Hong Tang: Segar Dingin Semangkuk Dessert Khas Taiwan

- detikFood Rabu, 20 Agu 2014 12:38 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Di siang hari yang terik, dessert Taiwan bisa jadi pilihan paling pas. Kombinasi es krim, cincau, puding, dan bahan menyegarkan lainnya ampuh menghilangkan dahaga dan mengademkan tubuh. Slurp!

Dessert Taiwan sedang tren di kota-kota besar di Indonesia. Gerai dengan berbagai merek sudah menjamur di Jakarta. Namun rasanya yang paling pertama dan terkenal adalah Hong Tang.

Hong Tang yang berdiri sejak tahun 2012 sebenarnya tak hanya menyajikan dessert es a la Taiwan, tapi juga dessert hangat gaya Hong Kong. Di manapun gerainya, selalu tampak antrean di pintu, menunggu giliran masuk. Termasuk pula di outlet Central Park, meski kami mampir ke sana di malam hari dan gerai ini terletak di pojok Tribeca yang terpisah dengan gedung utama.

Nama kami masuk daftar tunggu. Sekitar 70 kursi di dalam dan luar outlet penuh. Pelayan sibuk mondar-mandir mengantarkan buku menu, mencatat pesanan, membawa hidangan, membersihkan meja, dan memanggil pelanggan berikutnya.

Untunglah tak begitu lama nama kami dipanggil. Di buku menu terlihat foto-foto dessert dingin yang menggoda. Ada yang berbahan utama es serut, Q ball (olahan ubi dan talas), puding, es susu kedelai, es krim, buah kaleng, dan mangga musiman.

Deretan dessert hangatnya tampak akrab di lidah kita. Ada kembang tahu, ronde, cincau, dan ketan hitam yang diberi nama a la Tiongkok. Bisa juga kalau ingin mencampur bahan-bahan tersebut sesuai selera. Selain itu, ada pula bubble tea a la Taiwan dengan pilihan teh, susu kedelai, atau teh susu.

Kami langsung menunjuk Grass Jelly Series nomor 28 (Rp 42.000), menu yang paling difavoritkan pelanggan. Sayang, es krim teh hijau dan Q ball-nya habis. Dari pilihan es krim pengganti yakni vanili, cappuccino, dan kacang merah, saya memilih yang terakhir. Q ball-nyapun digantikan mochi.

Agak lama kemudian hidangan datang dalam mangkuk melamin. Dessert ini tak memerlukan air sirop lagi karena manisnya cukup dari es krim yang perlahan meleleh. Es serutpun menambah kesegaran dessert.

Setelah menyuapkan es krim kacang merah dengan sendok bebek ke mulut, saya langsung merem-melek dan bergumam "Hmm...". Tak salah pilih, es krim kacang merahnya enak! Campuran es krim susu dan serpihan kacang merah segar langsung lumer dengan lembut di mulut. Manis creamy!

Komponen lainnyapun tak kalah membuai lidah. Bobanya kenyal menggemaskan dan sedikit manis dengan aroma teh Taiwan. Cincau hitamnyapun meluncur mulus di tenggorokan. Mocinya yang berwarna putih, kuning, dan pink terasa agak kenyal dan manis. Ternyata kombinasi ini enak juga!

Masih ingin memanjakan mulut, kami memesan nomor 202 (Rp 38.000) di deretan Fruit Mix. Tiga macam puding, yakni mangga, kopi, dan cokelat berendam dalam susu kedelai. Tak lupa buah kaleng yang terdiri dari peach, mangga, dan sari kelapa ditambahkan.

Ada paduan cita rasa yang cantik dari puding mangga yang manis, puding kopi yang harum, dan puding cokelat yang pekat. Tak perlu dikunyah, dilumat dengan lidah saja pudingnya yang lembut bisa langsung ditelan.

Buah kalengan menambahkan tekstur kenyal dan renyah serta kesegaran buah. Susu kedelai yang berpadu dengan es serutpun terasa ringan, sehingga tak bikin enek. Habis sampai seruputan terakhir!

Wah, seporsi dessert-dessert ini ternyata mengenyangkan. Kalau disantap di siang hari, rasanya tak kuat makan siang lagi. Di Central Park, Anda bisa 'nongkrong' di sini sampai jam 23:00. Namun sebaiknya tak datang terlalu malam kalau tak mau kehabisan!


Hong Tang
Central Park Mall
Tribeca lantai UG (lantai 2)
Jakarta Barat
Telepon: 021-29200418

Ruko Garden House Blok B No. 18D, Pantai Indah Kapuk
Jakarta Utara
Telepon: 021-98989585

Baywalk Mall lantai 4, Pluit
Jakarta Utara
Telepon: 021-29839037

Mall Kelapa Gading 3 lantai 3
Jakarta Utara
Telepon: 021-45855017

Grand Indonesia, East Mall lantai 3, Thamrin
Jakarta Pusat
Telepon: 021-23580328

Gandaria City lantai UG
Jakarta Selatan
Telepon: 021-29236770

Summarecon Mall Serpong lantai GF
Tangerang
Telepon: 021-29310660

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com