Nggak Harus ke Bandung demi Odading Mang Sholeh, Ini Cara Praktisnya

Nurcholis Ma'arif - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 19:10 WIB
Kue Odading Foto: Detikcom/Siti Fatimah
Jakarta -

Odading jadi perbincangan hangat belakangan ini karena video Nandar Ukandar alias Ade Londok yang viral di YouTube dan Twitter. Ia mempromosikan Odading Mang Sholeh dalam bahasa Sunda yang kasar, tetapi terlihat nyeleneh dan lucu serta membuat orang tertarik.

Belum lagi ditambah kata-kata lucu yang diucapkan Ade Londok yang menyebut odading jualannya 'Rasanya seperti Anda menjadi Iron Man'. Lalu pantun 'Ikan Hiu Makan Tomat' membuat netizen mengikuti pantun tersebut, bahkan memenya sudah tersebar di mana-mana.

Ternyata kampanye ala 'S3 Marketing' itu membuat berkah, baik buat warung Odading Mang Sholeh maupun Ade Londok. Setelah populer, Odading Mang Sholeh yang ada di dekat Pasar Kosambi, Bandung, itu diburu warga, bahkan antreannya sampai mengular.

Sementara buat Ade Londok, ia ditunjuk oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi duta kuliner dan menjalankan tugas khusus mengenalkan makanan khas lokal selain odading, seperti seblak, lotek, karedok, dan lain sebagainya. Ia bahkan diberi smartphone anyar dari Kang Emil.

Odading ternyata bukan hanya ada dan jadi kue populer di Bandung, tetapi ada juga kok di daerah lain meski dengan nama yang berbeda. Misalnya di Jakarta, roti goreng yang dibuat dari tepung terigu, gula, ragi, dan telur ini disebut kue bantal.

Odading juga punya nama galundeng di Yogyakarta, gembukan di Solo, kue bohong di Medan, kue untuk-untuk di Banjarmasin, roti goreng di Malang, gondang-gandung di Magelang, dan Golang-galing di Banyumas.

Apapun namanya, roti goreng ini memang enak sebagai camilan karena teksturnya yang empuk dengan rasa manis. Nah, buat kamu yang lagi tiba-tiba kepengen makan odading, ada cara aman lho buat mendapatkannya, bahkan tanpa harus keluar rumah.

Kamu bisa memesannya lewat GrabFood. Sebab selain menyediakan berbagai pilihan odading dari warung terdekat, Grab telah membekali mitranya dengan protokol kesehatan. Ini lebih baik buat keamanan dan kesehatan di masa pandemi ini dan memenuhi rasa 'ngidam' odadingmu yang tak tertahankan.



Simak Video "Masak Masak: Resep Odading Rumahan ala Chef Martin"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)