Sushi Oishi Harga Pantas

- detikFood Senin, 10 Jan 2011 11:34 WIB
Jakarta - Penggemar masakan Jepang di Indonesia sudah semakin banyak. Saking banyaknya, resto Jepang di Indonesia juga sudah membagi "kelas"-nya masing-masing. Ada yang fine dining dengan harga super-duper mahal. Ada yang di kelas menengah. Bahkan ada juga kelas warung tenda. Pilihan menarik dengan segala konsumen sesuai ketebalan dompet masing-masing.
   
Untuk resto Jepang kelas menengah dengan rasa autentik, Sushimise adalah salah satu pilihan tepat. Tetapi, bagi saya, positioning Sushimise kurang tepat. Gerai ini menekankan pada Fusion Sushi. Padahal, bila menyimak buku menu-nya, justru fusion sushi hanya merupakan sebagian kecil dari sajian Sushimise. Gerai ini justru menyajikan lebih banyak sajian Jepang tradisional dibanding yang jenis fusion. Dan, terus terang pula, setelah mencicipi menu tradisionalnya, saya justru memilihnya sebagai favorit.
   
Fusion sushi yang ditawarkan Sushimise tidak beda jauh dibanding sajian resto lain yang berfokus pada fusion sushi, misalnya: unagi dragon, vulcano, spiderman, black spiderman, dan lain-lain (Rp 35-74 ribu).
   
Pilihan menu-nya sangat luas. Di appetizers (Rp 12-28 ribu) ada: edamame, miso shiru, agedsahi tofu, salmon skin, chawan mushi, dan lain-lain. Untuk kategori salads (Rp 19-54 ribu) ada: wakame salad, green salad, maguro tataki, salmon tataki, cuka karaage, dan lain-lain.
   
Pilihan sushi dan sashimi-nya sangat lengkap. Tinggal dipilih yang sesuai dengan porsi dan jenis yang disukai. Sashimi yang isi 15 potong seharga Rp 160 ribu, sedang yang 5 potong dari Rp 36 ribu. Sushi campur yang isi 14 potong seharga Rp 128 ribu, atau yang sepasang mulai dari rp 17 ribu. Dengan cara ini, kita dapat mix and match sesuka kita. Misalnya, kalau sedang mengurangi nasi, pesan sepasang sushi dan sashimi yang isi 5 iris ikan. Cocok juga dengan yang anggarannya pas-pasan.
   
Kalau kurang suka ikan segar (mentah), masih banyak tawaran menu lain dari Sushimise. Misalnya: teppanyaki (Rp 25-64 ribu), udon/soba/ramen (Rp 40-63 ribu), atau bento box (Rp 40-85 ribu). Ha, Anda suka kepala ikan? Di sini ada kepala salmon kukus (dengan kuah jahe manis) yang hanya dibandrol Rp 45 ribu.
   
Kita sempitkan ke pilihan saya, ya? Untuk appetizer, saya memilih yang unik dan tidak saya temukan di resto Jepang lain, yaitu: Shiitake Garlic (Rp 20 ribu). Irisan jamur hitam (shiitake) yang ditumis dengan rajangan bawang putih garing. Duuuh, ini hidangan pembuka yang sungguh berjuta rasanya. Khususnya bila Anda penyuka bawang putih yang memang merupakan anti-oksidan paling baik. Porsinya cukup besar, bisa untuk berdua.
   
Untuk hidangan utama, saya pilih Sushi & Sashimi Deluxe (Rp 105 ribu). Ini, menurut saya, adalah porsi mewah dan sehat yang mengenyangkan. Isinya adalah 10 potong sushi campur, 12 iris sashimi campur, dan 3 iris dadar. Top markotop! Oishi-desu!
   
Sushimise yang di Plaza Bintaro ini adalah gerai terbaru dari waralaba yang sebelumnya sudah buka di La Codefin Kemang (021 7183423) dan di Teraskota BSD City (021 30025774).

Sushimise
Fusion Sushi
Plaza Bintaro Annex 4
Bintaro Jaya Sektor 3
Jakarta Selatan
021 73690752


(eka/Odi)