Nasi Briyani Paling Juara

- detikFood Senin, 23 Agu 2010 15:23 WIB
Jakarta - Untuk berbuka puasa, masakan India adalah salah satu pilihan tepat. Kebetulan pula, sejak Ramadhan ini, banyak tweet yang masuk ke saya menanyakan tempat makan nasi briyani yang paling mak nyuss. Inilah jawabnya!
   
Sebagai penggemar masakan India, sudah tidak terbilang banyaknya nasi briyani yang telah saya cicipi dari berbagai restoran India, baik yang di Jakarta, maupun di kota-kota lain. Final verdict saya - yang kebetulan juga disepakati oleh teman-teman saya di Komunitas Jalansutra - nasi briyani dari Queen's Tandoor inilah juaranya.
   
Kalau kebetulan di antara teman Anda ada yang tidak suka masakan India, restoran ini ternyata juga menyajikan masakan Tionghoa. Pasangan yang agak di luar kebiasaan. Karena saya belum pernah sekalipun mencicipi masakan Tionghoa di resto ini, maaf bila saya tidak dapat memberikan rekomendasi.
   
Bila Anda berbuka puasa dengan tiga teman lain, saya sarankan untuk memesan menu berikut (total harga sekitar Rp 500 ribu):
    2 porsi jeera pulao (nasi putih dari beras basmati)
    2 porsi garlic naan (roti yang dibakar dalam gentong tandoor)
    2 porsi raita (yoghurt polos dengan rajangan bawang merah dan ketimun)
    1 porsi rogan josh (kari kambing)
    1 porsi chicken tika (ayam panggang tandoor)
    1 porsi aloo gobi mutter (kari kentang, kembang kol, dan kacang polong)
    1 porsi bindhi masala (tumis bindih alias okra/lady's fingers)

Raita disiramkan di atas nasi - boleh juga diaduk. Warning: ini memerlukan acquired taste. Tidak mudah untuk menyukai nasi putih yang dimakan dengan yohurt. Bila Anda belum menyukainya, saya sarankan mengganti jeera pulao dan raita ini dengan nasi briyani yang lebih mirip nasi kebuli, tetapi "tendangannya" beda.
   
Naan atau roti cocoknya dipakai untuk menyantap kari kambing yang sausnya sungguh cantik nian. Mak nyuss! Kari kambing memang juga enak dimakan dengan nasi. Tetapi, bagi saya, untuk saus yang kental seperti ini justru paling cocok dicocol dengan naan. Analoginya adalah roti mantou goreng untuk mencocol saus chili crab.
   
Di resto ini, dua masakan yang jelas tidak boleh dilewatkan adalah nasi briyani dan rogan josh. (Pada rekomendasi menu di atas, sengaja tidak saya sarankan nasi briyani supaya tidak terlalu machtig/berat). Tetapi, masakan-masakan vegetarian-nya - seperti aloo gobi mutter dan bindhi masala yang saya rekomendasikan di atas - juga istimewa. Semua hidangan Queen's Tandoor terasa sangat fresh karena memang semuanya disajikan secara a la minute, yaitu dimasak berdasar pesanan. Ramadhan Kareem, saudaraku! (Bondan Winarno)

Queen's Tandoor
Permata Plaza
Jl. M.H. Thamrin kav. 57
Jakarta Pusat
021 3903287


(eka/Odi)