Wuah! Segarnya Sepiring Asinan Sewan Bedeng

- detikFood Selasa, 21 Mei 2013 11:48 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Usai berbelanja di Varia Store bisa langsung jajan enak di depan toko. Ada asinan yang segar pedas dan disiram kuah kacang yang gurih. Kalau belum kenyang siomay, batagor, bakso, es podeng, es buah dan pastel isi telur juga bisa dinikmati. Jajanan yang beragam siap menggoda iman.

Sepanjang JL. Ki Samaun Tangerang memang terkenal dengan kawasan kulinernya. Meskipun berjualan di trotoar, para penjaja makanan tak pernah sepi dihampiri pelanggan. Mulai dari pegawai kantor di seputaran kawasan ini ataupun para ibu yang usai menjemput anaknya dari sekolah.

Saat udara siang sedang terik seperti hari ini, paling enak makan yang asam-asam segar. Hmm.. asinan Sewan Bedeng (Rp. 13.000) pun jadi sasaran pertama kami. Nama belakang asinan ini adalah nama salah satu kawasan pemukiman di Tangerang, bisa jadi sang penjual adalah penduduk asli Sewan.

Stoples-stoples bening pada gerobak asinan berwarna biru ini terjejer rapih dan berisi aneka topping asinan. Mulai dari wortel serut, mentimun, tahu, kentang, kol, tauge, sawi asin, kacang tanah hingga saus kacang yang berwarna kuning. Tak ketinggalan kerupuk mie kuningpun dikemas dalam plastik besar.

Racikan asinan ini mengingatkan saya pada asinan Betawi. Sambil menunggu asinan diracik, sayapun sudah mengincar gerobak es podeng yang ada disampingnya. Tak lama kemudian sepiring asinanpun disajikan lengkap dengan kerupuk mie yang sengaja dimemarkan dan sambal rawit hijau plus taburan kacang tanah goreng. Tak lupa kucuran sedikit sirop gula merah melengkapi asinan ini.

Wah, aroma segar dan asam cuka mulai menggelitiik hidung. Benar saja saat suapan pertama tekstur wortel serut, tauge dan kol, begitu garing, rasanya makin berwarna saat sawi asin yang segar mulai terasa di lidah. Ahh.. rasa asam, segar dan tekstur renyah terasa enak di mulut.

Kentang dan tahunya terasa lembut, diselingi kerupuk mie kuningnya yang renyah. Siraman kuah kacang yang asam segar dan sedikit sambal rawit hijau membuat asinan ini makin cepat sedap dan cepat beralih ke mulut. Huah.. segarnya!

Rasa pedas cabai yang tertinggal di lidah langsung dibilas dengan semangkuk es podeng (Rp. 6.000) yang manis dan lembut. Es puter rasa kelapa ini menutupi isiannya yang terdiri dari kelapa muda, alpukat, kacang hijau dan mutiara. Isian es podeng inipun cepat tandas.

Belum puas menyantap asinan, gerobak siomay Bentang Pasar Lama yang berada persis di sebelah kiri gerobak asinan inipun menggoda selera. Akhirnya seporsi siomay yang berisi otak-otak, siomay ikan, telur dan tahu disiram dengan saus kacang dan saus sambal ada di tangan. Siomaynya empuk begitu juga dengan tahu, telur dan otak-otak ikan, kenyal empuk dengan semburat wangi segar jeruk limau yang diperas langsung di atas saus kacang.

Meski perut sudah terasa kenyang, namun gerobak bakso yang tak kalah ramai dihampiri pengunjung membuat kami penasaran. Kamipun memesan seporsi bakso (Rp. 11.000), dengan isian sebutir bakso urat ukuran besar, empat butir bakso alus dan mie kuning.

Bakso uratnya disajikan dengan dibelah-belah seperti kelopak bunga, terasa empuk dan kenyal-kenyal dari urat sapi. berbeda dengan bakso alusnya yang cenderung lebih empuk dan mulus. Mie kuning yang kenyalpun makin mantap disuap dengan kuah kaldu bening dan hangat. Slrup!

Wah, menu makan siang yang murah meriah ini dengan cepat membasmi rasa lapar kami. Masih tergoda dengan penjaja camilan, kamipun membungkus pastel isi telur (Rp. 2.000) untuk camilan sore nanti. Ah, di tengah bulan pun kami tetap bisa jajan enak. Mampir yuk!

Asinan Sewan Bedeng
Jl. Ki Samaun (Depan Varia Store)
Tangerang

(dyh/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com