Fuji Soba: Donburi dan Soba Racikan Asli Shibuya

- detikFood Senin, 04 Nov 2013 12:27 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Soba, salah satu jenis mie yang dibuat dari buckwheat khas Jepang ini teksturnya mulur lembut. Diracik dengan kaldu dan bumbu khas dari Shibuya. Rasanya segar gurih dan bisa ditambah lauk topping sesuai selera. Itadakimasu!

Resto mungil ini bergaya self service seperti layaknya resto soba dan udon Jepang. Ditata dengan interior kayu kuning dengan ornamen khas negeri sakura. Sapaan 'irrasemase' dan 'arigato gozaimasita' mengiring setiap tamu datang dan pergi.

Rupanya dua meja panjang di bagian tengah dipakai untuk makan bersama dengan pengunjung lain. Atau bisa memilih meja yang lebih kecil yang ditaruh di keliling resto yang tak berapa besar ini. Namanya langsung mengingatkan restoran yang sama di Shibuya.

Fuji Soba dibuka pertama kali di Shibuya kawasan Tokyo pada tahun 1966. Mudah ditemui di kota-kota besar di kawasan Tokyo seperti Shibuya dan Shinjuku. Di jam-jam makan siang, hampir dipastikan semua outletnya penuh sesak oleh pengunjung. Umumnya mereka makan siang tak sampai setengah jam sudah selesai. Karena banyak pelanggan menunggu di luar resto.

Yang menarik, menu yang ditawarkan tak beda jauh dengan yang ada di outlet-oulet Tokyo. Seperti kake soba, mori soba, kake udon dan mori udon. Sedangkan untuk donburi atau rice bowl ada pilihan currydon, gyudon, oyakodon dan chickenkatsudon.

Untuk memesan, tinggal sebutkan menu yang diinginkan. Pesanan langsung diracik dan bergam lauk gorengan seperti chicken katsu, tempura kucai, bawang, terung, dan ebi atau udang tersedia hangat. Pilih sesuai selera dan di meja kasir sebutkan minuman yang diinginkan kemudian bayar.

Di salah satu sisi juga tersedia meja condiment berisi cabai bubuk, irisan cabai rawit merah, saus cabai atau saus bbq, merica dan perlengkapan makan. Untuk ocha (Rp 9.000) bisa diisi sendiri dan diisi ulang sepuas hati sekali bayar.

Gyuniku Soba (Rp 48.000) soba dengan kaldu kecokelatan bening, disajikan dengan topping nori. Hangat mengepul menebarkan aroma gurih shoyu dan dashi yang enak. Kuahnya tak terlalu gurih. Setelah ditambah cabai bubuk, sedikit pedas dan makin enak.

Daging sapi berlapis lemak, diiris tipis mirip irisan sukiyaki, terasa empuk dan gurih. Tak ada rasa lemak berlebihan, justru ringan. Karenanya kami menambahkan lauk sepotong chicken katsu. Sedikit olesan saus bbq di atas chicken katsu menambah gurih enak lauk pelengkap soba ini.

Topping irisan daging yang super tipis dan keriting seperti gyuniku soba juga ada pada Gyudon (Rp 45.000). Dilengkapi nasi berporsi sedang pulen hangat di taruh dalam mangkuk. Irisan halus bawang bombay yang ditumis kecokelatan memberi aksen renyah manis yang enak. Kali ini lauk tambahannya terung goreng (Rp 10.000) dan ebi tempura.

Meskipun sudah cukup gurih, namun tambahan saus bbq, cabai bubuk dan sedikit cabai rawit iris membuat gyudon jadi makin enak. Ebiten (Rp 14.000) nya renyah dengan udang berukuran sedang. Tak terasa suapanpun jadi makin cepat.

Currydon, atau kari ayam dengan nasi (Rp 42.000) menebar aroma wangi kari yang enak. Seperti kari Jepang, bumbu karinya kuning kecokelatan kental dan tidak terlalu pekat rempahnya. Potongan ayam, bawang bombay, dan wortel serta kentang melengkapi sajian nasi kari ini.

Topping kari ini pas gurih dan pekatnya. Ukuran nasinya pun sesuai dengan toppingnya. Pastinya makin lahap disuap hangat. Perutpun jadi kenyang dan hangat. Yang paling pas buat menemani santapan khas Shibuya ini memang ocha hangat atau dingin. Gotisosama desita!

Fuji Soba
Lotte Shopping Avenue 2FL-02B
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5
Jakarta Selatan
Telepon: 021-29889250



(fit/odi)