Bebek Goreng Pak Ndut: Pedas Menggigit Bebek Remuk dan Bebek Lada Hitam

- detikFood Rabu, 15 Okt 2014 12:29 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Di rumah makan yang teduh ini Anda bisa menemukan racikan bebek yang beda. Ada bebek dengan bumbu sangan, bebek remuk, hingga lada hitam yang manis pedas. Mau coba yang mana? Semuanya lezat!

Walau telah banyak membuka cabang, kami baru mencoba hidangan dari Bebek & Ayam Goreng Sari Rasa Pak Ndut di Jl. Siliwangi, Depok. Warna cat kuning cerah membuat restoran ini mudah dikenali.

Di bagian depan rumah makan terdapat area makan besar, tapi untuk yang ingin mengajak keluarga atau kolega dalam jumlah besar ada beberapa ruang pribadi. Antara ruang pembatasnya memang hanya tembok dengan rangka pintu tanpa daun pintu. Memilih area makan pribadi bagian depan kami duduk di kursi dan meja panjang yang cukup nyaman.

Buu menunya dilengkapi dengan gambar sehingga memudahkan memilih. Tetapi ini justru membuat kami makin lapar mata! Pilihan pun jatuh pada Ayam Sangan yang dimasukkan dalam paket (nasi plus es teh) dengan harga Rp 28.000.

Tersaji diatas piring tanah liat, ayam goreng hangat dilumuri sambal merah goreng dan disajikan bersama daun pepaya serta lalapan. Kulit ayam terasa renyah dan dagingnya pun juicy, daging ayam ternyata terasa manis gurih mirip dengan ayam goreng Kalasan.

Sedikit kaget mencicipi sambalnya yang dari luar terlihat sangat pedas, ternyata rasanya manis. Cabai merah yang dibakar meninggalkan jejak bakaran kehitaman dan diulek bersama tomat, bawang merah, dan kemangi goreng. Rasanya gurih dengan sentuhan rasa manis legit!

Jangan keburu menyisihkan daun pepaya, karena ternyata daun rebus racikan restoran ini tidak pahit. Teksturnya pun empuk dengan rasa yang gurih segar. Lalapan pun pastinya membuat makan makin lahap!

Bebek Remuk (Rp 21.000) punya sentuhan berbeda pada bebek goreng. Daging bebek disuwir dan tulangnya pun dipotong- potong lalu digoreng bersama bawang putih hingga kering dan cokelat keemasan. Karena teksturnya kering, hampir semua bagian bebek bisa dimakan. Hmm.. kriuk renyah dari daging bebek disuap nasi pulen hangat bikin ketagihan.

Sapi lada hitam boleh banyak dijajakan di restoran, tapi bagaimana dengan Bebek Lada Hitam? Di Bebek Goreng Pak Ndut Anda bisa membuktikan kelezatannya. Seporsinya untuk ayam dihargai Rp 26.000 sementara bebek Rp 28.000.

Pilihan Bebek Lada Hitam ternyata porsinya cukup mengenyangkan. Bebek goreng berendam saus lada hitam kental warna terlihat kontras dengan potongan tomat, bawang bombay, dan daun bawang.

Bumbu lada hitamnya terasa manis awalnya namun memberi tendangan rasa pedas hangat setelahnya. Daging bebek terasa juicy tanpa bau amis. Ketika dicampur nasi, lezatnya hingga sendokan terakhir. Tonat segar dan daun bawang juga membawa rasa gurih segar yang pas dilidah.

Kalau ke sini memang enaknya ramai- ramai. Lapar mata siang ini membuahkan hasil perut kekenyangan dan keringatan. Oh ya disini ada satu lagi menu favorit bagi para penggemar pedas yaitu Bebek Cabe Ijo. Pedasnya nampol!

 
Bebek & Ayam Goreng Sari Rasa Pak Ndut
Jl. Siliwangi no 11
Depok

(dni/odi)