ADVERTISEMENT

Sensasi Makan Bakso Tumpeng dan Gembul yang Padat Isiannya

Perdana Ramadhan - detikFood
Minggu, 13 Mar 2022 17:30 WIB
Bakso tumpeng
Foto: Perdana Ramadhan/detikcom
Asahan -

Bakso yang satu ini dijamin bikin puas dan kenyang. Tidak berbentuk bola-bola mungil tetapi berbentuk tumpeng dan bola besar. Paling cocok dimakan beramai-ramai.

Bakso merupakan olahan daging sapi yang banyak variasi hingga modifikasi. Mulai dari bentuk, penyajian hingga penamaan yang agak nyeleneh agar sekadar melampiaskan hasrat penggila kuliner.

Salah satu bakso sapi yang kini mulai ramai jadi incaran penggemarnya di Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) adalah bakso tumpeng dan bakso gembul Mak Daffa. Rasanya gurih juicy dan sedap Porsinya banyak, disantap beramai-ramai tetap bikin kenyang.

Bakso tumpengSuasana area makan bakso tumpeng Foto: Perdana Ramadhan/detikcom

Warung Mak Daffa, terletak di kawasan Terminal Madya Kisaran, Kabupaten Asahan dan buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga malam.

"Andalannya di sini memang bakso tumpeng dan bakso gembul dengan kuah taichan yang pedas," kata Lastri (46) pemilik warung bakso saat berbincang dengan detikcom, Jumat (12/3/2022).

Lastri membuat sendiri olahan bakso yang dijual. Bakso dibuatnya dari daging sapi pilihan. Dicetak menggunung dengan bentuk kerucut seperti tumpeng. Tekstur baksonya empuk juicy. Aroma gurihnya menebar kuat menggoda selera. Apalagi dengan kuah bening segarnya.

Belum selesai sampai di situ, sebelum disajikan dan dinikmati dalam keadaan panas-panas, puncak kerucut bakso akan disiram dengan kuah saos sambal yang melimpah.

Bakso tumpengBakso tumpeng memiliki porsi yang banyak Foto: Perdana Ramadhan/detikcom

Bakso tumpeng yang disajikan di atas talenan yang di pinggirnya dipenuhi suwiran ayam, kacang, rajangan timun, tomat dan selada. Sementara itu isian bakso tumpeng saat dibelah terdapat telur puyuh hingga jeroan ayam.

Jadi menyantap bakso tumpeng ini tak hanya puas dengan bakso tetapi juga banyak lauk tambahannya. Makanya orang memesan selalu dimakan beramai-ramai. Dijamin bakal puas dan kenyang.

Hampir mirip dengan bakso tumpeng, juga ada bakso gembul yang berbentuk bulatan besar. Disajikan di atas mangkok dengan kuah taichan atau kuah cabe rawit merah yang pedas nendang dengan jeruk nipis di atasnya.

Bulatan besar bakso itu dikerat melintang menjadi empat bagian sehingga merekah. Di tengahnya terdapat jeroan ayam, hati dan ampela rebus. Adapun untuk satu mangkok bakso tumpeng dan gembul ini beratnya bisa mencapai 600 gram.

"Bisa kalau pesan ini dimakan dua atau tiga orang sudah kenyang. Kalau enggak habis juga kebanyakan pelanggan minta dibungkus," kata Lastri.

Warung ini memang baru enam bulan buka namun tetap ramai pengunjung. Selain bakso, pengunjung juga bisa menikmati ragam kuliner lainnya di bawah rindang pohon sawit.



Simak Video "Cita Rasa Bakso Gepeng Tebet yang Jadi Langganan Artis"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT