Takarajima: Mencicipi Sushi Tanpa Nasi dan Chawanmushi yang Lembut

- detikFood Rabu, 12 Mar 2014 13:15 WIB
Foto: Detikfood
Depok - Di tengah ramainya penjaja kuliner yang berderet di jalan Margonda Depok, rumah makan bermenu Jepang ini patut disinggahi. Ada beragam menu Jepang, termasuk beragam fusion sushi yang menggoda dengan harga terjangkau!

Tak jauh dari kedai Es Pocong yang tersohor itu, tampak sebuah restoran Jepang bernama Takarajima. Bangunan berlantai satu itu berkeramik dinding warna oranye dan peach yang disusun seperti batu bata. Jendela besar dan pintu kacanya memperlihatkan isi restoran.

Area santap di bagian dalamnya berkapasitas sekitar 50 pelanggan. Interior yang berisi perabot kayu, lampion, serta imitasi pohon maple Jepang yang sebagian daunnya memerah memberi suasana seperti di Jepang.

Pilihan sushi dan sashimi mendominasi daftar menu. Seperti umumnya resto Jepang kontemporer, sajian fusion sushi jadi primadona. Khususnya sushi roll fusion-nya dengan banyak pilihan. Namanya juga menarik, seperti Lady Gaga Roll serta Tom and Jerry.

Takarajima juga menyediakan pilihan lainnya seperti aneka mi Jepang, bento, tempura, serta appetizer dari Negeri Sakura. Kalau mau sekadar ngemil, tersedia makanan pencuci mulut dan aneka kreasi minuman.

Chawanmushi (Rp 10.000), custard tradisional Jepang, disajikan dalam mangkuk keramik. Panas mengepul dengan warna krem. Hidangan ini dilengkapi seiris narutomaki atau bakso ikan dengan spiral berwarna pink di tengahnya.

Dari penampilannya terlihat chawanmushi ini dibuat dengan cermat. Permukaannya licin halus dengan aroma telur yang gurih. Benar saja, tekstur mulus lembut langsung terasa di lidah saat custard ini mendarat di mulut.

Tak ada rongga-rongga udara dalam custard, licin halus. Perpaduan gurih telur dan asin yang pas dari dashi (kaldu ikan Jepang) dan shoyu (kecap asin Jepang) terasa membuai.

Dalam beberapa suapan custard telur inipun tandas. Rupanya porsinya memang tak banyak, hanya setengah mangkuk. Seperti umumnya chawanmushi, ada beberapa potong daging udang dan kepiting di bagian bawah custard. Wah, satu mangkuk rasanya tak cukup!

Kami penasaran dengan Simple Roll (Rp 37.500) di daftar sushi. Elemen utama sushi adalah nasi, namun Anda tak akan menemukannya di 'sushi' ini. Crab stick dan tamago (omelet Jepang) dililit nori, lalu bagian atasnya diberi salmon dan 'Dream Sauce' berwarna oranye yang disemprotkan royal. Wah, warna kuning dan oranye di tengah terlihat cantik menggiurkan!

Tanpa nasi, tak ada tekstur pulen dalam sushi ini. Penggantinya adalah kani yang terasa padat empuk, juga tamago yang mengembang lembut dengan semburat manis dari cuka beras dan gula. Aroma gurih nori dan kani (crab stick) menyatu dalam potongan sushi ini.

Dream Sauce yang tampaknya berupa campuran mayonnaise dan tobiko (telur ikan terbang) berkolaborasi dengan irisan daging salmon menghasilkan topping yang gurih lembut. Namun, perlu beberapa kunyahan untuk melumatkan nori-nya yang kenyal.

Jajanan populer Jepang, okonomiyaki (Rp 27.000) tersaji hangat mengepul. Aroma gurih ikan asap dari katsuobushi dan irisan halus nori langsung tercium menusuk hidung. Permukaannya disiram saus cokelat kental dan diberi goresan mayonnaise kotak-kotak.

Pancake-nya yang tipis dipotong delapan seperti pizza. Adonan tepungnya terasa renyah di luar, sementara bagian dalamnya yang berisi irisan kol terasa lembut. Rasa asam yang lumayan tajam terasa di lidah berasal dari perpaduan saus okonomiyaki dan mayones.

Segelas ocha hangat (Rp 7.000, bisa diisi ulang) pun menetralkan mulut setelah menyantap berbagai hidangan gurih tadi. Tertarik mencoba?


Takarajima Japanese Restaurant
Jl. Margonda Raya No. 521-D
Depok
Telepon: 021-7874747

Ruko Hasta Griya No. 7, Jl. BDN Raya, Cipete
Jakarta Selatan
Telepon: 021-7661911

Plaza Adorama lantai 2, Jl. Kemang Raya 17
Jakarta Selatan
Telepon: 021-7191047



(fit/odi)