mengatasi udara dingin selepas hujan.

Sampai di depan restoran, terasa suasana khas Jepang. Tepat di bawah tulisan Sen Ju Ramen, terdapat display makanan Jepang yang disajikan pada etalase berlapis kaca. Bagian pintu masuk juga dihiasi berbagai dekorasi kain bertuliskan huruf Jepang.

Masuk ke dalam, semakin kental nuansa Jepang. Baik dinding, bentuk lampu hingga tempat duduk lesehan gaya Jepang. Ada juga sekat-sekat pembatas antar meja. Lampu kuning temaram menambah kenyamanan restoran ini.

Sambil mendengarkan lagu Jepang yang sedang diputar, pramusaji menyodorkan kami daftar menu. Pilihannya tak jauh berbeda dari restoran Jepang kebanyakan. Ada sushi, ramen, soba, udon, bento, donburi, wagyu beef sumibi-yaki, omurice, chicken katsu dan lainnya. Kami pun memesan Gyoza Ramen (Rp 46.000) dan Okonomiyaki (Rp 32.000) yang jadi favorit.

Okonomiyaki datang lebih dulu ke meja kami. Uniknya, okonomiyaki disajikan panas dalam hot plate berukuran tak terlalu besar. Tampak katsuoboshi menari-nari di​ ​atas okonomiyaki. Selain katsuoboshi, permukaan okonomiyaki dipenuhi mayonnaise dan saus okonomiyaki berwarna cokelat pekat. Hmm.. ​gurih wangi menggelitik hidung!​

​Ada ​delapan irisan okonomiyaki yang menyerupai pizza. Ketika di​gigit,​ okonomiyaki tak begitu tebal. Cukup tipis bila dibanding umumnya okonomiyaki. Namun adonannya terasa gurih lembut agak basah di bagian tengah. Sedangkan bagian pinggir dan permukaan bawah teksturnya cenderung lebih garing.

Dalam adonan okonomiyaki ​ada​ irisan daun bawang, wortel, dan bawang merah. Meski bumbu okonomiyaki sudah terasa pas, tambahan mayonnaise dan sausnya yang khas membuat okonomiyaki lebih nikmat disantap. Tanpa sadar kami terus mengambil okonomiyaki dari hot plate.

Gyoza Ramen disajikan mengepul panas. Dalam mangkuk besar, ramen dilengkapi dengan tiga irisan crab stick, setengah potong telur rebus, dan irisan daun bawang. Mie ramen berwarna kuning pucat tampak tenggelam dalam kuah putih keruh. Sajian ramen ini didampingi empat potong gyoza dan salad sayuran.

Kuah ramen terasa gurih segar dan tidak pedas saat dihirup. Kami mencecap rasa dashi yang cukup kuat dalam kuah ini. Agar terasa lebih nikmat, kami menambah bubuk cabai yang tersedia di atas meja. Rasanya pun jadi lebih sesuai untuk lidah kami.

Mie ramennya sendiri terasa lentur dengan kematangan yang pas saat di​kunyah.​ Saat dipadukan dengan kuah ramen, kombinasinya terasa​ gurih​ enak.

Gyoza berwarna putih dengan kedua sisi kecokelatan bekas panggangan, kulit​nya tipis​ dan lembut. Isian ayam cincang yang padat terasa gurih​.​ Ada jejak bawang putih kuat dan jahe dalam isian gyoza ini. Rasanya yang enak, membuat gyoza habis tak berbekas.

Sebagai pembasuh mulut, segelas ocha hangat cocok untuk melawan cuaca dingin. Namun jika ingin minuman segar, ada pilihan Matcha Milk Shake, Ogura Milk Shake atau Ogura Kakigori. Yuk mampir!

Sen Ju Ramen
Mal Pejaten Village Lt.1
Jl. Warung Jati Barat No. 39
Pasar Minggu
Jakarta Selatan
Telp: 021-7813113
Jam buka: 10.00 - 22.00

(msa/odi)