Hmm..Hangat Lembut Bubur Tio Chiu 3 Rasa

- detikFood Senin, 12 Nov 2012 11:42 WIB
Foto: www.detikfood.com Foto: www.detikfood.com
Jakarta - Racikan bubur tio chiu a la Cina ini memang berbeda dengan bubur lainnya. Teksturnya tidak halus namun masih berbentuk butiran nasi yang lembut dan gurih. Fillet ikan kakap, udang segar, dan cakwe goreng makin menyempurnakan rasanya yang istimewa!

Cuaca dingin karena hujan rintik-rintik yang mengguyur sebagian kota Jakarta kemarin malam paling pas ditumpas degan makanan yang serba hangat. Hmmm... apalagi rasa lelah plus cuaca dingin diluar sana membuat perut jadi semakin lapar. Tak salah pilih rasanya jika mampir ke rumah makan bubur yang satu ini.

Tak sulit mencari restoran yang menyediakan menu andalan bubur ini karena letaknya persis di keramaian Jl. Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat. Spanduk besar bertuliskan 'Istana bubur' melambai-lambai di depan sebuah ruko. Sudah terbanyang-bayang semangkuk bubur hangat mengepul untuk menghalau udara yang dingin neggigit.

Meski jam sudah menunjukkan pukul 22.00 malam namun hampir sebagian besar kursi masih terisi pengunjung. Wah... rupanya cuaca dingin membuat hampir sebagian orang berpikiran sama seperti saya, yaitu ingin menikmati semangkok bubur hangat. Agar kebagian tempat saya pun segera bergegas mencari tempat duduk yang masih kosong.

Menu yang khas dari restoran ini berupa bubur tio chiu. Bubur versi China ini berbeda dari bubur lainnya karena bubur ini lebih mirip sup bubur. Jadi bubur tidak dimasak dari beras tetapi dari nasi. Nasi yang dimasak dengan kaldu sehingga butiran nasi masih terlihat utuh. Teksturnya juga tidak halus encer melainkan masih sedikit berbentuk butiran nasi.

Sebenarnya tak begitu banyak varian bubur yang ditawarkan di 'Istana Bubur' ini. Untuk buburnya bisa memilih bubur ayam, bubur ikan, dan bubur pitan. Sedangkan bubur spesialnya berupa Bubur 2 Rasa yang terdiri dari topping ayam dan ikan, serta Bubur 3 Rasa yang bertopping ikan, ayam, dan udang. Jika mau bisa juga diberi topping tambahan pitan atau telur kampung.

Selain bubur ada pula menu oriental lainnya seperti nasi hainan, nasi goreng, sapi lada hitam, dan aneka seafood. Untuk minuman ada soft drink, aneka jus, es campur dan wedang ronde. Namun sayang wedang ronde malam itu sudah habis dipesan sehingga saya harus puas dengan segelas teh hangat.

Bubur 3 Rasa pesanan saya tampil dalam mangkok putih berukuran cukup besar. Bubur putih yang mengepul panas ini diberi topping irisan ikan kakap, 4 buah udang, irisan cakwe, daun bawang, dan daun selada. Bubur tio chiu selain butiran nasinya masih terlihat, daun selada yang ditimbun bubur menjadi ciri yang unik. Hmm... semuanya tampak lezat di mata saya!

Setelah meniup bubur agar tidak terlalu panas dan menyuapkannya ke dalam mulut hangatnya langsung menjalar ke seluruh tubuh. Rasa gurihnya akibat kaldu yang dimasak bersama beras membuat rasa gurih menyatu dengan butiran kasar bubur. Hmm.. buat saya gurihnya kaldu tersebut pas di lidah, sehingga saat ditambah percikan kecap asin dan sambal membuat rasanya makin enak! Padahal kalau bubur biasa yang kental dan lembek terus terang saya kurang suka.

Sebagai teman menyantap bubur tio chiu saya pun memesan seporsi cakwe mayonaise dan udang saus tom yam. Berbeda dengan cakwe goreng yang menjadi topping bubur, di bagian dalam cakwe mayones ini ada kejutan berupa cincangan udang sehingga cukup mengenyangkan.

Cumi dengan saus tom yam yang membuat saya sedikit penasaran juga tidak terlalu mengecewakan. Cuminya segar sehingga rasanya lembut dan tidak alot seperti karet. Irisan tomat rupanya ikut memberikan sensasi asam dan irisan rawit merah yang ada disela-sela potongan cumi inilah yang merupakan sumber dari rasa pedas mengigit.

Ternyata santapan bubur yang hangat gurih bisa menumpas rasa dingin di badan dan lambung pun terasa hangat dan padat! Rata-rata harga bubur biasa di rumah makan ini Rp 16.000,00/porsi. Sedangkan untuk bubur spesial kombinasi dihargai mulai Rp 22.000,00 - Rp 25.000,00. Jadi, buat mereka yang ingin menghangatkan tubuh dengan semangkok bubur dan wedang ronde malam nanti mampir saja ke 'Istana'!

Istana Bubur
Jl. Tanjung Duren Raya No.359A
Jakarta Barat
Telp: 021-5641119
Jam Buka: 11.00 - 23.00



(odi/odi)