Bebek Goreng Khas Surabaya: Garing Gurih Bebek Kremes Plus Sambal yang Pedas Menggigit

- detikFood Selasa, 02 Des 2014 11:57 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

​Ingin makan siang yang kenyang memuaskan?​ ​B​ebek ​goreng ​yang lembut dengan kremesan garing plus siraman sambal yang pedas menggigit bisa jadi pilihan. Apalagi disantap dengan nasi pulen hangat membuat perut dijamin puas dan kenyang.

Restoran bebek ini memang sudah terkenal dengan kelezatan bebeknya. Bertuliskan 'Bebek Goreng Khas Surabaya'​. Walaupun tidak ada nama khusus, akan tetapi Anda cukup mudah untuk menemukan restoran ini. Berada di kawasan Pesanggrahan Raya, bebek goreng ini berada di deretan Ranch Market.

Restoran ini memiliki tempat yang cukup luas dengan dua area. Jika ingin menyantap makanan di ruangan ber-AC, Anda dapat memilih ruangan indoor. Akan tetapi jika ingin menyantap makanan dengan semilir angin Anda dapat memilih outdoor.

Melihat menunya ternyata bebek menjadi salah satu menu andalan restoran ini. Selain bebek, ada juga sajian khas Surabaya seperti rawon, soto, rujak cingur hingga sajian aneka es yang manis segar.

Kamipun memilih menu paket bebek gosong (Rp 25.000) yang menjadi salah satu favorit di sini. Paha bebek berukuran sedang terlihat basah dengan bumbu yang medhok dengan warna yang kecoklatan. Bumbu kecap berempah seperti kecap, bawang putih, kunyit dan kemiri mersap hingga ke​ ​dalamnya.

Rasa bebek gosong ini cenderung lebih manis gurih karena balutan bumbu kecap. Walaupun rasanya enak, akan tetapi cara penyajiannya kurang menarik. Pasalnya, sajian bebek gosong hanya disajikan dengan potongan timun, tahu dan tempe yang hangat gurih.

Tahunya terasa lembut dan gurih, sedangkan tempenya memiliki tekstur yang sedikit padat. Agar lebih menarik selera, se​harus​nya sajian bebek ditambahkan dengan selada ataupun kemangi sebagai tambahan lalapan.

Biasanya bebek gosong disantap dengan nasi putih, kali ini kami mencicip dengan nasi merah yang ternyata cocok juga sebagai pendamping bebek gosong. Jika dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki tekstur yang lebih berserat.

Menyantap seporsi bebek goreng kremes (Rp 25.000) ternyata tak kalah enaknya. Bebek bagian paha yang berukuran lebih besar daripada bebek gosong ini teksturnya garing dengan warna kuning keemasan. Taburan kremes yang gurih garing membuat bebek semakin terasa gurih.

Saat disobek, tercium jejak aroma lengkuas, kunyit dan bawang putih yang tercium sedap. Dagingnya berwarna kecoklatan dengan tekstur yang lembut. Menyantap bebek goreng kremes paling enak dengan sambal yang pedas menggigit.

Tak lengkap rasanya jika makan bebek tak didampingi dengan sayur. Akhirnya kami memesan cah kangkung (Rp 11.000). Cah kangkung terasa pedas dengan sapuan rasa bumbu ulek seperti bawang merah, bawang putih dan cabai yang terasa segar. Ditambah dengan aroma terasi yang wangi semakin menambah selera makan.

Masih kurang puas? Anda dapat mencocol daging bebek yang lembut gurih dengan dua macam sambal. Ada sambal ijo dengan rasa gurih beraksen bawang merah dengan sapuan rasa yang sedikit pahit khas cabai hijau. Rasanya tidak terlalu pedas tetapi gurih dengan jejak sedikit minyak.

Sedangkan untuk sambal merahnya terdapat jejak minyak yang lumayan banyak dengan rasa bawang yang gurih. Sambal merah ini rasanya lebih pedas mengigit. Jangan sampai mengambilnya terlalu banyak, karena sedikit saja rasa pedasnya sudah membuat lidah terasa seperti terbakar. Huaah!

Untuk menetralisir rasa pedas sambal, kami memesan es lidah buaya yang segar manis. Lidah buaya yang berbentuk kotak-kotak memiliki tekstur yang lembut tapi renyah saat digigit. Dengan tambahan sirup rasa leci membuat rasanya semakin nikmat. Sluurp, segar.

Bebek Khas Surabaya tak hanya melayani makan di tempat. Akan tetapi juga bisa pesan antar untuk Anda yang tinggal atau berkantor di daerah Jakarta Barat dan sekitarnya. Waah, bebek di sini memang juara. Lain kali kami harus menguji kelezatan rasa dari sajian khas Surabaya lainnya seperti rawon. Yuk mampir!

Bebek Goreng Khas Surabaya
Jl. Pesanggrahan Raya No. 138 (deretan Ranch Market)
Jakarta Barat
Telp: (021) 5813707
Buka : 10.00 – 22.00 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com