Warung Bakso Menot Wonogiri: Sluurp! Sedap Mantap Bakso Tusuk Iga yang Gurih Spesial

- detikFood Kamis, 25 Sep 2014 12:17 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Di saat cuaca yang panas siang ini memang paling cocok menyantap bakso dengan kuah plus es jeruk yang segar manis. Mampir ke food court ini ada bakso sapi yang ditusuk dengan iga berkaldu gurih enak. Sluurp sedap!

Jika Anda sedang mampir ke pasar Mampang atau sedang berada di daerah Tendean. Anda bisa mampir ke food court Tendean 41. Walaupun jaraknya agak jauh dari pasar Mampang, tapi ada racikan bakso khas Wonogiri yang sedap enak yang bisa Anda pilih untuk makan siang.

Berada persis di samping kantor pos daerah Tendean, kepulan asap dari tutup panci bakso yang dibuka oleh penjualnya tercium dari depan. Gurih semerbak! Aroma daging bakso bercampur lemak gurih membuat kami semakin lapar.

Semangkuk bakso komplet tusuk iga (Rp 15.000) dapat dipesan dengan mie dan tauge lengkap. Kuah panas yang mengepul tercium sedap, kuah bening dengan taburan bawang goreng dan sedikit cincangan daun seledri menambah sedap aroma bakso ini.

Kuahnya gurih dengan aroma kuat daging sapi. Sayangnya saat dicicipi kuahnya terasa agak asin dan kami meminta penjual untuk menambahkan kuahnya. Kuah baksonya tampak bening, hal ini dikarenakan kuahnya terbuat dari kaldu rebusan daging sapi.

Bakso dengan ukuran yang cukup besar ini ditusuki dengan iga. Karena namanya bakso tusuk iga, kami pikir baksonya hanya ditusuk dengan tulang iga. Tapi ternyata, Baksonya dicampur dengan iga yang masih lengkap dengan dagingnya. Wah, sedap benar!

Warna daging baksonya pucat dengan tekstur renyah di bagian luar dan lembut pada bagian dalamnya. Kekenyalan bakso semakin lengkap bertekstur saat kami menggigit daging iga yang tak lembut tapi kenyal gurih. Hmm kenyal lezat dengan seruputan kuah gurih hangat!

Dalam seporsi bakso tusuk iga, dicampurkan dengan tahu goreng yang lembut dengan renyah. Tahunya lembut dan cocok dinikmati besarma kuah bakso hangat. Gaya racikan ini memang khas bakso Jawa Tengah terutama Wonogiri yang kondang sebagai pusat penjaja bakso.

Sajian bakso dengan kuah bening paling enak dicampur dengan sambal rawit dan juga sedikit kecap manis. Rasa asin, pedas sedikit manis dengan aroma gurih daging semakin menambah lezat. Ternyata porsi yang lumayan pun bisa kami tuntaskan.
 
Uniknya, warung bakso ini tak hanya menjual bakso dan mie ayam tapi juga aneka soto ayam dan juga ayam goreng serta bebek goreng. Seporsi soto ayam hangat (Rp 10.000) dengan campuran suwiran ayam, soun yang lembut, irisan tipis kol hingga tauge membuat sajian soto terasa renyah gurih.

Kuahnya yang berwarna kuning kecoklatan terasa sangat gurih dengan rasa bumbu dominan bawang dan kunyit. Kuahnya tak bening tapi sedikit kental dengan aksen rasa gurih koya yang sudah dicampurkan dalam kuah soto. Mirip soto Lamongan.

Sajian soto sangat enak disantap dengan kerupuk serta nasi hangat. Walaupun harganya relatif murah, porsinya pun sangat mengenyangkan. Selain aneka makanan, warung ini juga menjual minuman dingin enak seperti es podeng, aneka jus, hingga es jeruk yang segar sebagai teman santap semangkuk bakso dan soto ayam hangat.

Warung Bakso Menot Wonogiri (WARBANOT)
Jl. Kapten Tendean No. 41 (Samping Kantor Pos)
Jakarta Selatan
Telp: 087 777 004 155 / 082 310 160 915
Buka: 10.00 - 22.00 WIB

(lus/odi)