Wah, Nikmatnya Mie Sehat Bumbu Teripang Laut!

- detikFood Kamis, 30 Mei 2013 13:02 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Mie yang satu ini diracik tanpa MSG. Untuk mendapatkan rasa lezat alami dipakai teripang. Mie nya yang tebal dan lembut dengan topping potongan ayam yang gurih. Ditambah sayuran, daun bawang, dan pangsit goreng. Wah, benar-benar nikmat!

Bagi para pecinta mie ayam, nama Mie Ayam Gamat mungkin sudah tidak asing. Rumah makan spesialis mie ayam ini mulanya hanya ada di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Saat ini mereka membuka cabang kedua di Jl. H. Amil, Pejaten Barat.

Cabang Mie Ayam Gamat di Pejaten Barat ini memang cukup sederhana. Sebuah gerobak kayu khas tukang bakso terdapat di depan restoran digunakan sebagai dapur untuk menyiapkan hidangan. Dalam daftar menu tertera beberapa fakta menarik tentang mie ayam di restoran ini.

Mengangkat hidangan mie ayam tanpa MSG, restoran ini justru lebih memilih meracik bumbu campuran mie dan kuah menggunakan gamat atau teripang laut jenis golden sea cucumber. Katanya konsumsi gamat bisa menstimulasi regenerasi sel hingga membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti asam urat hingga diabetes.

Wah, kami semakin penasaran mencoba satu mangkuk mie ayam ini. Melihat daftar menu, hanya ada empat pilihan penyajian yaitu mie ayam gamat polos, pangsit, bakso dan komplit. Mie nya pun bisa dipilih antara yamien atau mie biasa.

Seporsi mie ayam gamat yamin pangsit dan mie ayam gamat komplit jadi target kami. Berhubung siang itu termasuk sepi, pesanan kami pun tidak lama langsung datang dan masih mengepul hangat untuk dinikmati.

Hidangan mie ayam gamat yamin pangsit (Rp 12.000) terlihat sangat menggoda. Mie ayam kecokelatan berbumbu kecap menampilkan warna yang kontras dengan topping potongan ayam, sayuran sawi, potongan daun bawang, pangsit goreng dan pangsit rebus. Pelengkapnya, semangkuk kuah berwarna kuning kecokelatan.

Aroma manis gurih kecap dan pedas lada langsung terhirup dari mie yamin. Mie nya yang kecil tapi tebal sangat lembut saat dikunyah. Pedas lada sangat terasa saat dikecap dengan sentuhan rasa manis yang enak.

Potongan ayam berwarna putih pucat juga tidak kalah nikmatnya, walaupun rasa asin sedikit lebih kuat tapi daging ayam yang lembut ini tidak berminyak. Supaya hidangan mie tidak terlalu kering, kuah pun perlahan dimasukkan. Jika dicicipi secara terpisah memang rasa kuah ini cenderung hambar dengan aroma wangi bawang putih.

Tidak afdol jika tidak menikmati mie ayam beserta topping sayuran sawi, potongan daun bawang wangi, dan pangsit. Satu suapan mie ayam semakin nikmat tekstur renyah gurih dari ketiga topping ini. Sayangnya, pangsit rebusnya terlalu tebal sehingga agak keras dengan sedikit isian daging ayam yang tajam aroma ladanya.

Untuk pilihan menu yang lebih kenyang, ada Mie Ayam Gamat Komplit (Rp 14.000). Hidangan ini menyajikan mie putih kekuningan polos dengan topping potongan ayam, sayuran sawi, potongan daun bawang, pangsit goreng dan pangsit rebus. Tidak lupa, satu mangkuk berisi dua buah bakso kuah jadi pelengkapnya.

Karena tidak dicampurkan dengan kecap seperti mie yamin, aroma kuat lada benar-benar menonjol. Mie yang disajikan tidak kalah lembut dan mulur. Saat dinikmati jejakan rasa gurih asin dari campuran garam dan bumbu teripang terasa kuat dengan rasa pedas lada jauh lebih dominan.

Bakso dengan ukuran relatif kecil juga kenyal-kenyal empuk. Makin lezat mengiringi suapan mie yang gurih enak.

Setelah perut sudah kekenyangan menyantap satu mangkuk mie dengan porsi lumayan besar ini, segelas es jeruk (Rp 7.000) segar menjadi penutup yang sempurna untuk menyegarkan tenggorokan. Waah, ternyata makanan sehat juga tetap mantap!


Mie Ayam Gamat

Jl. Danau Toba blok A69
Bendungan Hilir
Jakarta Pusat

Jl. Amil 10 C (Dekat RS Siaga)
Pejaten Barat – Jakarta Selatan
Telepon: 081222200249 / 021- 96446256

(flo/odi)