Monggo Jajan Pecel Ndeso, Gurih Pedes Komplet!

- detikFood Selasa, 02 Apr 2013 11:57 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Pecel bisa jadi makanan sehat kalau sedang berdiet. Racikan 9 jenis sayuran di rumah makan ini disiram bumbu wijen atau kacang. Disuap dengan nasi merah plus lauk ayam goreng. Kerupuk gendar yang gurihpun menambah kesedapan pecel ini.

Kalau di daerah Solo umumnya orang menyantap pecel untuk menu sarapan. Biasanya dijajakan keliling atau di sudut pasar tradisional. Sayurannya juga beragam yang biasa diambil dari tanaman pekarangan. Disiram sambal kacang dan diberi remasan kerupuk gendar. Pedas, gurih, sedap!

Karena banyak orang kota yang mulai menjalani hidup sehat maka pecel sayuran jadi naik pamor, dijajakan di rumah makan atau resto khusus. Seperti Pecel Solo Waroeng Tempoe Doeloe yang kini punya banyak cabang di Jakarta dan kota besar lainnya.

Suasana Jawa yang kental juga ikut diusung oleh cabang terbaru Pecel Solo di kawasan Flavor Bliss Alam Sutra Tangerang. Dinding serba kayu dengan hiasan kalung sapi di sisi atas kisi jendela memberi suasana ndeso atau kampung.

Kerai bambu, teras terbuka di bagian luar dan pajangan aneka benda kuno seperti lemari, lampu, meja kayu jati dari kereta kuno menambah susana Jawa yang kental. Yang pasti bagian tengah yang dijadikan tempat meracik aneka lauk dan sayur langsung menarik perhatian.

Kalau ingin bisa menikmati aroma makanan secara langsung, bisa langsung memilih duduk di keliling meja area lauk ini. Persisi seperti jajan pecel di warung atau pasar. Tinggal sebut saja lauknya mau apa saja. Ada sekitar 9 sayuran rebus yang disususn melingkari meja di area ini.

Masih dilengkapi dengan beragam lauk, telur pindang, rempeyek udang, tahu dan tempe bacem, belut goreng, wader goreng, empal, serundeng telur hingga kerupuk dan sambal. Pecel tersedia dalam racikan pecel komplet pakai sambal kacang atau pecel ndeso dengan sambal wijen.

Kalau mau praktis juga tersedia paket komplet dengan lauknya. Daftar lauknya cukup banyak dan bisa dipilih sesuai selera. Pecel komplet nasi merah (Rp.22.000), disajikan dalam piring anyaman lidi beralas daun pisang. Aroma gurih pedas sambal wijennya tercium tajam.

Tiap jenis sayuran diracik sejumput sehingga agak sulit dialacak. Paling pas memang diaduk jadi satu. Meskipun warnanya kehitaman, rasanya gurih-gurih pedas. Pas disuap dengan nasi merah, meskipun tidak hangat teksturnya yang kenyal cocok dipadu dengan pecel.

Ayam goreng (Rp. 14.000) yang diungkep dengan bumbu ketumbar menjadi lauk yang pas buat nasi pecel ini. Remahan gurih bumbu melengkapi sedapnya pecel. Kerupuk gendar yang tebal, tidak terlalu asin menjadi pelengkap enak. Sedikit lembek tersiram bumbu pecel, makin asyik dikunyah .

Pecel komplet berbumbu kacang (Rp.20.000) ternyata tidak mengecewakan. Meskipun sedikit kurang halus gerusan kacangnya. Ada semburat manis di sela-sela rasa gurih pedasnya. Selain pecel, makanan khas Solo seperti Selat Solo, Garang asam ayam, nasi langgi dan nasi liwet juga tersedia.

Seporsi nasi liwetpun (Rp. 22.000) jadi penumpas rindu Solo. Disajikan dalam pincuk daun pisang, nasi gurih, diberi topping sambal goreng jipang (labu siram) yang sedikit oranye kemerahan, potongan tahu, suwiran opor ayam dan telur pindang.

Nasinya terasa pulen gurih, hanya sayang sedikit kurang pedas. Andai saja irisan labu siamnya lebih kecil dan siraman kuah opornya sedikit lebih banyak pastinya rasa gurih manisnya akan menonjol. Santapan sehat inipun sempurna ditutup dengan es beras kencur (Rp.15.000).

Gurih wangi kencurnya dipadu dengan adas yang semriwing. Pastinya pas buat membilas jejak wijen dan kacang yang gurih di mulut. Nah, kalau kangen pecel atau sego liwet Solo, mampir saja ke resto ini. Monggo!

Pecel Solo
The Flavor Bliss
Alam Sutera, Serpong
Telepon: 021-553140319




(flo/odi)