House of Talam: Legit Kenyal si Hijau Talam Bulan Khas Betawi

- detikFood Selasa, 23 Jul 2013 14:56 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Setelah seharian berpuasa boleh saja menghadiahi diri dengan kue talam khas Betawi saat berbuka. Makin enak jika ditemani secangkir teh hangat. Tekstur kuenya lembut berpadu dengan gurihnya santan. Terasa nikmat hingga gigitan terakhir. Nyam!

Meski digolongkan sebagai kudapan tradisional khas Betawi, namun kepopuleran kue talam tak pernah redup. Bahkan kue ini mampu bersaing dengan aneka pasty. Biasanya kue talam yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras atau tepung tapioka, dibentuk seperti mangkuk kecil.

Penjual kue talam di pasaran memang banyak, namun tidak mudah menemukan tekstur kue talam yang lembut, mulus, manis dan berbahan alami. Rata-rata dikemas dengan plastik transparan agar tidak lengket di tangan saat disantap.

Kalau ingin makan kue talam yang legit dan berbahan alami, tinggal angkat telepon atau kirim pesan melalui twitter. Cara praktis pemesanan kue ini pun dilakukan House of Talam. Resep turun temurun yang dimiki oleh keluarga asli Betawi ini membuat kue talam jadi kue yang selalu dicari.

Sebelum memesan kami sempat mengintip website House of Talam. Di dalamnya berisi beragam jenis kue talam khas Betawi. Dilengkapi dengan gambar, harga dan keterangan bahan. Jenis talamnya ada talam bumbu, talam ubi, talam ijo dan talam bulan. Untuk pilihan jenis kue basah lainnya ada kue pepe, tape uli juga dodol.

Akhirnya kami tergoda untuk memesan kue talam bulan (Rp. 1.500), talam bumbu (Rp. 3.000) dan seloyang talam ijo sekapur (Rp. 80.000). Untuk menikmati kue talam ini harus dpesan dua hari sebelumnya, dengan minimal jumlah pembelian.

Wah, kue talam yang diantar benar-benar masih hangat. Masing-masing dikemas rapi dan dijamin bersih. Penasaran dengan rasanya, kami pun mulai mencicipinya dari kue talam bulan. Kuenya masing-masing dibungkus dengan plastik transparan, agak berminyak dan wangi pandan.

Warna hijau pada kue talam bulan begitu identik dengan corak warna putih. Agaknya warna hijau ini berasal dari daun suji dan daun pandan, sedangkan warna putihnya adalah areh kental yang gurih dan lembut.

Mulut pun mulai melumat kue talam bulan. Benar saja tekstur lembutnya sangat menyenangkan, cocok dipadukan dengan rasa manis gula alami. Sesekali lidah pun merasakan semburat rasa gurih dari arehnya. Hmm.. benar-benar legit mulus!

Talam ijo sekapur yang juga kami pesan juga berwarna hijau yang berasal dari daun suji. Kue talam yang disajikan utuh seloyang ini cenderung lebih kenyal dan lengket. Saat dicicip, ternyata kue talam ijo sekapur rasanya hambar. Karenanya harus ditaburi kelapa parut dan dikucuri sirop gula merah.

Sedangkan kue talam bumbu warnanya putih dan bentuknya mirip kue talam bulan. Topping oranye di atasnya mempercantik tampilannya. Topping ini menebar aroma gurih, pedas dan manis yang menusuk hidung.

Adonan tepung beras dan santannya benar-benar mulus dan agak gurih. Tekstur ini pun berpadu pas dengan topping berbumbu yang terbuat dari kelapa parut, ebi dan bawang goreng yang masih garing. Rasanya jadi gurih, manis dan pedas. Talam bumbu ini lembut dengan tekstur renyah dari toppingnya.

Cita rasa kue talam ini benar-benar alami. Kami justru merasa bangga turut melestarikan jajanan tradisional. Apalagi ukuran dan kemasannya juga cantik. Kue ini benar-benar cocok dinikmati dengan secangkir teh tubruk manis hangat. Benar-benar pembatal puasa yang pas!

Mampang House of Talam
Jl. Mampang Prapatan I/10
Jakarta Selatan 12790
Telepon: 021-32255467 / 082125662591
Website: www.houseoftalam.com
Twitter: @HouseofTalam

(dyh/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com