Sedep Raos Nasi Ungu Iga Goreng Asem Pedas

- detikFood Kamis, 07 Feb 2013 11:36 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Capek berbelanja di FO, mampirlah mengisi perut di sini. Ada nasi warna-warni komplet dengan lauknya. Nasi berwarna ungu cantik disuap dengan iga goreng dengan bumbu mangga muda yang pedas-pedas segar. Ah, masih ada pula seporsi batagor yang enak! Yuk, makan!

Kalau sudah capek berjalan-jalan dan belanja, sebagai pengisi perut yang mantap dan nyaman pastilah nasi komplet. Begitu juga saat berada di Jl. Riau Bandung, rumah makan Sangrai yang ada di halaman FO Heritage langsung menarik perhatian. Pasalnya meskipun mungil tempat ini punya racikan nasi komplet yang beragam.

Dari dapur mungil terbuka, terdengar bunyi wajan beradu dengan sendok penggorengan dan aroma wangi bawang dan cabai langsung terhirup. Wah, perutpun langsung tergelitik makin lapar. Menu yang disodorkan ternyata bikin perut makin lapar. Betapa tidak? Ada beragam pilihan nasi. Mau nasi ungu, nasi pandan, nasi tutug oncom atau nasi liwet. Tinggal pilih!

Lauknya bisa gepuk, ayam goreng, ayam bakar dan disajikan komplet dengan tahu tempe goreng plus sambal. Tentu saja pilihan menggiurkan ini tak bisa dilewatkan. Sementara menanti pesanan dibuat, seporsi Tahu Gerus disajikan dalam cobek kayu. Potongan tahu goreng yang dimemarkan ini terlihat sederhana. Bagian tengahnya dimemarkan dengan gerusan cabai di kelilingnya.

Rasa lembut halus langsung terasa si lidah. Tak dapat dibohongi, tahu produksi Talaga yang terkenal kelembutannya menjadi bahan utama. Iringan rasa pedas-pedas gurih di mulut, membuat kami tak bisa berhenti mengunyah.

Nasi ungu yang disajikan cantik didampingi dengan iga sapi goreng dalam wadah terpisah. Iga sapi gorengnya nyaris tak terlihat. Ditimbuni tumisan mangga muda, bawang dan cabai yang aromanya pedas menusuk hidung.

Potongan daging iga yang dibalut tepung digoreng kering. Rasanya gurih kenyal dan empuk. Sementara tumisan mangga mudanya renyah asam diselingi cabai yang pedas dan renyah. Hmm..lauk ini jadi makin serasi dengan nasi ungu yang agak manis karena diaduk dengan ubi ungu yang dihaluskan.

Tekstur renyah pedas dengan sapuan aroma bawang putih dan kencur menjadi ciri khas nasi tutug oncom. Nasi yang diaduk dengan oncom hitam, bumbu cabai dan bawang ini memang sajian nasi khas Sunda yang sudah tak banyak disajikan orang.

Nasi yang pedas-pedas gurih ini didampingi ayam bakar yang manis pedas, tahu dan tempe goreng. Rasa pedas manis ayam bakar yang empuk juga enak dikunyah dengan sangu tutug oncom yang renyah pedas dan harum. Sebuah perpaduan serasi yang bikin perut benar-benar kenyang!

Wah, ternyata gerobak Batagor Karasa yang ada di sudut rumah makan ini tak henti-henti menebarkan aroma gurih semerbak. Akhirnya seporsi batagor hangat mengepul pun tersaji. Maklum saja tak lengkap kalau ke Bandung tidak mengudap jajanan unik ini.

Berbeda dengan dua batagor ternama di Bandung, batagor Karasa terdiri dari potongan tahu putih yang lembut dengan topping adonan ikan. Juga adonan ikan yang dibungkus kulit pangsit merekah. Keduanya digoreng kuning keemasan cantik, disajikan panas lengkap dengan sambal kacang, kecap manis dan jeruk limau.

Sekali gigit langsung terasa adonan yang empuk gurih, juga tahunya sangat lembut. Pangsitnya pun krenyes renyah. Sambal kacang yang mulus, sedikit air jeruk limau dan kecap manis melengkapi kelezatan batagor ini. Akhirnya batagor inipun kami pesan untuk oleh-oleh. Ah, akhirnya perut kenyang, belanja dan oleh-oleh juga lengkap.

Yang menyenangkan, selain makanan hangat dan segar serta rasanya oke, harga yang ditawarkan juga tak mahal. Berkisar sekitar Rp. 25.000,00 per porsi lengkap. Jadi dengan biaya tak sampai Rp. 50.000,00 per orang, makan sedap dan enak bisa dinikmati. Tunggu apa lagi? Mampir yuk!

Sangrai
Jl. Riau 63 ( di samping FO Heritage )
Bandung
Telepon: 022-91566224







(odi/odi)