Red Bean: Lembut Super Gurih, Tahu Telur Asin

- detikFood Jumat, 28 Jun 2013 11:51 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Jam istirahat makan siang tak hanya bisa dipakai untuk mengisi perut, melainkan juga untuk berkumpul dengan rekan-rekan kerja. Restoran bermenu Cina bisa jadi pilihan tepat. Beberapa hidangan bisa dibagi bersama dan dibayar patungan!

Restoran hidangan Cina selalu ramai dikunjungi, baik saat makan siang maupun makan malam. Pengunjungnya kebanyakan datang berkelompok karena porsi sajian di tempat makan ini besar. Jadi satu lauk bisa disantap bersama, tinggal menambah nasi. Selain kenyang, mulut juga puas karena bisa mencicipi beberapa macam lauk.

Salah satu restoran hidangan Cina yang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia adalah Red Bean. Berdiri sejak 2003, Red Bean kini sudah memiliki 25 restoran di Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Padang, dan Pontianak. Cabang pertamanya dibuka di Puri Indah Mall.

Kami sempat masuk daftar tunggu karena restoran ini hampir penuh. Untunglah tak beberapa lama kemudian ada meja kosong. Agak lama kami membolak-balik buku menu karena pilihannya banyak dan foto-fotonya menggoda. Wah, jadi makin lapar dan ingin pesan semua!

Sebagai pembangkit nafsu makan, kami memilih hidangan ringan, sup ayam kacang merah (Rp 39.900). Supnya disajikan dalam mangkuk besar agar bisa dinikmati bersama-sama di mangkuk-mangkuk kecil yang telah disediakan.

Tampak sedikit jejak minyak kaldu di atas kuah beningnya yang menurut kami sedikit kurang asin. Selain daging ayam, di dalamnya terdapat sayur-sayuran seperti kapri, kembang kol, wortel, dan jamur kancing.

Seperti nama restorannya, kacang merah tak ketinggalan. Rasanya lebih legit, agaknya memakai kacang merah kalengan. Semua sayurannyapun terasa garing, tampaknya diblansir sehingga kesegarannya terjaga. Hidangan ini pas untuk yang sedang berdiet karena ringan dan segar.

Brokoli cah sapi (Rp 44.900) dan tahu telur asin (Rp 39.900) jadi pilihan kami selanjutnya untuk menemani makan nasi. Wuih, potongan daging sapi, jamur champignon, dan irisan daun bawang dengan sedikit saus tiram disiramkan di atas tumpukan brokoli. Hmm... Aroma gurihnya bikin liur menetes!

Daging sapi yang dimasak hingga kecokelatan terasa sedikit manis karena pengaruh saus tiram. Namun, yang jadi favorit kami adalah tahu telur asin. Hidangan ini berupa tofu berbalut tepung tipis yang digoreng kering. Kemudian diberi bumbu bawang dan kuning telur asin rebus yang jadi sausnya.

Olala, tofunya terasa renyah di luar dan super lembut di dalam! Saus telur asin membuat citarasanya gurih asin khas. Wah, saus telur asin memang tak pernah mengecewakan kami, baik dimasak dengan kepiting soka, udang maupun tofu. Sedikit acar wortel dan lobak bisa disantap untuk menyeimbangkan gurihnya.

Kami menepuk-nepuk perut yang kekenyangan usai makan. Namun, kami tak bisa duduk berlama-lama karena di luar restoran ada beberapa orang menunggu untuk bisa makan di sini. Sebelum kami meninggalkan restoran, tak lupa, biaya makan ditanggung bersama! Asyik bukan?


Red Bean
Puri Indah Mall lantai 2, Kembangan
Jakarta Barat
Telepon: 021-5822558

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com