Rumah Baba: Aduh Enaknye Nasi Uduk Empal Plus Es Biang Kerok!

- detikFood Senin, 16 Sep 2013 12:00 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Nasi uduk Betawi yang pulen dan wangi ada di sini. Lauknya empal daging yang empuk, semur tahu dan telor. Makin mantap dicocol sambal kacang khas Betawi yang asin pedas. Jangan lupa kerupuknya. Aduuh sedapnye!

Siapa sangka di kawasan Senopati ada resto khas Betawi. Meski lokasinya berada di ujung gang, namun bagi pecinta makanan Betawi pasti tahu Rumah Baba ini. Karena tidak buka sejak pagi hari, nasi uduk yang jadi menu khasnya bisa disantap sebagai menu makan siang ataupun malam.

Meski tidak berada persis d ipinggir jalan, namun restonya mudah dicari. Lokasinya berada di jalan Senopati Dalam 2 atau berada persis di sebelah kanan gedung Office 8 dan berada di ujung gang. Restonya sangat identik dengan rumah khas Betawi yang dicat hijau.

Di teras yang mungil terdapat pagar kayu Betawi. Sedangkan bagian dalam ada bangku dan kursi khas Betawi yang tertata rapi. Poster iklan makanan dan minuman jaman dulu juga terpajang rapi di dinding. Lampu gantung kuno yang memancarkan cahaya memberikan kesan unik bagian dalam resto.

Kami sengaja memilih tempat duduk yang cukup jauh dari pintu masuk. Agar kekentalan suasana rumah Betawi makin terasa. Pilihan menunya sangat banyak, ada aneka nasi, aneka nasi goreng, sop dan soto, camilan dan minuman. Tentunya semua menu yang ditawarkan adalah menu khas Betawi.

Usai membolak-balik buku menu, akhirnya kami jatuh pilihan pada seporsi Nasi Uduk Komplit Empal (Rp. 43.000) dan Soto Betawi Daging (Rp. 37.000) untuk hidangan utamanya dan Es Biang Kerok (Rp. 16.000) sebagai pilihan minumannya.

Nasi uduknya disajikan berbentuk kerucut bertabur bawang goreng. Lauk empal daging, kerupuk dan sambal kacang ditaruh mengelilingi nasi uduk. Sedangkan semur tahu dan telornya justru disajikan terpisah menggunakan mangkuk kecil.

Rasanya tak ingin lama-lama memandangi nasi uduk yang tampil cantik ini. Benar saja saat menyuapnya, tekstur pulennya langsung terasa meski tidak terlalu gurih. Warna nasi sedikit kusam, mungkin karena santan kelapanya yang mengeluarkan aroma wangi yang beriringan dengan aroma serai.

Daging empal yang dipotong melebar lumayan tebal juga ditaburi dengan bawang goreng. Teksturnya begitu empuk sehingga mudah dikunyah. Meski warnanya agak gelap, namun tidak terlalu manis. Ketumbar, bawang merah dan bawang putihnya terasa kuat.

Semur tahunya manis begitu lembut dan empuk, begitu juga dengan telurnya. Setelah dicampur dengan sedikit sambal kacang. Rasanya semakin sempurna. Manis, gurih dan pedas. Nyam-nyam!

Soto Betawi tampil menggiurkan. Isiannya potongan daging, tomat, kentang, daun bawang dan bawang goreng. Sedangkan empingnya disajikan terpisah bersama nasi. Kuah santannya cukup kental dan tidak terlalu gurih. Sedikit kucuran air jeruk limau dan sambal rawit bikin soto ini makin top rasanya!

Puas makan yang gurih-gurih saatnya menikmati yang manis segar. Slruup! Es biang kerok yang terbuat dari gula palem, potongan jeruk nipis, strawberry dan sprite. Rasanya benar-benar manis meriah lengkap dengan gigitan buih sodanya.

Meski makanan kami sudah tandas, namun suasana rumah Betawi yang kental membuat kami betah berlama-lama. Terasa nyaman seperti di rumah baba dan enyak! Yuk, mampir!

Rumah Baba
Restoran Otentik Betawi
Jl. Senopati Dalam 2 No.2
Buka Senin-Minggu, Jam 11.00-21.30 (last order)
Delivery (SCBD Area): 021-5270173



(dyh/odi)