Jakarta Food Truck: Nikmatnya Smoke Ribs Mantap Berbalut Saus BBQ yang Asam Gurih

- detikFood Rabu, 17 Sep 2014 12:02 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Jika bertemu dengan Food Truck ini. cicipi Smoked Ribs spesialnya. Daging iganya lembut langsung lepas dari tulang berbalut saus barbecue home made yang gurih manis. Dijamin puas dan kenyang!

Jakarta Food Truck (JFT) memang sudah hamper setahun banyak dibicarakan orang. Tapi, sayangnya kami tak pernah sempat menemukan Food Truck ini. Saat mengunjungi BBQ Festival yang diselenggarakan di La Piazza, Kelapa Gading kami menemukan Food Truck ini.

Food Truck kini mulai populer di Jakarta. Menawarkan hidangan Meksiko, aneka pastry dan kopi hingga Jepang. Jakarta Food Truck menjual hidangan Westrern seperti Sloopy Joe, Mozarella melt, hingga Beef Roll. Ada juga menu nasi seperti Nasi Lapak, Nasi JFT Komplit, dan Nasi Otah.

Truk berwarna putih dengan ekterior berhias tulisan menu berwarna biru dan merah menjadi ciri khasnya. Di tengah festival makanan yang dipadati pengunjung tersebut, JFT juga dipadati pengunjung.

Melihat menunya, kami tergoda dengan Smokey Ribs (Rp 95.000) dan Nasi Lapak (Rp 25.000). Hmmm... asap wangi yang mengepul dari dapur JFT wangi semerbak membuat kami makin tak sabar menati.

Ternyata Nasi Lapak pertama disajikan. Semua hidangan JFT tidak disajikan di atas piring tapi kemasan kertas berwarna putih. Nasi Lapak diberi lauk telur goreng, semur daging, teri kacang, dan sayuran.

Semur daging sapi berwarna kecokelatan pekat dengan kuah kental. Daging sapi yang dipotong kecil terasa kenyal dan bumbu manisnya meresap. Aroma wangi bawang dan daun salam pun tercium sedap.

Teri kacangnya yang sedikit pedas dan gurih, cocok disuap dengan semur daging yang manis. Teri terasa garing dan kacang pun gurih dengan sedikit rasa pedas, campur dengan nasi pulen hangat makin nikmat!

Telur goreng hangat melengkapi kesedapan nasi ini. Jangan biarkan potongan tomat dan timun yang renyah segarpun membuat santapan ini makin lengkap.

Smokey Ribs berisi tiga strip iga sapi yang cukup besar dengan sapuan bumbu barbecue cokelat mengkilap. Hmm…aroma wangi sausnya benar-benar menusuk hidup!

Sekali tarik daging iganya mudah terlepas. Empuk gurih. Bumbu BBQnya meresap hingga ke dalam serat dagingnya. Teksturnya lembut tapi tekstur daging tetap juicy dan kenyal.

Nikmatnya iga panggang ini tak lepas dari bumbu barbecuenya. Kental dengan rasa asam manis gurih yang seimbang. Aroma bawang bombaynya terasa kuat.

Sisakan sedikit ruang untuk side dish cole slaw dan kentang goreng. Bertolak belakang dengan iga yang mempunyai rasa manis, coleslaw yang dijadikan acar menegaskan karakter rasa asam segar dan kentang goreng renyah gurih pun tak kalah nikmat.

Kamipun tak mau kehilangan momen nikmat menyantap iga dengan tangan. Hmm.. benar-benar ‘it’s finger licking good'. Ah, tuntas juga iga panggang berikut coleslawnya yang renyah. Kedua hidangan ini berhasil menuntaskan rasa penasaran kami.

Anda bisa mencicipi hidangan JFT di La Piazza hingga tanggal 28 September 2014. Karena letaknya selalu berubah- ubah, Anda bisa terus memantau lokasi JFT di laman Facebook resminya.


Jakarta Food Truck
Jakarta BBQ Festival (hingga tanggal 28 September 2014)
Mall La Piazza
Jalan Bulevar Kelapa Gading Blok M
Jakarta Utara
Buka: 10.00 – 21.00
 
Jl. Wolter Mongonsidi 27
kebayoran
Jakarta Selatan
Buka:10.00- 17.00

(dni/odi)