Donburi Ichiya: Itadakimasu! Rice Bowl Enak di Restoran a la Yatai

- detikFood Jumat, 19 Des 2014 10:59 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta -

Banyak orang merasa tak puas kalau belum makan. Namun kalau bosan dengan lauk tradisional sebagai pelengkap makan nasi, coba saja donburi alias rice bowl a la Jepang. Sama-sama kenyang dan puas!

Di Lippo Mall Puri ada sebuah restoran Jepang yang tampak selalu ramai. Namanya Donburi Ichiya, yang dalam Bahasa Jepang berarti 'overnight rice bowl'. Tampaknya, restoran ini ingin menyajikan rice bowl dengan cita rasa meresap seperti hidangan yang sudah didiamkan semalaman.

Saat datang, langsung saja antre sambil melihat daftar menu. Anda bisa berkreasi dengan mengombinasikan satu dari empat pilihan rice bowl base dengan enam jenis saus serta lima macam topping. Porsinya juga bisa disesuaikan dengan selera: 'mini' untuk ukuran kecil atau 'reguler' untuk mangkuk yang lebih besar.

Kalau malas memilih, Anda bisa memesan satu dari delapan kombinasi yang disarankan. Kamipun mencoba Garlic Butter Yakitori ukuran reguler (Rp 36.364) serta Ontama Aburi Salmon ukuran mini (Rp 47.273).

Sang juru masak langsung membuatkan pesanan kami. Ia mengisikan nasi ke mangkuk besar dan kecil, lalu menambahkan potongan daging ayam dan daging salmon cincang ke masing-masing mangkuk. Keduanya lalu dibakar dengan blow torch untuk memberi aksen renyah di permukaan.

Pada mangkuk ayam, sedikit garlic butter serta saus teriyaki, topping irisan daun bawang iris. Berbeda dengan mangkuk salmon yang dituangi saus teriyaki serta poached egg setengah matang. Rice bowl salmon diberi satu jenis saus gratis. Kami memilih spicy mayo yang gurih namun tak pedas.

Setelah jadi, mangkuk diberikan kepada kami untuk dibawa dengan nampan ke kasir. Kamipun melewati deretan gorengan yang bisa diambil dengan biaya ekstra. Ada ubi, ayam, udang, sosis, sampai salmon.

Dekat kasir ada sebuah dispenser ocha dingin, karena di sini ocha bisa diisi ulang dengan hanya membayar sekali (Rp 9.090). Kalau ingin mengisi ulang ocha panas, berikan saja gelas kosong Anda kepada kasir. Jangan lupa ambil sendok dan sumpit di sini. Kremesan tempura juga bisa diambil sesuka hati.

Kini saatnya makan! Tampak potongan daging ayam dengan jejak bakaran diletakkan di atas nasi putih pulen. Dagingnya yang lembut dan basah menunjukkan bahwa bagian yang digunakan adalah daging paha. Daging salmonnya yang berubah warna menjadi pucat juga terasa lembut di mulut.

Tampaknya daging ayam dan salmonnya sengaja tak diberikan bumbu karena akan dilengkapi saus. Sayang, saus teriyaki, garlic butter, maupun spicy mayo yang diberikan terlalu sedikit, sehingga tak cukup memberikan rasa pada daging maupun nasinya.

Untunglah pada Ontama Aburi Salmon ada poached egg yang mudah pecah, membuat putih dan kuning telurnya yang gurih lumer membasahi nasi. Kalau masih kurang, tambahkan saja saus tempura dan saus sambal yang tersedia di meja.

Bersantap di Donburi Ichiya serasa bersantap di yatai, kios makanan di pinggir jalan Jepang. Hal ini ditunjukkan dengan sistem pemesanannya yang tergolong cepat dan mandiri, dekorasi serupa atap, serta meja dan kursi yang diletakkan rapat-rapat. Dindingnya yang beraksen kayu ditempeli poster-poster Jepang, menguatkan kesan a la Negeri Matahari Terbit. Mau coba?

Donburi Ichiya
Lippo Mall Puri, The St. Moritz lantai LG (dekat Hypermart), Kembangan
Jakarta Barat
Telepon: 021-29111006

(lus/odi)