Ayo, Makang Siang Dengan Mama Thia Pe Nasi Kepel!

- detikFood Selasa, 16 Okt 2012 11:48 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Nasi kuning umumnya disantap orang Manado sebagai salah satu menu sarapan. Nasi berikut lauk-pauk khasnya kini bisa dinikmati kapan saja. Bahkan kalau perlu tak usah ke luar rumah. Pulen dan wangi nasinya diberi topping sambal roa dan dibungkus daun pisang! Hmm... Sedapnya!

Bisnis makanan online semakin menjamur. Kali ini, penyanyi Cynthia Lamusu yang mencoba peruntungan dengan mendirikan 'Dapur Mama Thia'. Mama Thia merupakan panggilan kesayangan para keponakannya untuk Cynthia.

Idenya berawal dari kecintaan Cynthia dan sang suami, Surya Saputra, terhadap kuliner tradisional Indonesia. Cynthia belajar meracik bumbu warisan ibundanya, kemudian dikembangkan menjadi racikannya sendiri. Sang suami yang pernah menjadi pembawa acara kuliner bertugas sebagai pencicip.

Nasi kepel menjadi ciri khasnya. Selain itu, ada pula berbagai lauk yang dijual dalam mangkuk plastik. Sambal roa dan pampis ikan menjadi pilihan menu yang mencerminkan darah Manado Cynthia. Tak mau kalah, Surya juga menyumbangkan resep udang saus. Selain itu, ada menu yang terinspirasi kuliner Betawi, Jawa, dan Sulawesi seperti dendeng suwir, jambal pete, ayam semur, teri kacang, serta bakso pedas.

Karena penasaran dengan nasi kepel yang sudah dibicarakan banyak orang, maka sayapun memesan satu boks nasi kepel reguler (Rp 125.000) dan satu cup pampis ikan (Rp 55.000). Pilihannya bisa diantar atau diambil ke lokasinya. Untuk menghemat waktu maka pesanan pun saya minta diantar pas menjelang makan siang.

Kemasannya rapi dan berlabel hijau menarik. Satu boks berisi 12 nasi kepel reguler dengan tiga pilihan lauk, yakni dendeng suwir, sambal roa, dan teri kacang. Masing-masing nasi kepel ini dibungkus dengan daun pisang, lalu dikemas bersama sendok dan tisu dalam bungkus plastik.

Nasi kepel ini berbentuk segiempat panjang, sedikit lebih gendut dari kue pisang. Ukurannya kira-kira dua kali nasi kucing atau sekitar 50 gram. Jadi, agar kenyang mungkin butuh dua bungkus. Di dalamnya terdapat nasi kuning yang pulen, bihun, dan lauk pilihan.

Saat nasi kepel sambal roa dibuka, langsung tercium aroma sambal roa yang sangit pedas. Gurih menusuk hidung. Daging ikan roa disuwir-suwir dan dimasak dengan sambal. Nasi kuningnya pulen gurih, dan sambal roanya memang dahsyat. Pedas menggigit yang makin lama makin terasa. Mungkin, buat orang Manado masih belum terlalu pedas. Bihun yang ditumis bawang berwarna putih melengkapi nasi kuning ini.

Nasi kepel berlauk dendeng suwir sedikit lebih manis. Daging sapi berbumbu dendeng disuwir halus dan dibumbui dengan cabai merah. Ada semburat pedas-pedas manis dan gurih. Yang ini juga cocok buat mereka yang tak suka rasa pedas menyengat.

Yang berlauk teri kacang tak terlalu istimewa. Teri Medan tawar yang kecil-kecil digoreng dan dibuat kering dengan kacang dan tambahan cabai goreng. Ada aksen krenyes gurih pedas. Semua nasi kepel dilengkapi dengan sedikit bihun tumis berwarna putih yang dibumbui bawang putih.

Pampis ikan yang dikemas dalam mangkuk plastik warnanya kecokelatan dengan serpihan cabai merah yang digoreng kering. Aroma gurih sedikit asam khas ikan cakalang menguap saat tutupnya dibuka. Teksturnya halus ringan, mirip abon ikan dengan rasa pedas gurih. Pas untuk tambahan lauk menuntaskan nasi kepel.

Sajian Dapur Mama Thia ini cocok untuk yang ingin menikmati masakan tradisional, terutama Manado, tanpa repot. Tinggal telepon, pesanan diantar sampai ke tempat Anda. Bisa juga untuk dibawa sebagai bekal atau untuk acara syukuran. Pasalnya, Dapur Mama Thia juga menyediakan menu nasi paket, tumpeng, dan gubug untuk acara khusus.

Namun, ada yang perlu diperbaiki dari Dapur Mama Thia. Bisa dibilang, satu-satunya sumber informasi adalah akun Twitternya. Akan lebih baik jika dibuatkan website atau Facebook page yang menjelaskan menu, harga, contact person, dan sistem pemesanannya dengan baik. Jadi, mereka yang berminat dapat langsung menghubungi nomor telepon yang tertera dan memesan. Tak perlu lagi bingung dan bertanya berulang-ulang.


Nah, kalau makan siang malas ke luar kantor, mungkin Mama Thia pe nasi kepel bisa dipesan!


Dapur Mama Thia
Telepon: 089636347803
Twitter: @dapurmamathia
Email: dapurmamathia@gmail.com



(fit/odi)