Sop dan Soto Betawi Ibu Yati : Sluurp, Gurih Hangat Sop Iga Racikan Ibu Yati

- detikFood Senin, 08 Des 2014 11:24 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Meski sederhana sop iga dan soto Betawi racikan ibu Yati dikenal sedap. Sop iga dengan lembutnya daging iga sapi berkuah bening segar. Semangkuk soto Betawi dengan aneka jerohan yang gurih serta kuah gurih. Nikmat disantap siang ini.

Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1991, akan tetapi sajian rasanya tetap tak berubah. Menu andalan warung makan ini adalah aneka sop bening dan soto Betawi dengan pilihan isian daging sapi, iga, lidah, kikil, tulang muda, babat, iso, jantung, limpa, ginjal, paru dan soto ayam.

Saat makan siang ataupun malam hari dipadati pelanggan. Pasalnya, warung ini buka dari pagi hingga tengah malam. Di jam-jam sibuk ibu Yati dan suami selaku pemilik ikut melayani pelanggan.

Semangkuk sop iga (Rp 25.000) dan soto Betawi (Rp 22.000) jadi menu santap siang kami. Menunggu sekitar 10 menit, akhirnya semangkuk sop iga dengan sedikit kepulan asap mendarat di meja. Kuahnya berwarna bening dengan isian daging iga berukuran sedang sebanyak 4 potong. Taburan bawang goreng, irisan bawang seledri dan potongan tomat menjadi topping di atasnya.

Menyeruput kuahnya yang hangat terasa jejak rasa kaldu sapi yang lembut gurih. Aroma cengkeh, kayu manis dan lada yang ringan juga tercium semerbak.Daging iganya bertekstur lembut, empuk meskipun cukup tebal.

Bagian daging yang menempel dengan tulangnya sangat mudah terpisah saat digigit. Apalagi saat dikunyah terasa gurih dan juicy. Selain berisi iga sapi, kuah sop ini juga berisi kentang dan tomat yang empuk segar.

Jika ingin semakin segar saat menyantapnya, tuangkan sedikit sambal dan sedikit kucuran jeruk limau serta santap dengan acar mentimun yang telah tersedia di meja. Slurrp, mantap!

Soto Betawi campur (Rp 22.000) berisi paru, tulang muda, limpa, kikil dan daging sapi. Aroma wangi kapulaga dan bawang yang menggelitik hidung. Kuahnya sedikit kental dengan warna putih keruh plus bercak minyak di permukaannya.

Rasa santan yang gurih terasa dominan. Isian jerohan seperti paru, limpa, kikil dan tulang muda terasa kenyal empuk. Sedangkan daging sapinya terasa empuk dan juicy. Rasa gurih alami daging sangat pas beradu dengan gurih kentalnya kuah santan.

Selain berisi jerohan dan daging, dalam kuah soto Betawi juga terdapat potongan kentang, tomat dan juga emping. Setelah diaduk dengan sedikit perasan air jeruk limau, kecap manis plus sambal rawit rasanya semakin mantap dan segar dengan semburat manis pedas. Nyam nyam!

Segelas jus mangga (Rp 10.000) yang dingin bertekstur kental dan manis cukup menyegarkan tenggorokan. Selain itu, Anda juga dapat memilih aneka jus yang segar seperti jeruk, jambu biji, alpukat hingga tomat.

Walaupun ramai, Anda tak perlu takut kehabisan sop ataupun sotonya. Pasalnya daging ataupun jerohan selalu diproduksi di sini. Selain itu, karyawannya juga diberlakukan sistem shift sehingga dapat terus melayani para pelanggan yang datang untuk menikmati sajian sop ataupun soto.

Untuk Anda yang bertempat tinggal atau berkantor di daerah Tangerang Selatan, warung ini dapat menjadi destinasi tempat menikmati sajian sop dan soto yang enak. Yuk mampir!

Sop dan Soto Betawi Ibu Yati
Jl. Siliwangi (Ruko sebrang Kantor Walikota Tangerang Selatan)
Pamulang, Kota Tangerang Selatan
Telp: 081310521193
Buka: Setiap hari (09.00 - 01.00 WIB)

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com