Masak Apa Hari Ini : Sayur Bobor Bayam dan Ikan Asap Bumbu Cabe yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 03 Apr 2020 08:30 WIB
resep sambal ikan Foto: detikFood
Jakarta -

Masakan sederhana juga bisa menerbitkan selera. Seperti sayur bobor bayam dan ikan asap berbumbu cabe yang pedas menyengat dan mantap.

Kalau bosan sayur asam dan sayur bening, bisa memasak sayur bobor khas Jawa yang sederhana. Paduan labu siam dan bayam dengan kuah santan encer ini rasanya gurih segar.

Lauknya bisa ikan asap yang gurih wangi dagingnya. Diolah dengan bumbu cabe yang pedas menyengat, rasanya makin enak. Apalagi jika bumbu cabenya sudah meresap ke dalam daging ikan.

Udang kecil juga bisa digoreng kering lalu diaduk dengan tempe goreng. Diberi bumbu cabe dan sedikit gula hingga rasanya pedas-pedas gurih enak. Buat stok lauk juga awet.

Menu keluarga harus cermat dipilih. Pakai bahan segar bernutrisi untuk perkuat daya tahan tubuh. Rasanya juga tak membosankan. Pilihan resep detikfood ini bisa jadi alternatif sajian keluarga yang enak.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Bobor Bayam dan Ikan Asap Bumbu Cabe yang SedapFoto: detikfood



1. Sayur Bobor Bayam

Sayur sederhana khas Jawa Tengah ini cukup populer. Bahannya sederhana, daun bayam, labu siam dan tempe. Kuahnya santan encer yang gurih segar dengan bumbu sederhana.

Pilih daun bayam muda dan lebar. Jika tak akan sekaligus dimakan habis, masukkan daun bayam bertahap. Sesuai dengan porsi sajian sehingga tak perlu dihangatkan tetapi selalu segar.

Labu siam dan tempe sebaiknya direbus dulu beberapa saat hingga lunak. Terakhir baru masukkan daun bayam. Jangan terlalu lama merebus agar tidka lonyot. Ikuti petunjuk resep ini untuk meracik bumbu dan memasaknya.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Bobor Bayam dan Ikan Asap Bumbu Cabe yang SedapFoto: detikfood




2. Ikan Asap Bumbu Cabe

Ikan tuna atau cakalang asap banyak dijual di toko online dan swalayan. Pilih yang dagingnya tebal. Sebelum dimasak, ada baiknya kukus beberapa saat dalam kukusan panas hingga panas dan lunak.

Tumis bumbu hingga matang dan harum. Masukkan ikan asap dan masak hingga bumbu meresap. Sesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera. Pastikan ikan dan bumbunya matang benar agar tak cepat basi.

Jika suka ikan bisa disuwir-suwir kasar agar lebih mudah disantap. Jumlah bumbu cabe bisa diperbanyak jika suka rasa pedas yang kuat. Bumbu dan cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Bobor Bayam dan Ikan Asap Bumbu Cabe yang SedapFoto: detikfood




3. Kering Udang Tempe

Untuk diolah jadi kering gunakan udang ukuran kecil, bisa dibuang kepalanya atau dibiarkan lekat. Cuci bersih dan tiriskan hingga keirng airnya. Goreng hingga benar-benar kering agar tahan disimpan lama.

Untuk tempe gunakan tempe berkualitas bagus, potong-potong kecil dengan ukuran sama. Angin-anginkan tempe sebentar hingga agak kering agar lebih renyah saat digoreng. Goreng tempe hingga kering seperti udang.

Aduk tempe dan udang dengan bumbu hingga benar-benar tercampur rata dan kering. Setelah dingin taruh di wadah kedap udara agar tetap renyah. Ikuti langkah-langkah pembuatan di resep ini.



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Jengkol Setan yang Bikin Jontor di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)