Nancy's Place Cafe: Gurih Pedas Nasi Goreng Cakalang dan Ayam Woku Balanga

Maya Safira - detikFood Jumat, 27 Feb 2015 12:02 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Kangen dengan sajian Manado? Mampir saja ke restoran ini. ​Rasa pedas menggigit hidangan dari Sulawesi Utara ini bisa memberi semangat. ​Ada nasi goreng cakalang gurih sedap dan ayam woku pedas ​segar.​

Terjebak kemacetan siang hari di jalan Ampera, membuat perut lapar. Tak sengaja, kami melihat restoran masakan manado dengan tampilan membuat penasaran. Hanya spanduk kecil putih bertuliskan "Nancy's Place Cafe" menjadi petunjuk restoran.

Di depan pintu masuknya terdapat ukiran kayu tradisional. Kaca-kaca kehitaman tampak memenuhi bagian depan restoran. Masuk ke dalam, kami disambut dengan suara nyanyian live music dari pojok ruangan yang memainkan lagu nostalgia.

Restoran dengan dua lantai ini berukuran luas dan didominasi warna cokelat tua. Kami memilih duduk di bagian belakang yang menghadap taman penuh pohon, bunga dan rambatan daun. Terlihat juga patung kecil dan kolam dari tempat duduk outdoor tersebut. Rasanya begitu menyatu dengan alam. Semilir angin dan rintik hujan yang mulai turun membuat suasana makin sejuk.

Ada beragam menu khas Manado di restoran ini. Seperti olahan ikan kakap, bawal, mujair, dan tude yang bisa dibakar rica, bbq, goreng, kuah asam hingga woku. Cakalang rica suwir, cakalang fufu goreng, sayur bunga pepaya, mie goreng cakalang, dan bubur Manado juga bisa ditemui di sini.

Awalnya kami ingin mencoba cakalang rica suwir. Namun karena sedang kosong, akhirnya kami memilih nasi goreng cakalang (Rp 40.000) dan ayam woku (Rp 50.000). Untuk camilan, kami memesan bakwan jagung (Rp 7.500 per potong).

Sambil menunggu sajian utama, kami mencicipi dulu sepotong bakwan jagung. Ukuran bakwan jagung cukup besar seperti kebanyakan bakwan jagung di rumah makan Manado. Terlihat pipilan jagung menyembul dari gorengan tepung bewarna cokelat keemasan. Ketika digigit, bakwannya terasa garing renyah. Rasa bakwan gurih sedikit manis. Pipilan jagung pun manis saat dicoba tanpa tepung.

Ketika nasi goreng cakalang tiba di meja, tercium aroma ikan cakalang asap yang​ gurih​ kuat. Nasi goreng berwarna cokelat muda yang disajikan panas ini porsinya cukup besar. Tampak cincangan daun bawang, telur orak arik, irisan cabai, dan potongan cakalang melekat bersama nasi. Ada taburan bawang goreng royal juga sebagai toppingnya.

​Tekstur​ nasinya agak pera. Rasa nasi gorengnya sendiri begitu gurih dengan jejak pedas. Apalagi jika tergigit irisan cabai. Tercecap juga rasa bawang putih, kemiri dan sedikit kecap dalam nasi goreng ini.

Adapun cakalangnya sangat terasa karena potongannya lumayan besar. Aroma ikan asap tersebut benar-benar menambah selera untuk segera menghabiskannya.

​Demikian juga dengan ​ayam woku. Terdapat potongan ayam woku berwarna cokelat pekat kekuningan dalam piring berukuran sedang. Di bagian bawah ayam, tampak genangan minyak dari sisa bumbu.

Selain bumbu, ada juga gerusan cabai, daun pandan, daun kemangi, daun kunyit dan daun melinjo menempel pada ayam. ​Daging ayam​ terasa pedas menyengat, gurih dan sangat berempah. Jejak rasa daun kemangi, kunyit, sereh, cabai, dan kemiri tercecap di lidah. Tekstur ayamnya pun empuk dan mudah dipotong.

Bila ingin mendinginkan tenggorokan, Anda bisa mencoba es campur, es kacang merah susu, es kacang durian, atau es kelapa bakar racikan Nancy's Place. Tempat ini juga menyediakan sambal roa dan abon roa kemasan. Kue dan roti khas Manado pun dapat dicicipi di sini.

Nancy's Place Cafe
Jl. Ampera Raya No. 4
Cilandak
Jakarta Selatan
Telp: 021-78842916
Jam Buka: 08.00 - 20.00

(msa/odi)