Nasi Uduk Betawi

8 Lauk Pendamping Nasi Uduk Betawi yang Rasanya Mantul

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 13:00 WIB
Begini Racikan Nasi Uduk Betawi yang Autentik, Sederhana Banget! Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
Jakarta -

Nasi uduk Betawi semakin nikmat disantap dengan ragam tambahan lauk. Ada semur hingga jengkol yang rasanya mantul ketika dipadukan olahan nasi gurih ini.

Nasi uduk Betawi adalah makanan khas Jakarta yang sudah sejak zaman dulu. Olahan beras dengan santan yang rasanya gurih nikmat ini sering dinikmati sebagai menu sarapan.

Selain menu sarapan, kini nasi uduk juga banyak ditawarkan malam hari. Tentu saja peminat nasi uduk sangat banyak.

Nasi uduk yang gurih sebenarnya sudah enak disantap begitu saja dengan tambahan bawang goreng melimpah. Tapi, tak lengkap tanpa lauk pendampingnya. Ada bihun goreng, semur, hingga jengkol yang banyak penggemarnya.

Baca Juga: Nasi Uduk Janda: Gurihnya Nasi Uduk Plus Puluhan Lauk Incaran Mahasiswa

Berikut 8 lauk pendamping nasi uduk Betawi:

1. Semur

Semur dagingSemur Foto: Getty Images/iStockphoto

Lauk utama yang kerap disajikan untuk nasi uduk Betawi adalah semur. Orang Betawi terkenal handal membuat semur, apalagi semur daging yang rasa rempahnya kuat.

Selain semur daging, bisa juga menggunakan bahan lain seperti tempe, tahu, telur, kentang, dan jengkol. Semur sederhana ini banyak dijumpai pada penjual nasi uduk Betawi kaki lima. Biasanya semur daging menjadi salah satu varian lauk yang paling mahal.

2. Bihun Goreng

Bihun goreng juga jadi lauk pendamping nasi uduk Betawi yang umum disajikan. Berupa bihun yang digoreng dengan bumbu sederhana dan tambahan kecap.

Biasanya bihun ditambahkan sayuran seperti kol (kubis), wortel, dan sawi hijau. Menu ini pastinya sering ditemui pada penjual nasi uduk Betawi yang masih klasik.

3. Tempe Orek

Cooking Class - Tempetempe orek Foto: Getty Images/iStockphoto

Tempe orek juga jadi lauk favorit untuk pendamping nasi uduk Betawi. Tempe orek ada yang disajikan dalam versi kering atau basah, tergantung selera penjualnya.

Rasa tempe orek yang manis dan gurih ini memang nikmat disantap dengan nasi uduk. Lauk ini juga terbilang murah, oleh karenanya jadi favorit banyak orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com