Rekomendasi Redaksi

Soto Kudus Paling Uenak di Jakarta Ada di Sini!

- detikFood Jumat, 15 Mar 2013 12:24 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Di balik mangkuk mungilnya, soto Kudus yang panas mengepul menyimpan banyak manfaat. Di antaranya ampuh mengobati perut lapar, menghangatkan badan, sekaligus memulihkan stamina bagi yang sedang kurang fit. Apalagi kalo mencicipi soto Kudus paling uenak se-Jakarta. Sedep tenan!

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang ada banyak ragamnya. Selain dinamakan berdasarkan bahan utamanya seperti soto ayam atau soto babat, soto juga diberi nama sesuai daerah asalnya. Seperti soto Kudus yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah.

Soto Kudus
memiliki ciri khas disajikan di mangkuk porselen kecil dengan sendok bebek. Biasanya nasi dicampurkan ke dalam kuahnya, namun adapula yang dipisah. Isinya berupa suwiran daging ayam, tauge, seledri, dan bawang putih goreng.

Kuahnya berwarna kuning keruh. Bisa ditambahkan air jeruk nipis, sambal cabai rawit rebus, atau kecap manis kalau suka. Ciri khas lainnya adalah aneka pelengkap yang disajikan terpisah dengan soto Kudus, seperti perkedel, tempe goreng, serta sate kerang, telur puyuh, jeroan, atau ati ampela.

Di Jakarta ada banyak tempat makan yang menjual soto Kudus sebagai menu utama. Ada yang di warung tenda pinggir jalan seperti Soto Kudus Asli, restoran ber-AC seperti Soto Kudus Kencana, adapula restoran dengan banyak cabang seperti Soto Kudus Blok M.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Detikfood, ketiga tempat ini terkenal menyajikan soto Kudus paling sedap di Jakarta. Karena penasaran ingin membuktikan mana yang paling enak, kamipun mencicipi ketiganya.

Soto Kudus Blok M termasuk restoran khusus soto Kudus yang paling lama dan banyak memiliki cabang di Jakarta. Di sini, soto Kudusnya dijual dengan harga Rp 16.000 per mangkuk, baik yang dicampur dengan nasi maupun dipisah.

Kuahnya berwarna cokelat bening dan terasa manis ketika diseruput. Diperlukan tambahan beberapa condiment seperti jeruk nipis, sambal, atau kecap manis agar rasa kuahnya pas. Suwiran ayamnyapun kalah banyak dibanding taugenya. Soto Kudus ini ditaburi dengan kucai serta bawang putih dan bawang merah goreng.

Di Soto Kudus Kencana, soto campur nasi ditawarkan dengan harga Rp 17.000, sementara kalau dipisah jadi Rp 22.000 per porsi. Kuahnya berwarna kuning keruh. Bawang putih goreng tampak royal ditaburkan di atasnya. Ternyata, di dalamnya juga ada irisan bawang putih yang tak digoreng.

Sudah dapat ditebak bahwa kuahnya beraroma kuat bawang putih. Andapun tak perlu menambahkan garam karena kuahnya sudah cukup asin. Seperti umumnya soto Kudus, di dalamnya juga terdapat suwiran daging ayam, tauge, seledri, dan bawang merah goreng.

Terakhir, kami mencicipi Soto Kudus Asli. Berbeda dengan kedua tempat lain, soto Kudus ini disajikan di warung kaki lima. Ada dua ukuran, yakni mangkuk kecil (Rp 13.000) dan besar (Rp 14.000). Nasi sudah dicampurkan di kedua mangkuk tersebut.

Isiannya tampak lebih padat di dalam mangkuknya. Ada suwiran daging ayam, tauge, seledri, dan bawang putih goreng. Kuahnya berwarna kuning, terasa manis berbumbu ketika diseruput. Tanpa tambahan condiment, bagi kami rasanya sudah cukup nikmat.

Terbukti bahwa sajian di tempat sederhana tak selalu kalah dibanding di restoran nyaman. Kali ini, Detikfood memilih Soto Kudus Asli sebagai juaranya. Dengan harga yang lebih murah, kami mendapatkan soto Kudus dengan isian lebih padat dan rasa yang sedap. Rasanya paling mirip dengan racikan soto ayam di kota Kretek, kota asalnya.

Mau membuktikan sendiri kelezatan soto Kudus yang kami coba? Datangi saja tempat-tempat berikut:

Soto Kudus Blok M
Jl. Tebet Raya No. 10, Tebet
Jakarta Selatan
Telepon: 021-8303491

Soto Kudus Kencana
Graha Kencana (dekat RCTI dan Pizza Hut)
Jl. Raya Perjuangan 88B, Kebon Jeruk
Jakarta Barat
Telepon: 021-5325921, 5325922

Soto Kudus Asli
Jl. Arteri Pondok Indah
Seberang Masjid Pondok Indah, antara Wisma Pondok Indah dan Aquarius
Jakarta Selatan
Jam buka: 17.00-22.00


(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com