L&L Hawaiian Barbecue: Kenyang Menyantap Loco Moco dan Mi Saimin

- detikFood Selasa, 12 Agu 2014 13:08 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Seperti apa makanan Hawaii? Rasanya tak banyak yang tahu. Makanya, kehadiran sebuah restoran waralaba asal Honolulu, Hawaii, bikin penasaran. Wah, ternyata pulau eksotis ini punya hidangan unik!

Baru-baru ini, L&L Hawaiian Barbecue membuka cabang pertamanya di Indonesia. Sebelumnya, restoran ini sudah berdiri sejak 1976 dan memiliki sekitar 200 cabang di Hawaii, Amerika Serikat, Selandia Baru, Jepang, dan Tiongkok.

L&L pertama kali mempopulerkan istilah 'Hawaiian barbecue' agar pelanggan lebih mudah mendapat gambaran mengenai plate lunch Hawaii. Kombinasi hidangan Amerika dan Asia menjadi pembedanya dibanding restoran lain yang menyajikan hidangan Hawaii.

Rupanya, menu L&L di Indonesia telah disesuaikan karena tak menggunakan daging babi seperti di L&L aslinya. Plate lunch-nya dibagi menjadi daging ayam, daging sapi, seafood, dan kombinasi. Semuanya disajikan bersama dua porsi nasi (karena mendapat pengaruh Jepang), seporsi salad makaroni, serta potongan tomat dan mentimun.

Kami memesan Loco Moco (Rp 55.000). Sekilas, hidangan ini seperti sajian rumahan yang akrab bagi orang Indonesia. Di atas nasi terdapat dua buah daging burger yang disirami gravy (kuah kental berwarna cokelat kekuningan). Sebutir telur mata sapi diletakkan di atasnya dan ditaburi irisan daun bawang.

Aroma gurih gravy terendus saat hidangan ini disajikan panas. Sesekali terlihat potongan jamur kancing pada kuahnya. Siraman gravy yang gurih berpadu sempurna dengan nasi, burger, dan telur. Kombinasi daging dan nasi dalam porsi dobel serta ekstra protein dan karbohidrat dari telur dan makaroni sukses bikin perut kenyang!

Kamipun tak ketinggalan mencicipi mi Hawaii, saimin. Di antara pilihan daging sapi atau ayam barbecue serta udang goreng, kami memilih yang terakhir. Dengan Rp 42.000, kami mendapat mi kuah dengan topping kornet, udang goreng tepung, kamaboko, dan daun bawang.

Karena diberi kamaboko (olahan ikan, fish cake), saimin sekilas mirip ramen. Kuah kaldunya yang berwarna cokelat bening terasa gurih, sedangkan minya yang agak keriting dan tipis terasa kenyal.

Ciri khas Hawaii terdapat pada potongan SPAM (kornet daging babi) yang diganti dengan kornet sapi untuk versi halalnya. Udang gorengnya dipotong melebar dan dilapisi tepung roti sebelum digoreng renyah. Porsi udangnya cukup royal, begitu pula dengan porsi mi-nya yang besar. Lagi-lagi kekenyangan!

Wah, ternyata hidangan a la Hawaii cukup familiar bagi orang Indonesia. Porsinyapun tak pelit. Kalau mampir ke sini, coba juga musubi, camilan mirip sushi yang terdiri dari potongan kornet sapi dan nasi yang 'diikat' dengan nori.

L&L Hawaiian Barbecue
Central Park Mall L3
Jakarta Barat
Telepon: 021-56985776, 29200096

(fit/odi)