Cafe 21 Seafood & Chinese Food: Krenyes Lembut Gurame Asam Manis dan Kangkung Hot Plate

- detikFood Selasa, 02 Jul 2013 12:31 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Fillet gurame dilumuri tepung dan disiram kuah asam manis, terasa gurih dan segar. Wah, rasanya jadi makin dahsyat saat disuap dengan nasi pulen. Hembusan semilir angin dari sungai Cisadane, membuat acara makan siang makin asyik!

Rumah makan seafood dengan bangunan sederhana ini, selalu menarik perhatian banyak orang tiap kali melintasi Bantaran Sungai Cisadane. Cafe 21 Seafood & Chinese Food yang didirikan sejak Desember 1998, nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Kabarnya nomor 21 pada nama rumah makan merupakan tanggal lahir dari istri pemiliknya.

Mumpung sedang jam makan siang, kamipun sengaja mampir kesini. Rumah makannya berlokasi di Bantaran Sungai Cisadane. Dapurnya berada persis di sisi kiri bangunan. Terkadang hembusan angin dari sungai akan membawa aroma gurih masakan ke seluruh ruangan, dijamin perut jadi makin keroncongan.

Jejeran menu makanan disini cukup beragam dan membuat kamu bingung. Akhirnya kami jatuh pilihan pada Gurame Asam Manis (Rp. 45.000), Udang Gulung Shanghai (Rp. 27.000), Hot Plate Kangkung Seafood (Rp. 22.000) dan Sapo Tahu (Rp. 22.000).

Ikan gurame seberat 500 gram disayat melebar dan dibalut dengan tepung lalu digoreng garing. Begitupula dengan kepala ikan yang masih menyatu dengan duri dan ekornya. Kemudian disiram dengan saus asam manis beserta irisan wortel, timun dan cabai merah keriting di atasnya.

Hmm.. aroma gurih dengan semburat aroma asam yang segar sangat menggelitik. Benar saja saat saus yang berwarna oranye tercecap lidah, langsung terasa asam manis sedikit gurih. Disuap dengan gurame goreng yang gurih renyah rasanya jadi makin ramai. Rasa gurih dan asam segar saus beradu asik di mulut.

Udang Gulung Shanghai yang juga jadi primadona tak kalah menggoda. Udangnya dihaluskan dan diisi di dalam telur dadar, kemudian digulung bersama potongan wortel dan digoreng. Meski sudah dihaluskan, tekstur udang yang berada di dalam gulungan telur terasa kenyal dan lembut gurih. Kelezatan udang inipun mengantarkan kami mencicipi Hot Plate Kangkung Seafood.

Hot Plate Kangkung Seafood yang masih bersuara mendidih mendesis di atas hotplate dengan asap mengepul-ngepul siap dicoba. Kuahnya kental kecokelatan yang disiram ke atas kangkung masih meletup-letup. Isinya ada potongan cumi, udang, cabai hijau keriting, paprika hijau dan bawang bombai.

Wuih, aroma tauco Tangerang yang khas beradu dengan bawang putih menguap gurih. Kuahnya terasa gurih dengan semburat rasa tauco yang antik. Kangkungnya tentu saja masih krenyes-krenyes, renyah dan segar. Sangat pas diadu dengan nasi hangat. Benar-benat pas disantap siang-siang begini.

Sapo Tahu yang juga dipesan disajikan dalam mangkuk putih. Kuahnya putih keruh dengan potongan tahu sutera yang digoreng, sawi putih jamur shitake, ayam, daun bawang, udang dan cumi. Cincangan bawang putih yang tergenang dipermukaan sapo tahu dan menyebar aroma gurih yang enak.

Hirupan pertama kuah sapo tahu yang kental ini terasa segar dan gurih. Potongan tahunya juga lembut dengan permukaan yang kering usai digoreng. Teksturnya makin berwarna saat merasakan kenyal-kenyal cumi, udang dan jamur shitake.

Meski hidangan ini mulai menghangatkan lambung, aroma gurih nasi goreng special menguap dari balik pintu dapur. Andai saja perut tidak kenyang, sepiring nasi goreng pastilah sudah kami pesan!

Cafe 21 Seafood & Chinese Food
Jl. Benteng Jaya No.27
Sukasari, Tangerang
(Bantaran Sungai Cisadane)
Telepon: 021-5583748
Buka jam 11.00-22.00 WIB

Cabang Babakan
Jl. Kisamaun (Depan Bank Mandiri)
Telepon: 021-40967257

(dyh/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com