Dua Jempol untuk Huize van Wely

- detikFood Selasa, 03 Apr 2012 11:29 WIB
Foto: Bondan Winarno
Jakarta - Huize van Wely adalah restoran fine dining yang sudah dikenal sejak tahun 1922 di Amsterdam, Den Haag, Wassenaar, Noordwijk, Breda, dan Nieuwegein – semuanya di Negeri Belanda. Di Jakarta, restoran ini baru dikenal sejak 1990-an.

Huize van Wely bukan hanya restoran, tetapi juga toko kue, toko es krim, dan juga sekaligus toko jajanan coklat. Semuanya berkelas tinggi. Untuk dapat mencicipi semua ini, pilihan yang terbaik adalah bertandang saat minum teh di sore hari.

High-tea set, ditawarkan mulai pukul 2 siang hingga pukul 6 sore, dengan harga Rp 290 ribu untuk berdua (bila sendiri, Rp 175 ribu). Untuk mendampingi pilihan teh dan kopi, disajikan dengan berbagai kue, scones dengan krim kocok, dan pilihan es krim.

Pilihan tehnya cukup beragam: pu er imperial, peche, fruit de passion, sencha, long jing, rooibos, dan lain-lain. Kopinya dari kualitas terbaik: Illy. Dari kartu menunya, masih dapat lagi dipesan kue-kue khas Belanda, seperti: kroket, saucijzen brood, bitter ballen, rookworst, dan lain-lain.

Untuk makan siang dan makan malam, daftar menunya tidak terlalu luas, tetapi lengkap dan mewakili pilihan terbaik. Untuk appetizer, misalnya, tersedia: prawns vol au vent, escargot bourguignonne, dan chicken quesadillas. Untuk salad hanya tersedia dua macam: caesar dan oriental chicken. Begitu juga untuk sup, hanya tersedia dua jenis: traditional Dutch pea soup (non halal) dan tomato soup.

Dari daftar menu sajian utama, terlihat: barbeque shortribs (Rp 205 ribu), lobster thermidor, Huize van Wely steak (Rp 235 ribu), mandarin chicken, lamb shank, dan dover sole (Rp 435 ribu). Rekomendasi saya adalah lamb shank. Dengan harga Rp 185 ribu, sajian ini benar-benar value for money untuk tempat semewah ini. Dagingnya sangat empuk dan lezat. Disajikan di atas kentang ongklok yang sangat lembut. Saus gurihnya berbasis tomat. Mak nyuss!

Biasanya, supaya saya tidak melewatkan dessert-nya yang irresistible, saya memesan wagyu burger (Rp 150 ribu) yang porsinya tidak terlalu besar. Pilihan dessert-nya memang terlalu menggoda: crepes alaska, chocolate terrine with fresh raspberries, roasted wallnuts, vanilla creme brulee – harganya antara Rp 45-70 ribu.

Dua jempol mak nyuss untuk semua sajiannya! Sedikit saran dari saya. Sekalipun restoran ini tidak melarang tamunya berpakaian santai, sebaiknya pilihlah pakaian smart casual untuk menyesuaikan dengan suasana chick and classy di Huize van Wely. Beri kejutan menyenangkan untuk pasangan Anda dengan mentraktirnya ke sini.

Huize van Wely
The Papilion, Jl. Kemang Raya 45A, Jakarta Selatan, 021 7191975/7195737
The Papilion Duo, Pacific Place Ground Floor, 021 57973645
www.huizevanwely.com

(dev/dev)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com