Kedai Aer Mantjoer: Menikmati Gurihnya Spaghetti Panggang yang Meletup-letup

Fitria Rahmadianti - detikFood Kamis, 15 Jan 2015 12:07 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Sambil menikmati embusan angin sejuk Bogor di restoran bergaya rumah megah ini, Anda bisa mencicipi sepiring spaghetti panggang yang tersaji panas. Atau, coba kelembutan chicken steak yang disajikan meletup-letup di hotplate. Nikmatnya...

Tak begitu jauh dari Bundaran Air Mancur Bogor, ada sebuah rumah besar di pinggir jalan bertuliskan 'Pandapa Paramarta' di bagian depannya. Tampaknya bangunan bercat putih ini digunakan sebagai tempat praktik dokter sekaligus restoran 'Kedai Aer Mantjoer, Steak Kayu Bakar'.

Setelah melewati beranda, tampak bagian dalam restoran yang lega dan terbagi ke dalam beberapa ruangan. Di sini ada tempat menjual aneka aksesoris etnik serta ruang bermain anak lengkap dengan perosotan mini dan kuda-kudaan.

Kalau mau menikmati aroma tanah basah di Kota Hujan, Anda bisa memilih bersantap di teras belakang yang semi terbuka dan dikelilingi taman. Dapur restoran serta sedikit halaman parkir juga ada di belakang rumah.

Spaghetti panggang dan steak kayu bakar jadi unggulan Kedai Aer Mantjoer. Salah satu pilihannya adalah Spaghetti Panggang Carbonara Smoked Beef (Rp 44.000). Karena baru keluar dari oven, tak boleh terburu-buru menyantapnya karena lidah Anda bisa terbakar.

Pemandangan di depan kami memang menggoda. Mozzarella leleh yang masih meletup-letup menyelimuti empat iris daging sapi asap yang diletakkan di atas spaghetti carbonara. Aroma gurih keju yang pekat seakan berusaha menggoyahkan kesabaran kami untuk menunggu pasta sampai menghangat terlebih dulu.

Setelah beberapa saat, tak sabar kami menancapkan garpu menembus lapisan keju, daging, dan pasta untuk mengambil ketiganya sekaligus. Hmm... Gurih pekat langsung memenuhi mulut pada suapan pertama. Nikmatnya!

Sesekali kami mendapati potongan jamur kancing saat mengunyah spaghetti. Tampaknya hidangan ini juga menggunakan mentega karena ada minyak kuning di atas pasta. Di sela suapan, kami mencemili kerak keju renyah yang menempel di pinggir piring.​ Krenyes gurih!​

Di kategori steak kayu bakar, kami memesan Chicken Steak (Rp 60.000). Dua potong daging ayam dituangi brown sauce yang langsung meletup-letup terkena hotplate. Uap panasnya menerbangkan aroma gurih kaldu.

Setelah saus kentalnya tak lagi bergejolak, kami mengiris daging ayam dengan bantuan pisau dan garpu. Dagingnya lembut seperti dari paha ayam. Namun kuahnya terlalu asin, begitu pula dengan potongan tebal kentang yang menjadi pelengkapnya.

Brokoli dan wortelnyapun sepertinya direbus terlalu lama sehingga menjadi lem​bek​, tak renyah lagi. Tak terasa perbedaan antara memasak daging dengan kayu bakar dan dengan cara konvensional.

Terlanjur merasa nyaman di teras belakang 'rumah' ini, kami memesan samosa keju (Rp 13.000/3 potong) sebagai camilan sambil mendengarkan irama rintik hujan. Kulitnya yang digoreng sampai berwarna keemasan terasa garing. Di dalamnya terdapat keju parut dan sedikit bawang bombai tumis yang memberikan rasa gurih. Enak dimakan begitu saja atau dicocolkan ke saus sambal.

Restoran ini cocok dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau untuk arisan. Tempat parkirnya berada di depan dan belakang bangunan. Yuk mampir!


Kedai Aer Mantjoer
Jl. RE Martadinata No. 8 (daerah Air Mancur)
Bogor
Telepon: 0251-8323260
Jam buka: setiap hari, 08:00-21:30

(fit/odi)
Menu Ke-11 : Sup Ikan dan Bola Daging Bisa Jadi Pilihan Menyegarkan

Menu Ke-11 : Sup Ikan dan Bola Daging Bisa Jadi Pilihan Menyegarkan