Keren! Bajaj Ini Diubah Jadi Rumah Lengkap dengan Dapurnya

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 13 Okt 2020 15:30 WIB
Keren! Bajaj Ini Diubah Jadi Rumah Lengkap dengan Dapurnya Foto: Instagram @the.billboards.collective
Jakarta -

Sebagai salah satu moda transportasi umum, bajaj ternyata bisa diubah menjadi rumah yang dilengkapi dengan dapur besar di dalamnya. Seperti bajaj milik pria ini.

Tak hanya populer di Indonesia, bajaj jadi kendaraan asli India. Karenanya menjadi salah satu transportasi umum yang jadi andalan di sana.

Baca Juga: Bukan di Dapur, Orang-orang Ini Masak di Atas Kap Mobil

Tapi siapa sangka, kendaraan roda tiga ini ternyata bisa diubah menjadi rumah kecil yang modern dan keren. Hal ini lah yang dilakukan oleh arsitek dari Tamil Nadu, India, bernama Aurn Prabhu.

Keren! Bajaj Ini Diubah Jadi Rumah Lengkap dengan DapurnyaKeren! Bajaj Ini Diubah Jadi Rumah Lengkap dengan Dapurnya Foto: Instagram @the.billboards.collective

Dilansir dari Storypick (13/10), Arun sengaja membuat rumah portabel atau rumah yang dapat dibongkar pasang, di bagian belakang bajaj yang dimilikinya.

Tujuannya membuat rumah dalam bajaj ini untuk meningkatkan kreativitas, bahwa lahan sekecil apapun bisa diubah menjadi ruang berguna.

Selain itu dengan hadirnya rumah bajaj ini ia ingin mengedukasi banyak orang tentang rumah kecil, yang bisa dibangun dalam lahan terbatas.

"Banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membangun rumah kecil di lahan terbatas. Kebanyakan dari mereka lebih memilih menyewa rumah, tanpa menggunakan lahan kecil yang mereka miliki. Desain bajaj ini sengaja saya buat untuk orang-orang seperti itu," jelas Arun.

Keren! Bajaj Ini Diubah Jadi Rumah Lengkap dengan DapurnyaKeren! Bajaj Ini Diubah Jadi Rumah Lengkap dengan Dapurnya Foto: Instagram @the.billboards.collective

Tidak hanya dilengkapi dengan kamar tidur hingga toilet, tapi bajaj ini juga tampil keren dengan dapur di dalamnya. Bukan jenis dapur darurat yang dibangun Arun, melainkan dapur normal yang biasa ditemui di rumah pada umumnya.

Di sudut bajaj, ia membangun meja kecil berisi tempat cuci piring. Lalu di sebelah kanannya ia taruh kompor mata satu lengkap dengan wajan memasak, tempat bumbu, hingga spatula.

Untuk menghemat ruangan, bagian atas tempat cuci piring terdapat rak besi sederhana untuk menaruh piring hingga peralatan makan lainnya.

Sirkulasi udaranya juga terjamin, tak jauh dari kompor terdapat exhaust fan atau sirkulasi udara untuk membuang asap ketika memasak. Sementara di sebelah kirinya terdapat jendela besar yang bisa dibuka.

Keren! Bajaj Ini Diubah Jadi Rumah Lengkap dengan DapurnyaKeren! Bajaj Ini Diubah Jadi Rumah Lengkap dengan Dapurnya Foto: Instagram @the.billboards.collective

"Saya sering melihat orang-orang tinggal di wilayah kumuh yang sempit. Semenjak populasi di India sangat tinggi, kita butuh desain rumah praktis yang bisa berdiri di lahan terbatas. Banyak wilayah pemukiman kumuh yang bisa diubah menjadi ruang hidup yang lebih baik," jelas Arun.

Menurut Business Insider, rumah bajaj ini cukup nyaman ditinggali satu orang, traveller, hingga pekerja bangunan, atau korban bencana alam yang membutuhkan tempat tinggal sementara.

Untuk semua bangunan dari rumah bajaj ini menggunakan potongan logam dari rumah hingga bus yang dihancurkan. Biaya pembuatan rumah bajaj ini sekitar Rs 1 lakh (Rp 20,1 juta), belum termasuk harga bajaj nya.

Banyak netizen yang memuji rumah bajaj Arun. Banyak juga yang berpikir bahwa rumah bajaj ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi tingginya populasi India di masa depan.

Bajaj bermesin Honda CBR600RRBajaj. Foto: Youtube Colin Furze

"Ini merupakan bentuk inovasi dan semangat seseorang membuat rumah dari benda yang kecil," puji salah satu netizen.

"Desain rumah ini sangat nyaman dan luar biasa, desain yang menarik!" puji netizen lainnya.

Sebelum hadirnya bajaj rumah buatan Arun, banyak juga orang-orang yang memanfaatkan kendaraan mereka untuk memasak.

Seperti seorang supir truk di China, yang eksis di media sosial setelah ia rajan mengunggah video masaknya di dalam truk miliknya.

Baca Juga: Hobi Masak, Sopir Ini Jago Bikin Pizza hingga Panggang Ikan di Truk



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)